Karya-karya arsitektur dunia yang fenomenal; sebuah video kompilasi bangunan yang dianggap prestisius


Karya-karya arsitektur fenomenal ini memang patut untuk mendapatkan perhatian, karena kreativitas untuk menciptakan desain yang memiliki nilai estetika dan menjadi simbol dari pencapaian umat manusia. Simak saja, Burj Dubai, gedung tertinggi di dunia saat ini, dengan tinggi bangunan direncanakan lebih dari 800m. Sebagai gedung tertinggi, ia memiliki pamor yang mengangkat negeri Dubai dalam kancah dunia arsitektur yang prestisius.

Saksikan sebuah video youtube berikut tentang beberapa bangunan tinggi didunia yang sangat kreatif, dunia rupanya sedang kegandrungan dengan jenis-jenis arsitektur yang ‘stand alone’ dan bergengsi, untuk mendongkrak pamor sebuah wilayah.

Maksud saya mengetengahkan review ini adalah untuk memperlihatkan pada kita semua kemajuan arsitektur skala dunia, sehingga kita dapat melihat kembali dalam skala negeri kita, apakah kita sudah cukup maju dan menghargai ide desain?

Dalam sebuah percakapan bersama rekan-rekan SAMM dan Pak Deddy Wahjudi, PhD tentang kreativitas dalam arsitektur, kita mendapati bahwa arsitektur adalah cabang seni yang selalu berkaitan dengan konteks yang lebih besar dari sebuah bangunan. Bila kita melihat kecenderungan cabang seni lain seperti desain produk, maka kita mendapati bahwa kreativitas berawal dari skala kecil (benda dan kreativitas manusia).

Arsitektur yang berawal dari skala kecil (berasal dari kreativitas saja), seringkali tidak cukup dan akan banyak mengundang berbagai pertanyaan maupun sanggahan berkaitan dengan keberadaannya yang tidak kontekstual. Bila sebuah bangunan berhasil di Jepang, Eropa, atau Amerika, belum tentu ia dapat berhasil di Indonesia, Afrika atau India, dimana masyarakatnya masih memiliki pandangan yang tradisional tentang arsitektur.

Saat ini kita melihat pergeseran cara pandang masyarakat yang lebih menghargai perubahan, karena pola pikir yang lebih global. Menurut Anda, ini sebuah ancaman atau peluang?

gambar dari wikimedia, dibawah CC license 

________________________________________________
by Probo Hindarto
© Copyright 2008 astudio Indonesia. All rights reserved.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s