Taman Relief. Indah hijau bersemi laksana alam asri :)


astudioarchitect.com Artikel ini tentang taman relief dari hasil wawancara saya… lagi-lagi dengan koran Sindo (^^,)> yaitu taman yang dibuat dengan semen pada dinding rumah, biasanya pada dinding bagian belakang rumah, depan atau samping. Tujuannya, untuk mendapatkan taman yang bernuansa alami dan menyejukkan mata. Taman relief ini cukup populer di tahun 80an dan 90an, bahkan hingga sekarang masih banyak yang menggemarinya. Tukang pembuat taman jenis ini biasanya khusus. Bila dahulu mereka membuat taman relief yang benar-benar berkesan seperti tebing sungguhan, saat ini, saya menjumpai banyak pembuat taman relief memasukkan unsur-unsur geometris seperti kotak-kotak dan menggunakan lebih banyak variasi batuan atau bahkan keramik. Namun pada dasarnya keahlian yang dibutuhkan untuk membuat taman seperti ini memang khusus. Pertanyaan-pertanyaan ini diajukan oleh mas Herman dari Koran Seputar Indonesia.


1. menurut anda apa yang disebut dengan relief pada taman ? 
Relief adalah permukaan yang tidak rata yang biasanya merupakan bentuk tertentu seperti halnya patung. Taman relief adalah trend taman pernah booming dan mungkin saat ini masih banyak juga orang yang menggunakannya karena menggemari jenis taman tersebut. Bentuknya biasanya meniru bentuk-bentuk alami seperti tebing dengan ceruk-ceruk, air terjun, serta batuan dan tanaman. Bagian paling menonjol adalah dinding yang dibuat menyerupai tebing tersebut. Relief pada taman berarti dinding di belakang taman yang menyerupai bentukan alami tersebut. Relief juga dibuat pada kolam ikan, sehingga terlihat lebih alami.
2. disain yang sedang menjadi trend pada relief taman saat ini seperti apa ?
Taman relief saat ini memang sudah agak jarang dibuat, karena trend saat ini yang berkembang adalah taman rumah dengan trend minimalis. Dimana bentukan taman relief yang tidak beraturan dirasa kurang sesuai dengan tema gaya minimalis yang diaplikasikan pada rumah tinggal. Kalaupun menggunakan bentukan yang alami seperti tebing-tebing dengan ceruk-ceruknya, biasanya dipadukan dengan frame bentuk-bentuk geometris seperti kotak dan kubus yang sering muncul dalam disain gaya minimalis. 
3. Apa manfaat dan kegunaan relief pada taman?


Relief pada taman biasanya digunakan dibuat untuk meniru kesan alami dari obyek-obyek di alam seperti air terjun, tebing batuan, biasanya diberi tempat untuk tumbuhnya tanaman dalam penataan yang tidak punya aturan khusus. Gunanya tentu saja agar menghadirkan kesan dari unsur alami untuk menyegarkan pikiran. Fungsi rekreatifnya akan menjadi lebih baik bila dipadukan dengan unsur air mancur, air terjun, atau kolam ikan yang segar.
4. Bagaimana cara membuat relief pada taman?
Relief taman biasanya dibuat dengan bahan dasar batuan, pasir dan semen. Cara pembuatannya biasanya dikerjakan oleh tukang khusus yang memiliki kepekaan seni yang tinggi. Biasanya tukang seperti ini harus sudah terlatih dengan banyak membuat relief taman sebelumnya. Relief taman dibuat dengan membuat rangka dari besi dan kawat untuk menahan keseluruhan konstruksi relief kemudian ditutup dengan campuran pasir dan campuran semen, dibentuk menjadi bentukan yang diinginkan. Dinding yang sudah dibentuk kemudian dicat atau ditempeli dengan batuan-batuan. Batuan yang besar biasanya diletakkan sebagai elemen pelengkap dan ditanam dalam campuran semen tersebut. 
5. Jenis-jenis pohon apa saja yang cocok ditempatkan pada relief pada taman ?
Umumnya tanaman yang dipakai adalah jenis-jenis tanaman perdu, tanaman air, serta tanaman hias yang tidak terlalu besar seperti palem, kamboja, kastuba dsb. Untuk mengisi ceruk-ceruk berisi tanah pada dinding relief kita bisa menggunakan tumbuhan bunga beraneka warna seperti mawar dan melati. 
6. Bagaimana memperindah relief pada taman?
Sesuai dengan bentukan-bentukan yang biasa didapati pada jenis taman ini, ukuran indah tidaknya taman relief biasanya ditentukan oleh kemiripannya dengan obyek alam seperti tebing batuan, air terjun dsb. Karena itu bila kita memutuskan untuk membuat taman relief seperti ini tingkat kemahiran tukang dan cita rasa seni sangat dibutuhkan untuk memperindah relief kita juga bisa menggunakan jenis tanaman yang bervariasi serta sesuai dengan bentuk taman tersebut dan jangan lupa untuk merawat relief dan tanaman-tanamannya, sehingga kesegarannya terjaga. Hal ini karena pada dasarnya taman ini lebih susah dirawat daripada taman bergaya minimalis yang lebih simpel.

________________________________________________
by Probo Hindarto
© Copyright 2008 astudio Indonesia. All rights reserved.

About these ads

One response to “Taman Relief. Indah hijau bersemi laksana alam asri :)

  1. tampilkan juga sketsa tebingnya

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s