Buku-buku desain rumah karya Probo Hindarto (astudio)


Artikel ini berisi buku-buku yang saya tulis tentang arsitektur dan rumah tinggal. Saya memang sedang menulis buku-buku lainnya, hanya saat ini belum selesai karena kesibukan lain 🙂

Buku-buku ini sudah beredar di pasaran. Buku yang paling atas adalah buku terbaru.
Buku-buku lain sedang dalam penulisan. Saya sedang mengusahakan agar buku dapat saya terbitkan sendiri.








___________________________
buku “Inspirasi Rumah Sehat di Perkotaan’
15 Agustus 2007
tersedia di toko2 buku di kota Anda. 


Ilustrasi gambar dari buku ‘Inspirasi Rumah Sehat di Perkotaan’

Resensi bersumber dari
http://www.andipublisher.com/?buku-komputer&p=productsMore&iProduct=883 


  Mau beli secara online? Klik DISINI
ISBN 979-763-846-4
By Probo Hindarto, ST
21×21 cm, 113 pages full colour
1st Published, 2007
Price: Rp.55000

Memiliki rumah yang sehat adalah dambaan setiap orang. Apalagi kesibukan di luar rumah membuat saat-saat di rumah menjadi sangat berharga. Terutama bagi mereka yang sudah berkeluarga, kebutuhan shelter yang nyaman, aman dan sehat tidak dapat dihindari lagi.

Kondisi lingkungan yang tidak sehat dialami oleh penduduk di perkotaan. Lahan yang sempit, permukaan tanah tertutup, drainasi yang macet, dan sebagainya. Apalagi iklim semakin tidak bersahabat. Belum lagi berbagai polusi yang mencemari, menambah masalah bagi penciptaan hunian yang sehat.

Lalu, bagaimana solusinya? Buku ini menawarkan inspirasi untuk membangun rumah yang sehat berdasarkan kaidah-kaidah arsitektural yang mudah diaplikasikan. Bisa membantu Anda yang akan dan sedang membangun rumah untuk mewujudkan impian Anda. Juga bagi mereka yang merencanakan merenovasi rumah. Pengetahuan di dalam buku ini akan memberi masukan berharga dalam proses renovasi.

Anda akan memperoleh:
– inspirasi beragam desain rumah dari rumah tradisional hingga modern
– kaidah-kaidah dan konsep rumah sehat
– alternatif denah rumah sehat berbagai tipe
– Tips dan trik menyiasati masalah dan merawat rumah


Sebuah buku lagi yang telah saya tulis, untuk melengkapi khasanah arsitektur rumah tinggal di Indonesia. Buku berjudul ‘Inspirasi Rumah Sehat di Perkotaan’. Buku ini membuat berbagai tips untuk merencanakan sebuah rumah sehat, dengan berbagai konsep rumah sehat yang dapat diterapkan untuk lahan-lahan sempit di perkotaan.  Dengan foto-foto dan gambar-gambar grafik yang melimpah, buku ini diharapkan dapat membantu Anda mengerti lebih jauh tentang arsitektur rumah tinggal yang nyaman dan sehat. Dengan demikian cita-cita keluarga agar seluruh anggota keluarga lebih terjamin kesehatannya menjadi semakin nyata. 
Buku ini dapat diperoleh di toko-toko buku jaringan Penerbit Andi seperti Gramedia, Gunung Agung, Kharisma, dan lain-lain. 
Terimakasih kepada Pak Yoyok Sudibyo (DeRupa) atas sumbangsih berbagai desain tipe rumah tinggal, Ilalang Bale Desain untuk desain-desainnya juga, para pemilik rumah yang merelakan waktu dan tempat agar rumahnya difoto, dan pihak-pihak lain yang belum disebutkan dalam buku. Beberapa rumah juga didesain oleh astudio.

***

__________________________
buku “Warna untuk Desain Interior” / The book; “Colors for Interior Design’
 

Catatan Probo Hindarto:
Karena banyaknya pertanyaan tentang bagaimana mendapatkan buku ini, saya pikir persediaan buku ini di pasaran sudah menipis.

07 Jan 2007


Ilustrasi gambar dari buku ‘Warna untuk Desain Interior’

Sebagai kelanjutan dari proses penulisan buku yang dibuat oleh astudio writing, saya menulis buku baru berjudul ‘Warna untuk Desain Interior’. Buku ini selesai ditulis pada Maret 2006, dan diterbitkan pada September 2006. Terdapat delay penerbitan karena kesalahan pengiriman naskah. Buku ini ditulis sebelum buku apapun tentang warna untuk desain interior ditulis di Indonesia.
As a continuation of the writing process made by astudio writing, I wrote a new book titled; “Colors for Interior Designs” (in Indonesian language). 
http://astudio.id.or.id/buku_warna.swf

Buku ‘Warna untuk Desain Interior’ sekali lagi merupakan perwujudan dari perjalanan arsitektur saya, serta melengkapi pandangan yang kami kembangkan dalam astudio. Perjalanan ‘berarsitektur’ adalah perjalanan individu yang bebas dan radikal, setidaknya menurut pemahaman kami. 
The Book ‘Colors in Interior Designs’ once again is a representation of my architectural journey, completing the vision we develop in astudio. The journey of ‘Making Architecture’ is a free and radical journey, at least according to our understanding.







Desain interior berkembang sangat pesat akhir-akhir ini. Berbagai acara dan artikel ulasan di media cetak sangat memungkinkan laju perkembangan desain interior yang sangat pesat. Saya memahami hal ini sebagai terbukanya pandangan masyarakat bahwa desain interior merupakan suatu ‘pekerjaan’ tersendiri yang melingkupi berbagai unsur estetika. Melalui buku ini saya mencoba mengangkat salah satu unsur estetika yang paling penting dalam desain interior, yaitu warna. 
Interior designs is having rapid development lately. Many shows and articles in printed medias are emerging this development. I sense this as the opening of our society’s opinion that interior designs is ‘a job’ of a specific one that include many aesthetic factors. Through this book, I intend to rise up one of the most important element in interior design, which is color.


