Jenis Pohon apa yang Anda sukai untuk ditanam dirumah?


astudioarchitect.com Pohon banyak berada di sekitar kita, meskipun begitu semakin lama semakin banyak yang hilang. Pohon banyak ditebang karena jalan, membangun rumah, menghalangi pandangan ke arah toko, restoran, rumah makan dan sebagainya. Pohon semakin hilang tapi kota semakin panas. Mungkin Anda tertarik untuk menanam pohon dihalaman rumah? Tentunya akan bermanfaat menghasilkan oksigen dan membuat area rumah menjadi makin dingin dan sejuk. Tidak percaya? Coba saja saat panas, cari pohon yang rindang dan berdiri atau duduk dibawahnya, berada di bawah bayang pohon sangat nyaman saat panas, apalagi dengan adanya angin atau aliran udara. Bayangan pohon bisa mendinginkan tanah disekitar rumah, atap, dan bagian bangunan yang terkena bayangannya. Artikel kali ini adalah pengetahuan tentang berbagai bentuk tanaman disertai bentuk pohonnya untuk Anda pilih, barangkali saja bisa cocok untuk rumah Anda.

above picture source: http://plants.swtexture.com/2009/08/tree-erythrina-cristagalli.html

Pohon bentuk
Palem
Kelapa

pic: http://finamardiahhaq.blogspot.com/2011/04/manfaat-pohon-kelapa.html

Pohon ini meneduhkan sedikit, menyejukkan 2%, dan sudah agak jarang ditanam di area rumah. Dahulu orang-orang ‘lama’ menanam di halaman untuk
membantu mendapatkan kelapa untuk membuat santan, minyak goreng, gula aren, nata de coco, daunnya dipakai sebagai atap, dibuat lidi, kayunya untuk bangunan, dan sebagainya. Buahnya kadang jatuh tiba-tiba dan agak berbahaya sehingga anak-anak harus diberi tahu bila dekat dengan pohon ini.

Palem paleman

pic: http://alamendah.wordpress.com/2009/12/14/jenis-jenis-palem-arecaceae-di-indonesia-2/

Pohon palem beberapa bisa digunakan sebagai obat, juga punya kapasitas penyaring CO2 dan menjadi O2 (oksigen) yang sangat dibutuhkan pernafasan.
Pohon ini meneduhkan sedikit, menyejukkan 2%.

Pohon bentuk
bulat agak tinggi > 20 m
Pohon Mahoni

pic: http://nisagerald.blogspot.com/2010/10/cerpen-di-bawah-pohon-mahoni.html

Pohon bentuk
setengah bulat bisa lebih dari 20m
Pohon Beringin

pic: http://cafeinbuti.blogspot.com/2009/03/misteri-pohon-beringin-menangis-di.html

Pohon Beringin meneduhkan banyak, menyejukkan 28%, tak heran karena memang pohon ini sangat rindang, biasanya. Sesuai untuk lahan luas dengan taman rindang naungan pohon Beringin. Pohon ini dikatakan memiliki misteri dan auranya hampir sama seperti manusia.

Pohon bentuk
menjurat, agak tinggi > 20m
Ketapang

pic: http://www.sabrinaflora.com/?con=show_tnm&&ktg_id=KTG10

Pohon Ketapang adalah tipe pohon dengan daun kecil-kecil tapi cukup rindang, sehingga menimbulkan bayangan bersela-sela antara panas dan bayangan daun ranting. Sesuai untuk area depan rumah, sekitar tempat olahraga atau gedung olahraga, taman bunga, jalan, dan untuk menaungi tempat duduk umum.

Angsana

pic: http://deslihutan.blogspot.com/2009/05/angsana-pterocarpus-indicus-willd.html

Pohon Angsana memiliki daun yang banyak dan bentuk pohonnya menjulang tinggi, tak heran bisa digunakan untuk tanaman peneduh jalan. Untuk taman atau area sangat besar, bisa menggunakan pohon ini. Daunnya juga bermanfaat untuk kesehatan dan pengobatan saluran pencernaan.

Asam Kranji

Pohon Asam Kranji punya bentuk daun yang menarik, demikian juga tampilan keseluruhan pohon cukup artistik untuk ditanam didepan rumah. Buahnya bisa dipakai untuk mengasamkan makanan dan biasa dipakai untuk industri cemilan yang rasanya asam. 

