Probo Hindarto, astudio, buku karangan, dan galeri seni


astudio berdiri pada Maret 2005. Misi kami adalah mendesain bangunan-bangunan yang dibutuhkan masyarakat seperti rumah tinggal, kantor, ruko, dan sebagainya. Kami juga dapat menjadi bagian dari tim arsitek yang lebih besar untuk proyek yang lebih besar pula, seperti spa, pusat perbelanjaan, taman ria, kantor sewa, dan sebagainya. Kebanyakan desain kami adalah rumah tinggal berbagai tipe.



Secara pribadi, nama saya adalah Probo Hindarto, saya ’selalu turut serta’ dalam desain-desain di astudio. Saya masih muda dibawah 30 tahun, tapi kreativitas dalam seni menurut saya tidak bisa didasarkan pada usia. Workshop astudio adalah sebuah workshop kecil, dimana sebenarnya saya kadang bekerja disana dengan rekan kerja, kadang diluar dengan laptop saya, bekerja diluar saya rasa dapat memberikan inspirasi lebih banyak dan saya dapat berdiskusi dengan teman-teman saya sesama arsitek.


Tentang mendesain bangunan, setiap klien adalah unik, dan kadang dalam proses sebuah karya hadir dibutuhkan waktu agar proses desain menjadi maksimal. Proses konsultasi biasanya berulang-ulang hingga desain mencapai taraf tertinggi dari segi kenyamanan, kesehatan bangunan dan sebagainya.


rumah probo


diatas adalah gambar salah satu desain yang saya kerjakan di astudio.


Saya selalu berusaha menghadirkan iklim desain yang baik, dimana arsitek dan klien adalah sahabat yang bertukar-pikiran tentang desain. Tidak ada desain yang bisa dicapai dengan terburu-buru, sehingga sering saya mencoba meyakinkan klien bahwa desain yang baik adalah desain yang matang, bukan desain yang sekedar ‘bagus’.

Selain itu, saya juga menulis buku, antara lain;

  • buku ‘Inspirasi Rumah Sehat di Perkotaan’
  • buku ‘Warna untuk Desain Interior’
  • buku ‘Rumah bergaya Arsitektur Mediterania dan Klasik’





Diatas adalah cover buku-buku hasil tulisan saya yang dapat Anda temui di toko-toko buku seperti Gramedia, Toga Mas, Kharisma, Gunung Agung, dan sebagainya. Selain itu saya juga menulis buku tentang tutorial komputer. Saya ingin terus menulis buku, dan sekalian belajar terus tentang arsitektur.


semua buku itu dan buku-buku selanjutnya yang ingin saya tulis adalah wujud dari keinginan saya untuk menjadi arsitek yang baik, sekaligus memberikan wacana arsitektur rumah tinggal yang lengkap bagi seluruh pembaca sekalian. Sehingga, tidak saya saja yang berkembang, para pembaca juga semakin mengerti lebih jauh tentang rumah tinggal.


Memang saya seorang laki-laki, dan pendekatan perancangan saya lebih kepada desain eksterior sebagai ‘framing’ dari sebuah rumah. Namun saya juga mendesain interior dan saya selalu berusaha belajar terus dari setiap desain yang saya buat, selain itu desain saya dapat menyentuh baik sisi ‘kuat’ dan ‘lembut’ dari karakter desain saya. Dalam website http://www.astudioarchitect.com dan astudio.us dapat Anda temukan lebih banyak karya-karya desain saya dan teman-teman di astudio.


Semoga website ini dapat memberikan manfaat bagi Anda, saya dan seluruh pengunjung weblog astudio sekalian. Salam dari saya dan terimakasih…. Sempatkan juga melihat-lihat galeri seni saya dibawah ini sekedar saja…



:D

ONLINE ART ALBUM

All this instruments and songs mp3 were created by me. This is my online album. It’s not perfect. I know ;D

Semua instrumen dan lagu mp3 disini dibuat oleh saya. Ini adalah album musik online saya. Memang tidak sempurna, saya tahu ;D

Mungkin ini agak mirip seperti sebuah sketsa dalam desain arsitektur, bedanya sketsa ini berbentuk musik
Bila koneksi internet Anda agak lambat, ada kemungkinan lagu/suara saya terputus.

Sebelumnya mohon maaf, karena saya lihat embed musik gitar saya kemarin2 kok ga bisa diakses, jadi saya rubah posting album gitar saya di youtube.

SONG: “KISS YOU GOODBYE”
Ciptaan Probo Hindarto

Lagu tentang cinta, meskipun masih suka tapi tak ingin bersama lagi. Hurt too much.