Dalam buku ini, saya menjelaskan tentang bagaimana psikologi warna dapat mempengaruhi manusia melalui desain interior. Berbagai hal yang berkaitan dengan warna juga diulas, misalnya bagaimana hubungan antara warna dengan bahan, tekstur, cahaya, maupun faktor manusia seperti kebudayaan dan umur. Setelah itu diulas bagaimana prinsip penggunaan warna untuk desain, serta contoh-contoh desain interior yang menawan. Semua desain interior dikerjakan oleh saya dan beberapa rekan.
Inside the book, I explain about how color psychology affects human through interior design. Many aspects about colors are also explained, like what is the connection between colors and materials, textures, lights, also about human factors like culture and age. After that, there is explanations about the use of color in interior designs, and many beautiful examples. All interior designs were done by me and my partners.
***

___________________________
Rumah Bergaya Arsitektur Mediterania dan Cenderung Klasik / The book; “Mediterranean and Classical Style Houses’

Catatan Probo Hindarto:
Karena banyaknya pertanyaan tentang bagaimana mendapatkan buku ini, saya pikir persediaan buku ini di pasaran sudah menipis.

20 Nop 2006


salah satu gambar manual dalam buku Rumah Bergaya Arsitektur Mediterania dan Cenderung Klasik

Buku Rumah Bergaya Arsitektur Mediterania dan Cenderung klasik merupakan potret kondisi penggunaan gaya Mediterania dalam arsitektur Indonesia saat ini. Dalam Buku tersebut dijelaskan tentang segala hal yang menyangkut gaya Mediterania. 
The book ‘Mediterranean and Classical Style Houses’ is a portrait of the use of Mediterranean style in Indonesian architecture right now. In the book there is complete explanations of everything about the style.

Buku Rumah Bergaya Arsitektur Mediterania dan Cenderung Klasik bukanlah merupakan tulisan saya yang cukup memadai untuk memperlihatkan pandangan arsitektur saya sebenarnya maupun pandangan yang kami kembangkan dalam astudio. Perjalanan ‘berarsitektur’ adalah perjalanan individu yang bebas dan radikal, setidaknya menurut pemahaman kami. Beberapa kontroversi juga muncul dari adanya buku yang terbit tersebut, namun hal tersebut juga menjadi batu pijakan untuk proses kami berkembang selanjutnya.
The book is not a representation of my true vision of architecture nor the vision we develop in astudio. The journey of ‘Making Architecture’ is a free and radical journey, at least according to our understanding. Some controversy have also appeared because of this  publication, but it just a step towards our next journey of thoughts.
Bahwa masyarakat kita sangat menggemari gaya arsitektur Mediterania, saya menganggap bahwa itu bukan kebetulan belaka. Ini akan menjadi suatu gerbang masa depan yang menunjukkan bahwa arsitektur ini akan dipandang memiliki pengaruh yang besar dan meluas diseluruh Indonesia. Suatu saat di masa depan, kita akan melihat ke belakang dan menyaksikan sejarah arsitektur Mediterania berada di belakang bersama beriringan dalam perjalanan arsitektur Indonesia lainnya. 
That some part of Indonesian people really enjoy using the Mediterranean style, I consider that it’s not a coincidence. This will be a gate to the future that shows that this architectural style will have a huge influence all over Indonesia. One day in the future, we will look behind and witness the history of Mediterranean architecture lies behind along with other architectural style in Indonesia.
buku arsitektur
Saya melihat fenomena itu saat ini dan dengan kemampuan saya yang terbatas berusaha untuk menelaah arsitektur ini lebih dalam lagi, lebih lengkap lagi sehingga tujuan utama penulisan buku tersebut adalah untuk memotret keberadaan gaya arsitektur Mediterania dengan kacamata obyektif. Meskipun banyak orang skeptis terhadap keberadaan gaya arsitektur Mediterania yang dianggap gaya yang tidak berasal dari negeri kita sendiri, kenyataan menunjukkan, masyarakat masih menggemari gaya ini dan bagaimanapun juga, suatu saat dalam sejarah masa depan, gaya ini akan dianggap sebagai icon arsitektur paling menonjol jaman ini.
I saw the phenomenon and with my limited ability I tried to study more about the style, more complete so that the main purpose of the bookwriting is to capture the existence of Mediterranean style in an objective way. Eventough many people have became skeptical about the style, considering the style is not rooted on Indonesian architecture, the fact shows, the society still like to use the style and no matter what, the style will rise as one of the most icon of this era.
buku arsitektur mediterania
Dalam buku tersebut saya menggambarkan sejarah gaya Mediterania dan klasik, pengaruhnya di Indonesia dan bagaimana gaya ini diterapkan di Indonesia. Meskipun tampak seperti sebuah tutorial, sebenarnya saya dalam hati sedang memotret keberadaan gaya ini. Jadi buku ini dapat dinikmati dari dua sudut; sudut budaya dan sudut awam. Bagaimana hal ini bisa menjadi potret? Pertama, gambar-gambarnya banyak sekali yang merupakan representasi keadaan saat ini dalam perkembangan gaya Mediterania dan klasik. Kedua, saya menangkap segi sejarahnya dan mengutarakannya sebagai wacana, setidaknya pengetahuan.
In the book, I described the history of Mediterranean style and The Classical style, the influence in Indonesia and how this style is applied in houses. 
***

________________________________________________
by Probo Hindarto
© Copyright 2008 astudio Indonesia. All rights reserved.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s