Pohon bulat agak
rendah
Belimbing

pic: http://www.bijlmakers.com/fruits/starfruit.htm

Belimbing memiliki daun kecil kecil dengan pohon yang terlihat artistik saat daunnya menguning. Pohon ini meranggas pada waktu waktu tertentu sehingga mungkin cocok bagi Anda yang menyukai guguran daun kecil kecil berwarna kuning. Selain itu buahnya juga segar.

Pohon kerucut
berdaun lebar
Cengkeh

pic: http://thino-sbc.blogspot.com/2010_11_01_archive.html

(menghasilkan buah jamu2an)

Glodogan

pic: http://diarysitukanggowes.blogspot.com/

Pohon Glodokan termasuk banyak digunakan untuk mengisi bagian pinggir jalan atau pinggir bangunan, karena bentuk pohon yang kecil, tinggi dan bisa ditanam berdekatan. Pohon ini biasa dipakai sebagai pohon ‘pengarah’ untuk memberikan kesan dinding ditepi jalan.

Melinjo

Pohon melinjo memiliki daun memanjang dengan bentuk pohon yang menjulang keatas. Pohon ini cukup menarik karena buahnya bisa dijadikan camilan saat berbuah, meskipun bukan pohon tapi direkomendasikan bagi Anda yang ingin memiliki pohon dengan buah yang jarang tapi begitu berbuah bisa sangat menyenangkan. 

Pohon Bentuk
kerucut berdaun jarum
Cemara laut

Pic: http://pantai-kelautan.blogspot.com/2011/02/peran-hutan-pantai.html

Pohon cemara Laut seringkali tumbuh dipesisir pantai dengan bentuk daun mirip cemara, terlihat eksotis dan bisa beradaptasi dengan lingkungan pantai.

Cemara Papua

Pic: http://amatirenggel.blogspot.com/2010/11/cemara-natalpapua.html

Cemara Papua juga dikenal dengan nama Cemara Natal karena bentuknya seperti pohon cemara yang biasa digunakan untuk Natal. 

Pohon tinggi
daun kecil-kecil
Bambu

Pic: tips-sehatherbal.blogspot.com
Bambu adalah tanaman yang bisa tumbuh dalam berbagai kondisi, biasanya di alam tumbuh disekitar sungai atau rawa, maupun lahan terbuka. Saat ini bambu banyak juga digunakan sebagai tumbuhan dekoratif untuk memperbaiki tampilan bangunan, sebagai tanaman pengarah, dan sebagainya. Bambu termasuk tanaman kecil tinggi sehingga sesuai ditanam di lahan terbatas. 
Pohon berdaun
jantung
Waru

Pic: http://id.wikipedia.org/wiki/Berkas:Waru.JPG

Pohon ini berdaun lebar yang bisa memberi naungan untuk bangunan dan sekitar bangunan. Sesuai untuk pohon peneduh dan biasa ditanam sebagai pohon peneduh untuk pinggir jalan. 

Pohon untuk
bumbu dan jamu
Cengkeh
Kayu Manis
Nimba
Pohon penghasil
buah
Jeruk

Pic: http://hortikultura.go.id/gkom/Buah/slides/pohon%20jeruk.html

Pohon ini tumbuh di dataran tinggi karena itu tidak bisa ditanam di semua rumah. Bila Anda memiliki lahan atau rumah di dataran tinggi, maka pohon ini sangat sesuai untuk ditanam.

Belimbing

Mangga

Pic: http://www.agrilands.net/read/full/agriwacana/tanaman/2010/12/11/sejarah-mangga-di-indonesia.html

Pohon mangga yang berasal dari India ini cukup banyak ditanam sebagai tanaman rumahan, selain karena rindang, juga karena buahnya yang enak. Bila berbuah bisa penuh satu pohon dengan buah mangga siap petik.

Rambutan

Pic: http://cicie.wordpress.com/2008/11/08/musim-rambutan/

Pohon rambutan bisa ditanam didaerah yang panas, karena justru tidak cocok untuk ditanam didaerah dingin. Buah rambutan yang merah menggoda saat berbuah.

Jambu Biji

Pic: http://507hosting.com/proyecto/administrator/pohon-jambu-air&page=7

Pohon Jambu Biji bisa ditanam disekitar rumah sebagai peneduh sebagian. Pohon ini daunnya kadang bisa menguning sehingga tampak eksotis saat akan layu. Batangnya memiliki tekstur coklat muda dengan kupasan kulit pohon yang terlihat eksotis dari jarak dekat.