SONG: “HOMELESS”
Ciptaan Probo Hindarto

Lagu baru ciptaanku…. tentang homeless people. Lagu ini tentang orang2 yang menyangkal keberadaan diri mereka sendiri. Terutama karena keadaan, mereka menjadi homeless.

Salah satu dari lagu sy yang bertema kesedihan.

SONG: “INGAT KAMU”
Ciptaan Probo Hindarto

http://www.facebook.com/v/1039705877775
Lagu ini aneh, gokil dan ‘smu banget’… entah darimana idenya.
Mungkin karena sering liat sinetron akhir2 ini (aneh) T_T

SONG: “BUNGAKU”
Ciptaan Probo Hindarto

http://www.facebook.com/v/1039432190933

Lagu pertama yang memakai peralatan digital utk musiknya. Sayang recordnya cuman dari laptop jd suaranya ga matching ama musiknya yang jernih.  =P

SONG: DISINI BERSAMAMU

Ciptaan Probo Hindarto

http://www.facebook.com/v/1033020270639

SONG: LOVE ME

Ciptaan Probo Hindarto

SONG: HARI YANG SEMPURNA

ciptaan Probo Hindarto. Beat yg ada di lagu ini mungkin tidak terdengar sempurna dan nadanya terlalu tinggi/ suara saya tidak lepas.

SONG: UNTUK TUHAN

ciptaan Probo Hindarto. Lagu yg sedikit berat dan mungkin perlu dirubah beberapa nada dan gripnya agar lebih enak didengar.

http://www.facebook.com/v/1033359439118

SKETSA


If you;re asking me why I sketch these stuff,… is because I need to get myself back to architecture, as an art

-06February2009-

——————————————————————–
The storm in my brain this morning
Hearing cello music from classical compositions.

Fly me a while from thoughts.

Apakah seorang manusia seharusnya bebas?
Memandang birunya cakrawala?
Dan merasakan sejenak
Berlari di padang ilalang…


-02February2009-

_____________________________________________________

Kepala-kepala kosong… ! Kalian kok mau diberi seragam, bahkan rambutmu juga mereka hancurkan (tribute to The upstairs). Iklan kok dipercaya sebagai kenyataan. Emang siapa peduli kalau kita bukan urutan terdepan.



of the morning overture,
saat-saat penderitaan dan kesenangan


(Digambar tangan, dan diedit memakai komputer)

No conversation. But enjoyment. Elvis Presley rocks again. Dancing Beats. Rabbits with short skirts. Satisfaction indeed. Rising high.



The PINK power

architectural embarrassment;
Trojan horse in design



The promised land, is occupied back by the former owner. After a long period of time to be waiting nowhere, finally the flag is back to where it belong; the promised land of freedom. Tears has been a rain, blood has been a river, we can see God again with his hand above us, to get rid of the dirt of the world.




Trilyunan mahluk bawah tanah yang mengisi bumi, muka mereka rata dan beringas. Dikurung dengan sebuah kata …




kota-kota, kotak-kotak, massa-massa, himpit-himpit, gantung-gantung, bising-bising, sesak-sesak, susah-susah, rumah-rumah, kotor-kotor, paksa-paksa, rumit-rumit, orang-orang, rakus-rakus, garang-garang, gusur-gusur, seng-seng, panas-panas, duduk-duduk, tabrak-tabrak, lindas-lindas, …
gempita-gempita, mall-mall, apartemen-apartemen, style-style, dingin-dingin, mobil-mobil, seleb-seleb, gosip-gosip, jalan-jalan, tinggi-tinggi, show-show, dugem-dugem, party-party, fun-fun, sale-sale, diskon-diskon, gaya-gaya, desainer-desainer, brand-brand, cantik-cantik, makeup-makeup, duit-duit, …




Sayatan kapitalisme
Ekonomi televisi
hipnotisme massa
penggerak industri
laju pertumbuhan, atau kehancuran bersama
dalam musik yang tidak enak didengar,
tarian yang tidak enak dilihat,
gabus-gabus industri
yang dijual sebagai buah-buah hasil budidaya




Denting piano, dan nada …. lukisan tentang kesempurnaan keindahan.
Dalam bilik-bilik rahasia hati kita bersenandung, merindukan
The satans give an applause, to miraculous accidents
And God prepares His heavenly golden leaves




Tubuh-tubuh sempurna diliputi batasan.
Tubuh-tubuh tak sempurna menjalar.
Batasan menjadi pengikat kebebasan.
Perpaduannya membentuk dunia.
Perfect bodies are in limitations.
unperfected ones are sneaking
Limitations become the tiding of freedom.
The unity shapes the world




Fallen into something,
To embrace something … in gladness, or in painful feeling.



