Tentang kabinet dalam rumah kita


Kabinet, adalah tempat penyimpan yang biasanya dibuat dari kayu atau material lembaran lainnya, merupakan kotak lemari untuk menyimpan benda-benda dalam rumah tinggal. Dengannya kita dapat menata berbagai benda, misalnya surat-surat penting sehingga terorganisasi dengan baik. Bila berada di dapur kita bisa menata peralatan dapur dengan rapi dan mudah ditemukan bila kita dibutuhkan.

Benda-benda yang biasanya disimpan dalam sebuah kabinet
–    bumbu-bumbu
–    peralatan dapur seperti pisau besar,sendok-sendok, mangkuk, piring,
–    kontainer (tupperware) dan penyimpan plastik
–    peralatan makan perak
–    gelas-gelas
–    bahan-bahan kue dan masakan
–    pakaian dan busana
–    surat-surat dokumen
–    peralatan tata rias
–    peralatan mandi
–    buku-buku
–    alat tulis
–    dan lain-lain

Kabinet dapur, dari bahan multipleks (plywood)

Macam-macam kabinet
–    kabinet dapur, biasanya dipakai menyimpan berbagai peralatan dapur
–    kabinet kamar mandi, untuk menyimpan peralatan mandi
–    kabinet ruang kerja/ perpustakaan, tempat menyimpan buku-buku dan alat tulis
–    kabinet ruang tidur, menyimpan kebutuhan pribadi, seperti pakaian, peralatan rias, dan sebagainya
–    kabinet ruang keluarga, biasanya menyimpan berbagai benda-benda keluarga seperti buku-buku, majalah, dan sebagainya.

Membuat kabinet sendiri atau membeli kabinet?

Bila kita memiliki keterampilan untuk membuat peralatan dari kayu, kita bisa membuat sendiri. Dalam hal ini diperlukan keahlian tukang kayu (agak jarang yang memiliki keahlian ini namun bila bisa, akan menjadi ide pekerjaan akhir pekan yang menyenangkan).

Dengan menggunakan bahan seefesien mungkin harus kita putuskan dengan melihat seberapa besarkah kita akan membuat kabinet tersebut. Pertama pastikan dulu luas ruangan yang akan ditempati lemari tersebut dan sesuaikan dengan dimensi panjang dan ukuran kabinet.

Cabinet Doors

Banyak merek furniture sekarang membuat produk-produk ’Do It Yourself’ (DIY) atau furniture yang bisa dirakit dan dipasang sendiri dan memiliki modul-modul (bagian-bagian) yang bisa dirakit dan disesuaikan dengan ukuran ruangan kita. Saya memiliki meja makan yang dibeli dan bisa dirakit sendiri dari toko. Furniture semacam ini mudah diinstal dengan waktu hanya beberapa menit dengan mengikuti prosedur perakitan dari toko atau brosur didalamnya.

Cara yang lain adalah membuat sendiri desain kabinet dengan mengukur kebutuhan dalam ruangan Anda, misalnya lebar ruang tidur dan berapa lebar kabinetnya. Dapat juga menyuruh ahli gambar untuk mendisain dan meminta tukang kayu untuk membuatkannya dan mengirimnya langsung ke rumah anda. Jenis bahan kayu yang digunakan dapat anda negosiasikan kepada tukang kayu yang lebih berpengalaman tentang jenis kayu mana yang kuat, tahan lama, aman dan anti rayap.

Jenis Kabinet dari lembaran kayu solid (jati)

Jenis kayu lembaran untuk membuat kabinet ada beberapa macam, yaitu kayu lembaran solid, plywood, particle board, dan jenis lainnya. Kayu lembaran solid dibuat dengan memotong langsung dari kayu gelondongan menjadi lembaran. Jenis ini cukup mahal, misalnya lembaran papan kayu jati. Kita banyak menjumpai jenis perabot dari kayu solid ini untuk jenis perabot tradisional, dengan ukiran dan tekstur kayu yang sangat menarik.

Jenis plywood adalah lembaran kayu yang dibuat dari gabungan lembaran tipis beberapa kayu menjadi kayu olahan. Jenis ini umum kita temui dipakai sebagai bahan furniture yang dijual di pasaran dengan merek-merek tertentu dan kualitas yang cukup memadai dalam arti lebih kuat dari particle board. Nama lain untuk bahan ini adalah multipleks.

Jenis particle board adalah kayu olahan dari serbuk kayu dan bahan-bahan lainnya, biasanya dibuat untuk furniture kabinet yang murah. Jenis ini bisa dipakai untuk berbagai perabot seperti lemari dan kabinet, namun dengan kualitas yang agak rendah karena bisa berubah bentuk bila diberi beban.

Finishing kabinet penting dipikirkan untuk melindunginya agar awet dan bertahan lama bahkan bertahun-tahun meskipun kita gunakan setiap hari. Finishing kayu bisa dipilih dari politur atau cat, dan macamnya juga beragam. Ada politur berbahan minyak, berbahan air. Cat pun bermacam-macam, ada yang cat kuas, atau cat semprot.

________________________________________________
by Probo Hindarto
© Copyright 2008 astudio Indonesia. All rights reserved.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s