Nangka

Pohon Nangka bisa ditanam sebagai tanaman buah dan sayur yang digemari sejak dulu. Saat buah masih muda bisa disayur, sedangkan bila sudah matang menjadi kudapan buah, atau dikeringkan dan digoreng sebagai keripik. Tanaman ini bisa tumbuh sangat besar dan memerlukan area tumbuh yang cukup luas sehingga direkomendasikan untuk lahan luas. Buahnya tumbuh pada batang hingga bawah sehingga bisa dipetik dengan tangan, seperti surga.

Pohon untuk kayu
bakar
Gamal

Pic: http://devitasriraihana.blogspot.com/2008/12/gamal-tanaman-penghijauan-yang-banyak.html

Pohon Gamal biasa ditanam di area dekat peternakan serta di area yang tidak subur karena tumbuhan ini daunnya bisa dipakai memberi pakan ternak domba, dan guguran daun juga memberi nutrisi tanah untuk mengembalikan kesuburan tanah karena kemampuan pohon mengikat Nitrogen dari udara. Bila Anda ingin mengembalikan kesuburan lahan sekitar rumah, sebaiknya menanam pohon ini.

Sengon

Pic: http://indonesiaproud.wordpress.com/2010/05/23/lipi-menghasilkan-sengon-transgenik-pertama-di-dunia/

Pohon Sengon merupakan tanaman penghasil kayu yang bisa dipakai sebagai kayu untuk rumah tinggal, kerajinan, mebel, dan sebagainya. Pohon ini menjulang tinggi karena itu sesuai untuk kebun yang luas.

Waru

Lamtoro

Pic: http://organicindonesianvanilla.blogspot.com/2007_10_01_archive.html

Pohon Lamtoro sangat sesuai untuk naungan, dan merupakan pohon penghasil pakan ternak. Daunnya kecil-kecil namun guguran daunnya bisa memberi kesuburan untuk lahan sekitar karena mengandung nitrogen yang tinggi. Pohon ini naungannya sangat nyaman untuk suasana panas dan sejak dulu banyak ditanam di pinggir jalan. 

Pohon peneduh Ceri

Pic: http://lomba.kompasiana.com/blog-kemerdekaan/2010/08/15/pohon-ceri-di-depan-rumah/

Pohon Ceri termasuk favorit saya, pohon ini melebar seperti payung di bagian atas, sehingga memberi naungan yang sangat baik. Bisa tumbuh dalam kondisi lahan kering dan cepat tumbuhnya. Dibawah pohon ini sangat nyaman seperti berada dibawah payung hidup. Dahan, ranting dan daunnya cukup indah terlihat dari bawah pohon.

Dadap Merah

Pohon Dadap Merah termasuk pohon yang eksotis dan menarik bentuk pohon, dahan, cabang hingga daunnya. Daun Dadap Merah bulat bulat kecil dan bunganya bila mekar merah sangat menawan. Tanaman ini biasa ditanam di area perumahan karena terlihat estetis.

Tanjung

Pohon Tanjung memiliki bentuk pohon bulat dan sesuai untuk halaman rumah, jalan trotoar, tempat parkir, dan sebagainya. Bentuk pohon yang cukup menarik membuatnya diminati.

Dengan menanam pohon, kita sebenarnya menanam benih kebaikan, karena pohon memiliki banyak sekali manfaat, diantaranya:

  • Pohon adalah penghasil O2, dan penghisap CO2, debu, dan banyak zat beracun dalam udara. Dengan demikian sebenarnya dengan menanam pohon berarti menanam kebaikan dan juga pemberian untuk orang lain yaitu, memberi kesempatan untuk udara yang lebih bersih kepada orang lain
  • Keindahan; pohon bisa menjadi elemen yang sangat indah untuk rumah tinggal kita, jalan, taman dan sebagainya
  • Mencegah erosi; pohon bisa mencegah erosi sehingga memperkuat lahan atau tanah kita sehingga tidak mudah berkurang tanahnya karena terkikis hujan, dengan demikian juga membantu mengurangi banjir
  • Menyuburkan lahan disekitar kita, karena zat hara yang diserap oleh tanaman diolah 
  • Memberikan buah, sayur, dan manfaat lain untuk kita gunakan sebagai makanan maupun obat-obatan
  • Mendinginkan udara sekitar rumah dan bangunan; karena pohon memiliki daun-daun, maka bisa mendinginkan tanah, kebun, bahkan atap bila menaungi atap rumah kita, dengan demikian membantu mendinginkan rumah dan mengurangi bahkan menghilangkan kebutuhan akan AC

 ________________________________________________
by Probo Hindarto
© Copyright 2011 astudio Indonesia.

All rights reserved.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s