________________________________
*foto: berpose di acara open house sejawat arsitek SAMM: Alesuga Ibi pada Mei 2009.

by Probo Hindarto
© Copyright 2008 astudio Indonesia. All rights reserved.

15 responses to “Probo Hindarto, astudio, buku karangan, dan galeri seni

  1. cuma coret coret belaka.. nggak ada keseriusan dalam menggoreskan tinta

  2. @ anonymous:Terimakasih atas saran Anda yang sangat membangun dan memberi semangat!!

  3. nggak ngerti seni jadi lihatnya semrawut gitu

  4. Iya. Karena bidang saya bukan murni seni jadi ya ini dipakai sebagai pengasah kepekaan akan rasa dalam seni.Yang saya tahu, latihan dalam bidang seni bisa berdampak pada bidang desain lainnya, karena terdapat unsur-unsur seni yang hampir sama dalam berbagai bidang desain, seperti ritme, cengkah, kontras, dan sebagainya.Dalam bidang musik pada khususnya, terdapat unsur-unsur keteraturan yang membangun nuansa seperti halnya arsitektur. Dalam bidang grafik atau seni rupa, bisa mempengaruhi desain.Kita lihat hal seperti ini terjadi pada beberapa arsitek, dimana sketsa adalah awal dari karya seni arsitektur. Disinilah, letak pentingnya mengawali arsitektur, sebagai seni.Dalam hal ini ekspresi emosi dan kepekaan rasa tidak perlu hadir secara sempurna. Namun boleh jadi merupakan ‘benih’ dari berbagai karya yang berkaitan dengan seni, seperti arsitektur.

  5. dunia arsitektur………….begitu indah…..

  6. dunia arsitektur begitu bebas meMudahkan orang Untuk berexpresi sesuka hati tanpa bebaN

  7. mas… salut tuk kreatifitasnya..
    soal aku ga ngerti.. ah itu biasa..
    bukannya seniman memang sulit dimengerti…

  8. wah karya yang unik…
    aku juga suka coret-mencoret dari dulu. setelah liat karyanya jadi terinspirasi.
    gabungan antara seni,arch,emosi,realita dan kritik.
    arsitektur memang kompleks.

    lnyleny@yahoo.com

  9. hm…salut…semangat trs oce…(*_*)
    good luck…
    jngn lp sm Thn yg tlh mncptkn kt semua…
    Yach…

  10. salam kenal,salut mas Probo, saya pengen sedikit mengenalkan diri nih;), saya gerak di bidang yang bersinggungan dengan mas Probo, saya memiliki workshop untuk pembuatan interior ( furniture), mudah2an ada kesempatan yg bisa dipercayain buat kita…untuk info lebih, bisa diliat di ki-desain@blogspot.com
    thanx before…

  11. unik sekali sketsa dan tampilan anda…. sedikit banyak mirip sekali,,, hehehehe

    selamat berkarya,,, salam dari arsitek ïngusan”seperti saya yah…. hehehhe,,,, trims untuk video lagunya, menghibur,,, hehehe

  12. subhannallah…….
    salut buat karya-karyanya Bop….:-)

  13. mudah2an kesabaran anda tidak sesemrawut karya seni anda dalam menghadapi klien dan partner kerja anda.ty

  14. @jbesuni & nadya: betul, arsitektur itu sangat indah… bisa membawa kita kepada suasana ruang yang menyenangkan, atau tidak menyenangkan🙂

    @mimi: kadang2 ada seni yg susah dimengerti, tapi tidak selalu tidak bisa dimengerti😛

    @lnyleny@yahoo.com: arsitektur memang sangat sangat kompleks, karena dimensinya berbagai macam dan menyangkut banyak aspek budaya, ekonomi, sosial…

    @ki-desain@blogspot.com: terimakasih… salam kenal dari saya ya🙂

    @Wied: mungkin dan sebaiknya tidak mengatakan diri sendiri ingusan… hehe… Lagunya dibuat seadanya, tapi alhamdulillah kalau bisa menghibur

    @Rita: Rita temen kul yah.. wah.. senengnya

    @anonymous: ya moga2 saja. Sedang belajar managemen waktu juga agar semua usaha menjadi lancar🙂

  15. Mas…. aku numpang promo dikit…Bagi rekan-rekan yang butuh tenaga drafter freelance silahkan hubungi saya di 081385007816 salam kenal semua dari andy di bekasi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s