>40 Inspirasi Desain Taman Minimalis


>

[buku tentang rumah] astudioarchitect.com ‘Taman minimalis’ merupakan sebutan untuk taman yang sesuai untuk gaya ‘minimalis’ yaitu gaya ‘modern’ yang berkembang di negeri kita. Taman ini mengetengahkan desain taman yang jernih, dengan material seperti batu alam, batu susun sirih, semen ekspos, dan sebagainya. Jenis taman untuk rumah ‘minimalis’ memang cukup spesifik dan tidak semua jenis dekorasi taman bisa berpadu dengan baik untuk jenis rumah ini. Dalam buku “40 Inspirasi Desain Taman Minimalis” karya Nirwono Joga dan Ita Puspitasari ini, dijelaskan tentang berbagai aspek desain taman untuk rumah bergaya minimalis.
Gambar atas: Cover buku “40 Inspirasi Desain Taman Minimalis”

Kutipan: Terdapat dua filosofi pada taman minimalis, yaitu filosofi minimalis barat dan timur. Filosofi barat yang cenderung rasional dan fungsional lebih menekankan pada fungsi sehingga setiap ruang yang berada di lahan dapat dimanfaatkan sebagai taman. Selain itu, ekspresi kejujuran dalam desain taman minimalis barat sangat dominan karena penggunaan material yang polos ataupun penggunaan elemen-elemen dekoratif yang minim. Filosofi minimalis barat memiliki tata ruang yang sederhana. Elemen keras memiliki bentuk-bentuk yang geometris tanpa ornamen. Material bahan pada elemen pun ditampilkan dengan jujur. Filosofi tersebut terlihat Iebih berani dan mempertegas konsep minimalls tersebut. Sementara itu, konsep taman minimalis timur dipengaruhi oleh paham Zen Budhisme, yaitu sebuah paham budha yang sangat filosofi. Filosofi timur memiliki nilai spiritual. Kesan jernih, polos, bening, dan hening dari konsep tersebut sehingga memberikan suasana tenang dan nyaman dalam ruang yang terbatas.

Gambar kiri: sumber dari buku 40 Inspirasi Desain Taman Minimalis

Taman minmalis timur memiliki filosofi yang berperan sebagai penyelaras antara bangunan dan lingkungan sekitar. Kesan menyatu dan hanmonis di antara keduanya dapat dengan mudah tercipta. Selain itu, taman pun menjadi energi untuk terapi fisik dan spiritual bagi penggunanya.

Taman dengan konsep minimalis berfungsi sebagai pendukung terhadap penampilan arsitektur bangunannya. Taman merupakan elemen pelengkap untuk menonjolkan karakter bangunan. Selain itu, tanaman berfungsi sebagai elemen dekoratif bangunan sehingga kesan yang muncul antara bangunan dan taman dapat tampil serasi. Adanya taman pada rumah minimalis yang kaku dapat memperlunak penampilan bangunan yang bersifat keras. Karakter tanaman yang dimiliki adalah tanaman tidak tumbuh liar (wield). Tanaman harus memiliki kejelasan dalam bentuk, seperti tidak terlalu banyak daun, memiliki cabang yang kuat, dan berkarakter eksotis.

Biasanya tamari dengan karakter ni cenderung menggunakari jenis tanaman yang sama dalam jumlah masal atau satu sampai dengan dua tanaman. Tanaman tersebut ditempatkan di atas hamparan rumput hijau atau batu koral mulai dan warna hitam dan putih serta pasir sebagai ground cover. Hal ini menjadi salah satu ciri dan taman ini.

Tariaman ditempatkan pada pot-pot dengari bentuk yang sederhana. Penggunaan aksen pada tanaman dan elemen keras (hard scape) melalul warna diantara warna yang lembut seperti putih, abu, atau krem (natural) menambah eye catcher. Penggunaan elemen air dengan penataan kolam yang simpel atau dengan dinding yang dialiri air terjun pada taman memberikan kesan yang lebih alami, sejuk. dan menenangkan.

Taman minimalis hadir dalam wujud garis-garis vertikal dan horisontal yang bersih, bentuk-bentuk yang murni dan polos, berkarakter, dan berkualitas. Taman minimalis menghadirkan keheningan dan kesegaran untuk bermeditasi dan berelaksasi. Pencerahan melalui terapi psikis dan fisik penghuni dapat melalui taman yang dimilikinya.

Rumah bergaya minimalis akan terlihat semakin menawan jika dipadukan dengan taman bergaya minimalis pula. Kedua hal tersebut akan saling melengkapi dan dapat hadir sebagal visualisasi yang selaras dan serasi. Perpaduan tersebut memberi dampak positif bagi lingkungan, terutama penghuni rumah. Lingkungan yang tercipta akan nyaman dan asri. Sementara energi positif dan perasaan tenang akan didapat penghuni rumah.
Taman minimalis memang paling cocok jika disandingkan dengan rumah minimalis sebagai solusi keterbatasan lahan, waktu, dan biaya.

http://books.google.com/books?id=zJ9m_If3NkIC&lpg=PA10&dq=desain%20rumah&pg=PP1&output=embed

 ________________________________________________
 by Probo Hindarto
© Copyright 2010 astudio Indonesia.
All rights reserved.

About these ads

2 responses to “>40 Inspirasi Desain Taman Minimalis

  1. >Wah keren bgt ya rumahnya tapi aku gak suka kalo terlalu banyak pohon solanya kelihatan suram dan gak cerah..

  2. >Inspiratif sekali. bisa juga mengunjungi: http://www.desaintaman.net untuk melihat contoh desain taman dengan berbagai bentuk

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s