Sumber energi pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) untuk rumah tinggal


https://i2.wp.com/bopswave.googlepages.com/englishflag.jpg English Version
Pernah mendengar ‘Pembangkit Listrik Tenaga Surya’ atau yang lazim disebut dalam bahasa ‘sononya’ sebagai Solar Cell atau Photo Voltaic cell? Sistem ini adalah pembangkit yang menggunakan sinar matahari sebagai sumber energi utamanya. Disebut sebagai energi terbarukan yang ramah lingkungan karena tidak membuat polusi udara, pembangkit listrik ini merupakan pilihan yang bisa dipertimbangkan mengingat pasokan minyak di Indonesia semakin menipis.
(photo by Mike Spasoff, under CC license)

Sayangnya harga sistem ini masih tinggi, karena peralatan terutama solar cell-nya masih harus didatangkan dari luar negeri. Daya yang dihasilkan beragam dan besaran daya ini biasanya juga dihasilkan dari bidang panel yang lebih luas. Artinya bila panel kecil, maka listrik yang dihasilkan juga kecil. Penggunaan solar cell juga kurang menguntungkan dibandingkan menggunakan listrik biasa atau diesel, dihitung dari sisi biaya pengadaan dan jumlah listrik yang dihasilkan (Pak Priyadi menghitungnya disini, meskipun menggunakan standar solar cell yang dipakai di negara maju). Akibatnya; listrik tenaga surya merupakan pilihan yang kurang populer.

Meskipun demikian, pilihan menggunakan listrik tenaga surya memiliki keuntungan yang tidak dimiliki sumber energi konvensional (berbahan BBM), karena sumber energi ini tidak menimbulkan polusi. Bagi Anda yang memiliki kemampuan untuk meng-ada-kan fasilitas pembangkit listrik ini dirumah Anda, silahkan pertimbangkan hal-hal berikut;

  • Listrik tenaga surya sangat ramah lingkungan
  • Tidak menimbulkan polusi
  • tidak mengkonsumsi bahan bakar BBM
  • dapat ditempatkan di lokasi yang sulit dijangkau jaringan listrik PLN
  • dapat secara fleksibel ditempatkan di atap rumah atau tempat lain yang terpisah dengan menggunakan tiang
  • energi listrik dapat disimpan dalam baterai

(Photo by Richard Masoner, under CC license)
Salah satu contoh penyedia solar cell, dalam salah satu website perusahaan yang menjual solar cell untuk keperluan rumah tangga maupun yang lebih besar dari itu, http://www.anekasurya.com menawarkan harga sekitar 5 jutaan untuk paket panel listrik dengan disertai berbagai peralatan pendukung seperti unit inverter DC ke AC, baterai, MCB, lampu dan sebagainya. Solar cell dan seluruh paket ini dapat diinstall untuk keperluan rumah tangga dengan kisaran kebutuhan listrik antara 100 hingga 2000 Wh per hari, yang dapat digunakan untuk lampu, radio, tape, dan TV.

Meskipun saya belum bisa berharap, pemerintah seharusnya dapat meningkatkan atau melakukan riset pengembangan solar cell agar harga pembangkit menurun dan dapat dinikmati lebih banyak orang. Pentingnya energi alternatif adalah karena makin menipisnya dan mahalnya harga minyak sebagai sumber ennergi utama saat ini.

________________________________________________
by Probo Hindarto
© Copyright 2008 astudio Indonesia. All rights reserved.

One response to “Sumber energi pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) untuk rumah tinggal

  1. Exactly. It’s just unbelievable how we can’t make use of this abundant sun-ray source concerning the sun rises everyday here in Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s