Pagar Gaya Bali


Pagar gaya Bali dalam desain yang disederhanakan, hanya materialnya.
(desain oleh astudio)

astudioarchitect.com Rumah rumah dengan gaya Bali biasanya memiliki pagar dan gapura yang khas, biasanya gapura dan pagar ini dibuat dengan material khas yang biasa dipakai di arsitektur rumah Bali. Material tersebut antara lain bata khas Bali yang berwarna merah, batu palimanan, maupun material lain seperti batu belah yang diekspos. Jenis material memang sangat berpengaruh bagi penampilan gapura dan pagar bergaya Bali.

Selain itu, bentuk rumah, atap dan bentukan khas arsitektur rumah Bali dari segi tampilan juga kadang muncul dalam pagar dan gapura khas Bali, misalnya pada bentuk kaki, badan dan kepala yang muncul dalam arsitektur Bali. Suasana khas yang ditunjukkan oleh desain bergaya Bali adalah hubungan dengan alam yang sangat erat, dari sisi arsitektur modern, arsitektur Bali dipandang sebagai arsitektur yang serasi dengan lingkungan, mengingat unsur tanaman adalah unsur yang sangat dominan ditunjukkan dengan penataan landscape/ taman yang cukup menawan.
Gambar oleh: Jesse Wagstaff on Flickr, digunakan dengan Creative Commons lisence

Untuk mengaplikasikan desain pagar bergaya Bali, kita bisa menggunakan cara membangun yang sudah ada, yaitu dengan menggunakan tembok bata, yang didekorasi dengan desain dan dekorasi khas Bali. Pagar rumah di Bali sangat unik karena biasanya memiliki gapura, sesuai dengan adat dan tradisi Bali tentang rumah yang biasanya memiliki pagar pembatas.Pagar ini melingkupi beberapa bangunan terpisah dalam area rumah adat Bali, sehingga unsur taman atau landscape sangatlah kuat. Tembok bata bisa diberi ornamen berupa lis profil yang besar meniru dekorasi khas Bali dengan beberapa janggutan, bisa juga diberi ornamen hiasan berupa cetakan beton dengan gambar sulur dan tanaman. Jangan lupa unsur batu alam ekspos dan tanaman.

Foto oleh H2SO4 on Flickr, digunakan dengan Creative Commons Lisence

________________________________________________

by Probo Hindarto
© Copyright 2010 astudio Indonesia.

All rights reserved.

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s