>Proses pemasangan kusen pintu dan jendela


>

astudioarchitect.com Melanjutkan informasi tentang proses membangun, kali ini saya perlihatkan proses selanjutnya setelah kita membuat pondasi, sloof, dan cetakan kolom, serta pembuatan beton rabat untuk persiapan lantai garasi. Dalam proses ini kolom masih di cor, dan beberapa pipa nampak masih terlihat dalam kolom yang belum dicor tersebut. Letak pipa saluran air dari lantai atas ke bawah ini memang diletakkan terutama didekat kolom. Proses selanjutnya adalah mempersiapkan dan memasang kusen pintu dan jendela, dimana kusen2 ini bisa dipesan dahulu di pembuat kusen. Kusen dibuat sesuai keinginan terutama akan sangat baik bila kusen didesain dengan wujud estetika yang diinginkan. Pada posisi ini, hanya kusen saja yang dipasang, tapi daun pintu dan jendelanya masih belum karena menunggu nanti saat sudah finishing baru akan dipasang.


Pemasangan kusen dilakukan sesuai dengan desain, misalnya diatas pasangan bata setinggi berapa cm. 


Kusen yang disiapkan untuk dipasang, harus dilihat apakah presisi atau tidak, membutuhkan kejelian dan tukang kayu khusus untuk membuatnya untuk hasil yang maksimal. 


Kusen diberi lapisan meni di bagian sisinya.

Kusen-kusen ini memakai jenis kayu Kamper, dengan di-meni bagian pinggirnya. Lapisan meni adalah lapisan dasar untuk memperawet kayu karena rayap tidak suka dengan lapisan ini, di-meni di pinggir karena biasanya rayap mulai makan kayu dari pinggir. Kusen-kusen harus dilihat apakah presisi atau tidak, kadang harus disetel ulang seandainya ada perbedaan, meskipun itu sekedar 3 milimeter saja, sudah cukup mempengaruhi karena kusen pada dasarnya harus presisi, bila tidak akan berpengaruh juga pada daun pintunya.


terlihat pada foto dalam proses ini bagian kolom ada yang belum di cor, jadi sebagian sambil memasang kusen juga.


Kondisi pada pemasangan kusen, terdapat beberapa pekerjaan lain seperti pengecoran kolom.

Setelah sebuah kusen siap, bisa diangkat ke lokasi atau tempat memasang kusen dan dipasang sedemikian rupa sehingga tepat di tempat tersebut.

________________________________________________
 by Probo Hindarto
© Copyright 2010 astudio Indonesia.
All rights reserved.

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s