Skema warna rumah gaya minimalis




Warna memang selalu berkaitan dengan desain, demikian pula dengan desain rumah. Saat ini, banyak rumah modern minimalis menggunakan skema warna tertentu. Bila kita perhatikan, skema warna ini terbagi menjadi dua; skema warna ‘ngejreng’ dan skema warna ‘minimalis’. Warna berani dimunculkan dari penggunaan warna cat. Sedangkan warna ‘minimalis’ yang dingin dan menenangkan dimunculkan dari warna material bahan dan cat.

Warna-warna yang sering dipilih termasuk warna natural (alami), atau warna dari material yang digunakan. Warna ini muncul dari warna asli dari bahan itu, misalnya bila menggunakan kayu, maka warna kayunya yang muncul, alias tidak dicat. Warna-warna lain juga seperti warna beton ekspos, batuan ekspos, yang masing-masing memberikan karakter yang unik. Hal ini sebenarnya yang menjadikan gaya minimalis seringkali cukup mahal dalam penggunaan bahan, karena bahan-bahan material ekspos ini menuntut kualitas material yang prima dan presisi.

Bahan material ini tentunya bila dibiarkan telanjang, memerlukan perhatian khusus, dari sisi kualitas. Tentunya kita tidak ingin tampilan bahan kayu, batuan, ataupun beton tersebut tampil kurang menarik karena tidak presisi, tidak halus, atau cacat. Saat ini, selain material alami, banyak material baru diproduksi dengan lebih murah namun menampilkan karakter bahan tersebut, seperti bahan kayu olahan.

Namun termasuk fenomena menarik juga karena warna-warna berani ternyata muncul pula dalam arsitektur rumah bergaya modern minimalis, yaitu warna-warna seperti merah, jingga, hijau muda dan kuning. Warna-warna ini ternyata justru menjadi warna yang ‘mencuat’ diantara warna-warna alami yang digunakan dalam gaya minimalis. Barangkali karena skema warna yang kontras justru menjadi daya tarik utama dari sebuah rumah minimalis. Warna-warna netral juga digemari dalam gaya rumah minimalis, seperti gradasi warna hitam, abu-abu, putih, serta warna alam seperti cat warna coklat, terakota, dan sebagainya.


________________________________________________
by Probo Hindarto
© Copyright 2008 astudio Indonesia. All rights reserved.

About these ads

3 responses to “Skema warna rumah gaya minimalis

  1. nama: dferiemail: dferi@*****.comcomments: comments on article: “Skema warna rumah gaya minimalis”: Untuk cat rumah warna abu2 sebaiknya dikombinasi dgn warna apa yaastudio:Cat warna abu-abu adalah warna netral. Yang termasuk warna netral antara lain: hitam, putih, coklat, abu-abu. Biasanya warna netral sangat mudah dikombinasikan dengan warna apa saja. Sebaiknya jangan takut mencoba, sebagai saran sering lihat contoh-contoh desain warna ruangan, dan coba aplikasikan. Warna ruangan sebaiknya tidak terlalu ngejreng sehingga mata sakit. Warna-warna seperti pastel, atau bahkan warna gelap cukup menarik untuk diaplikasikan. nama: Yustinaemail: yustina_rahayu@*****.co.idcomments: comments on article: “Skema warna rumah gaya minimalis”: saya memang lagi perlu info ttg ini. tapi kok minim se kali ya … bisa di perdalam lagi … kasih contoh paduan warna-warna tsb. txwebsite ini: perlu diperbaikinama: Hennyemail: henny_triana@*******.comcomments: comments on article: “Skema warna rumah gaya minimalis”: ketika saya baca aritkel ini, saya tertarik, tapi sedikit informasi ttg gaya minimalis disini. Apakah bisa diperdalam lagi materi ini, karena bukan hanya indonesia yg menggemari gaya ini, tapi juga di eropa. Banyak eksekutif menengah keatas yang gandrung dgn gaya ini. salam, Hennywebsite ini: masih perlu di perbaiki dari segi tampilan resolusi gambar/material web-nya

  2. kalo di indonesia kenapa ya kebanyakan orang masih berpatok pada cat warna putih…

  3. @adnivlash, Memang warna putih digemari menurut saya karena arsitektur minimalis memang banyak menggunakan warna netral, ditunjang dengan warna putih yang terkesan bersih, jadi menunjang konsep minimalis tersebut.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s