‘Solusi Rumah’ dari Holcim, cara cepat dan mudah membangun rumah prefab


astudioarchitect.com Hari ini saya berjalan-jalan ke salah satu gerai Holcim “Solusi Rumah” dimana saya mendapatkan banyak informasi menarik. Keberadaannya bisa membantu kita yang ingin membangun dengan cepat, kualitas terstandar mutunya, dan bisa mengetahui anggaran biaya dalam waktu yang relatif singkat. Produk Holcim mencakup bahan-bahan dari material pracetak yang bisa digunakan untuk sloof, kolom, dinding, balok, dak beton dan penutup atap. Semuanya dibuat dalam bentuk fabrikasi sehingga disebut sebagai material rumah prefab karena materialnya sudah dibuat terlebih dulu.

Memasuki gerai Holcim ini saya mendapati berbagai produk seperti bataton, ubin, serta kusen dan jendela prefab. Semua itu dilengkapi dengan peraga dimana kita bisa melihat material pracetak tersebut dan melihat dimensinya. Berikut ini beberapa bahan material yang didapati di gerai Holcim ‘Solusi Rumah’.

Sloof: untuk sloof kita bisa menggunakan bataton profil U yang bisa digunakan langsung diatas pondasi dengan dicor sehingga tidak membutuhkan bekisting. Bekisting adalah pencetak beton yang biasanya dibuat dari kayu, tripleks atau mika. Dengan sloof menggunakan profil tersebut, kita tidak perlu bekisting.
Lantai: produk holcim yang bisa digunakan untuk lantai adalah balok prefab ukuran 6x10x300cm3. Balok ini bisa menggantikan pula fungsi balok untuk dak beton bila digunakan bersama produk Holcim lain yaitu batatonnya.
Dinding: untuk dinding kita bisa menggunakan bataton pracetak dimana fungsinya adalah sebagai dinding yang menggantikan penggunaan bata biasa. Menurut guide bataton bisa menghemat biaya dan kecepatan pemasangannya cukup tinggi. Disarankan menggunakan tukang yang disediakan oleh holcim tapi menurut kondisinya bisa juga dikerjakan oleh tukang dengan diberi arahan oleh pihak Holcim.
Bukaan: misalnya untuk jendela, pintu dan rooster ventilasi terdapat juga produk dari Holcim dimana semuanya sudah prefab dan tinggal dipasang. Kusen prefab memungkinkan kita mendapatkan kusen dengan harga lebih terjangkau yaitu dibawah 200rb bila dibandingkan dengan kusen kau yang makin mahal akan lebih kuat dan setelah difinishing pun hasilnya terlihat tidak jauh berbeda setelah dipoles.
Atap: Holcim jg menyediakan genteng beton dengan dimensi yang lebih lebar daripada genteng biasa sehingga menghemat penggunaan reng.

Sayangnya Holcim belum memiliki produk kerangka atap seperti aluminum, besi dan sebagainya. Hal menarik lain adalah kemungkinan Holcim membantu dalam masalah pendanaan pembangunan rumah, dimana kerjasama dengan bank BRI bisa dilakukan untuk proses KPR. Bahkan bila Anda hanya memiliki lahan saja untuk dibangun rumah, bisa menggunakan sertifikat lahan tersebut sebagai jaminan bank untuk KPR Anda. Tentunya hal ini menguntungkan agar kita bisa mendapatkan kredit Renovasi yang sudah bisa diperkirakan biaya keseluruhannya dengan mudah. Kredit renovasi bisa diajukan untuk nilai minimum Rp10juta dan minimum Rp30juta untuk membangun rumah baru.
Holcim juga memiliki skema ‘rumah tumbuh’ yang dimulai dengan sangat sedikit biaya. Rumah tipe 21 bisa dibangun di awal dengan hanya 1 ruang tamu, 1 ruang tidur, dan 1 kamar mandi. Semuanya dalam bentuk modular yang bisa dikembangkan menjadi rumah yang lebih besar dengan sistem konstruksi terstandar mutunya.

Informasi: Kunjungi gerai Holcim terdekat atau kunjungi http://www.membangunbersama.com/

________________________________________________

by Probo Hindarto
© Copyright 2010 astudio Indonesia. All rights reserved.

7 responses to “‘Solusi Rumah’ dari Holcim, cara cepat dan mudah membangun rumah prefab

  1. aku bingung mau renovasi rumah jadi tingkat dua dengan luas rumah 60 meter kira kira budget yg diperlukan berapa ya tapi dengan bangunan yg sederhana dan sesimpel mungkin timakasih

  2. mr holcin kami ari gunawan bisa bantu membangunkan rumah baru dan renovasi di bandung dsk tlp kami 02287700791 jl.Cempaka No.3 blok6 Rancaekek Kencana kami bisa datang dengan team kerja(kami terbiasa membangun rumah besar dan kualitas sesuai permintaan) harga nego thx mr.holcin salam

  3. saya punya tanah pemberian mertua belum dibangun. Bila dari pihak Holcim bisa membantu pembangunan rumah apakah bisa seperti sistem KPR sehingga saya tinggal membayar cicilan setiap bulan sampai jangka waktu tertentu dengan harga terjangkau dan ringan ?

  4. Setau saya sich,sekarang Holcim sudah bekerjasama dengan Bank BRI untuk mempermudah konsumen dalam hal pembayaran.Contohnya seperti KPR.Jadi nggak perlu susah-susah lg mikirin pembayaran kalau kita nggak sanggup melakukan pembayaran secara cash.Nb:dikutip dari bloging.Untuk lbh jelasnya silahkan hubungi Holsim terdekat.

  5. mau tanya renovasi menggunakan holcim apa harus ikutan KPR dulu ? dan gerai holcim di tangerang dimana ? terima kasih

  6. bagus artikel nya sukses selalu

  7. postingannya bagus..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s