Pemasangan Atap Konstruksi Baja Ringan untuk Rumah Tinggal


astudioarchitect.com Proses pembangunan yang berlanjut dari cor dak beton untuk rumah dua lantai dengan sistem konvensional, saat ini saya membahas tentang proses pembangunan yang sudah sampai ke pemasangan rangka atap baja ringan. Dimana rangka atap baja ringan ini bisa dipasang setelah proses pembuatan ring balok atas yaitu di bagian atas dinding lantai 2 sudah dibuat, beserta dengan gevel dinding (kuda-kuda dinding) bila ada. Pada pembangunan rumah oleh astudio ini, bagian bawah rumah sudah terpasang seluruh dinding dan kusennya, dan sudah memperlihatkan dimensi ruangan dan ‘rasa’ ruangan meskipun belum di finishing. Pengerjaan dilakukan hingga memasang konstruksi atap di lantai 2.

Foto bagian bawah rumah yang sudah dibuka bekisting dak cor untuk lantai 2nya, dan sudah dibuat tangga seperti pada gambar ini, sebelum proses finishing atau penyelesaian akhir dari material dinding, keramik dan sebagainya, tangga ini sudah dibuat konstruksinya dengan beton bertulang dan diatasnya ada pasangan bata untuk dudukan keramik. 
Pengerjaan konstruksi baja ringan biasanya dilakukan oleh sub-kontraktor baja ringan dimana merupakan perusahaan jasa penyedia konstruksi baja ringan, seperti contohnya SmartTruss. Biaya pembuatan konstruksi baja ringan bervariasi, dan tergantung pada mutu baja dan dimensi baja ringan yang digunakan. Bila memungkinkan, sebagai pemilik rumah Anda harus menanyakan kepada kontraktor atau sub-kontraktor yang membuatkan sistem konstruksi atap baja ringan ini, tentang spesifikasi dan dimensi serta kekuatan dari baja ringan yang digunakan. Jangan sampai terjadi seperti kasus-kasus atap yang runtuh karena konstruksi baja ringannya kurang kuat. 
Struktur atap baja ringan bila dilihat dari bawah akan seperti diatas. Struktur atap ini akan ditutup dengan genteng, misalnya genteng beton, sedangkan bagian bawahnya akan ditutup dengan plafon gypsum untuk menyembunyikan kerumitan struktur tersebut.  


Pada pengerjaan pembuatan rangka atap dengan konstruksi baja ringan ini, kadang dibutuhkan balok tambahan seperti pada balok melintang pada foto ini, untuk memperkuat dudukan rangka atap baja ringan, terutama untuk bentang yang cukup panjang.

 ________________________________________________
by Probo Hindarto
© Copyright 2011 astudio Indonesia.
All rights reserved.

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s