Konsultasi rumah gratis: Rumah tipe 36 untuk perumahan model sederhana


astudioarchitect.com File-file lama ini mungkin bagus untuk diangkat kembali dalam artikel astudio, merupakan pertanyaan dan jawaban konsultasi di koran-koran grup Kompas Media. Pertanyaan: Saya bertempat tinggal di Sabang, sehari-hari berprofesi sebagai jurnalistik dan rangkap sebagai kontraktor (jasa konstruksi). Membaca rubrik di Harian Serambi menjadi tertarik. Saya punya rencana ingin membangun perumahan Type 36, tapi saya bingung mencari moder gambar rumah masa kini yang disengani konsumen agar rumahnya cepat laku dijual. Mohon dibantu saya buat desain gambar rumah type 36 terdiri dari  kamar tidur, ruang keluarga, ruang makan, dapur, KM/WC, teras dan ada peluang untuk dikembangkan sendiri oleh pemilik rumah dimasa akan datang. Biasanya Type 36 hanya dapat satu kamar tidur, apakah bisa didesain 2 kamar tidur ? Saya informasikan bahwa rumah type 36 akan dibangun diatas tanah seluas 10 x 12 meter, kelebihan tanah untuk pengembangan dimasa datang oleh pemilik.

//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Rumah untuk perumahan memang biasanya sederhana dan menggunakan bentuk-bentuk geometri yang menarik. Dalam desain ini saya juga menggunakan teras yang menggunakan portal. Ruang-ruang dalam rumah ini terdiri dari 2 ruang tidur, ruang tamu, ruang makan, kamar mandi dan dapur kecil. Karena lahan masih luas, menurut saya bisa ditambahkan ruang kamar di lahan sebelah rumah dan pojok belakang rumah dapat digunakan sebagai dapur, nantinya. Rumah ini juga memiliki teras belakang. Demikian, semoga membantu pak Zakaria. Salam.

Probo Hindarto

//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
Pertanyaan dan Jawaban ini sudah dimuat di berbagai koran di Indonesia yang terhubung dengan PERSDA: sebuah grup Kompas Gramedia. Desain ini dibuat dengan teknologi dan desain sederhana. Bila Anda tertarik, bisa berkonsultasi dengan astudio untuk meningkatkan desain ini. 

________________________________________________
by Probo Hindarto
© Copyright 2008 astudio Indonesia. All rights reserved.

9 responses to “Konsultasi rumah gratis: Rumah tipe 36 untuk perumahan model sederhana

  1. Perkenalkan saya Bayu, saya punya tanah 8 x 12 meter. Kalau denah ini saya buat di lahan itu kira2 bagimana ya pak? Kemudian saya juga ingin tahu biayanya pembangunannya berapa?

  2. Yth pak Bayu, Menurut saya bisa pak. jadi rumah ini ukuran melebarnya 7 meter, jadi tanah 8 meter masih sisa 1 meter. Untuk biaya, tergantung lokasi dimana bapak membangun, untuk ukuran di Jakarta, kira-kira per meternya 2,5 hingga 3 juta (harga bahan naik terus pak🙂

  3. Perkenalkan nama saya Jakaria, saya punya rumah type 21 luas 5×12 sebanyak 2 unit dengan posisi bersebelahan dimana ruang tamu bertemu ruang tamu.
    Saya dan keluarga ingin menggabungkannya, namun masih bingung model spt apa yg pas untuk kami dengan keluarga dgn 2 anak. Rencananya kami ingin membuat taman kecil di belakang dan kebetulan di belakang rumah kami pemandangannya sangat indah langsung perbukitan. Bagaimana ya Pak untuk memanfaatkan potensi yg ada? mohon sarannya.

  4. Dear pak Jakaria,
    untuk memanfaatkan pemandangan indah di bagian belakang rumah, bisa dengan membuat bukaan jendela yang banyak, karena saat ini model jendela sudah berkembang tidak lagi kecil2, tapi juga jendela yang menggantikan dinding secara penuh, bisa dengan frame kayu berkaca, atau hanya kaca saja tanpa frame (yg ini lebih mahal).
    View dari luar bisa masuk kedalam ruangan dengan lebih bebas🙂

  5. saya Ano punya tanah muka 8,5 X 17 m menghadap selatan, samping kanan kiri dan blkg sudah ada rumah tinggi2, pengin 3 k.tdr, 2 k.m, 1 r.kel, 1.r.sholat, dapur, tempt cuci, r. tamu, teras, car port, dan taman depan belakang dan samping, rencananya di depan mau tingkat dan kamar depan menjdi garasi, tolong ada contoh desainya biar selalu dingin.

    terima kasih atas bantuannya

  6. saya nila, memiliki rumah di perumahan dgn tanah 6 x 12 m dengan luas tanah 72m2, dgn 2 kmr tdu, ruang keluarga, 1 kmr mandi. tapi belum di buat dapur (ada sisa tanah 1,5 m dibelkg)rencananya mau dibuat dapur dengan taman sdkt untuk sirkulasi udara dan dibuat bertingkat untk 2 kamar anak, ruang cuci dan balkon untuk duduk2 di sore hari. Bagaimana design yang baik dan sirkulasi udara yang baik pula. Thanks pak..

  7. Saya neni,saya memiliki rumah sederhana dengan type 36 tanah 75 standard perumahan. rumah saya menghadap barat sehingga terkena sinar matahari sore. rencananya saya ingin memiliki 3 kamar tidur, 1 kmr mandi, 1 ruang tamu dan dapur serta tempat cuci baju beserta jemurannya. bagaimana sebaiknya desain yg baik sehingga rmh saya kelihatan luas, tdk pengap dan panas dengan mempertahankan sedikit lahan u/ taman. terima kasih.

  8. Pak,saya punya tanah ukuran 15×19 menghadap ke barat pas tepi jalan, lebar jalan 5 meter,saya masih bingung mau membangun tipe rumah model apa,klo boleh minta sarannya tipe apa yang cocok untuk lahan dengan ukuran tersebut.
    (Joko)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s