Dunia dekoratif milik Frank Lloyd Wright (bagian 1)


astudioarchitect.com Frank Lloyd Wright disebut sebagai salah satu arsitek paling kenamaan di era modern, dengan karya lebih dari 300 desain rumah. FL Wright juga menjadi arsitek yang dikagumi hingga sekarang oleh arsitek-arsitek lain (termasuk saya🙂 Dalam artikel ini (dan bersambung ke seri FL Wright selanjutnya) saya mencoba mengupas dan belajar tentang arsitektur FL Wright sekaligus menunjukkan beberapa kualitas desainnya yang mungkin bisa memberikan inspirasi.

Cita rasa arsitektur FL Wright dimulai dengan permainan menyusun balok yaitu ‘Froebel Blocks” merupakan permainan dan metode pendidikan untuk anak-anak. Permainan ini kelak memberikan inspirasi pada intuisi spasial FL Wright untuk karya-karyanya, Permainan ini mengajak anak-anak memahami ruang dalam skala kecil dengan menyusun balok-balok dalam berbagai bentuk, dalam hal ini mengasah kepekaan mereka akan konsekuensi ruang akibat penyusunan dan penataan balok. Pengalaman masa kecil FL Wright seperti berpindah-pindah rumah, perceraian orang tua, serta bekerja di ladang milik pamannya boleh jadi turut memberikan pemahaman tentang kesatuan keluarga dan ‘arsitektur organis’ dengan bagian-bagian rumah yang merupakan metafora bagian-bagian tubuh manusia seperti jantung, paru-paru, dan sebagainya yang memiliki fungsinya sendiri-sendiri. Kesamaan dengan arsitektur ‘metabolism’ yang dikembangkan arsitek-arsitek Jepang pada masanya adalah bahwa bagian-bagian bangunan ini bekerja sama seperti mesin hidup dalam ‘arsitektur organis’. Pendidikan FL Wright tidak lulus SMU, tapi mengikuti kursus atau magang arsitektur pada Sullivan-Adler architect sebelum akhirnya membuka kantornya sendiri.

Rumah pertama yang dirancang FL Wright yaitu rumahnya sendiri di Oak Park, IL
photo by Michael Clesle on Flickr, used under CC lisence

Karya pertama Wright yaitu Rumah pribadinya di Oak Park illinois sudah menunjukkan kualitas desain yang dimiliki FL Wright dengan perpaduan garis bidang yang cukup menakjubkan. Dari luar atapnya terlihat memiliki kemiringan yang tajam dan sangat berbeda dari jenis arsitektur ‘Victorian’ yang berkembang saat itu sebagai jenis arsitektur yang digemari. Model ini bila dibandingkan dengan kondisi di Indonesia seperti jenis arsitektur baru yang menjadi pembanding perubahan mendasar untuk jenis arsitektur ‘umum’ seperti gaya arsitektur Klasik atau Mediterania.

(Anda bisa me-navigasi-kan gambar diatas, letakkan kursor mouse Anda pada gambar dan gerakkan ke kanan kiri, atas bawah)

“Play Room” atau ruang bermain dalam rumah FL Wright  di Oak Park, IL.
photo by Tanguero on Flickr, used under CC lisence
Baik pada eksterior maupun interior design-nya, FL Wright banyak bermain dengan unsur bidang dan garis dengan jenis arsitektur yang ‘hangat’ terlihat dari desain yang menyeluruh dari bentuk rumah, interior hingga perabot yang paling kecil seperti meja kursi, bentuk lampu, dan sebagainya. Hal yang paling menarik selain bentuk bangunan adalah penggunaan ornamentasi yang – disebut ataupun tidak – selaras dengan semangat ‘art deco’ yang belum diklaim sebagai gaya arsitektur yang cukup terorganisasi. Penggunaan dekorasi bervariasi dari berbagai dekorasi yang terinspirasi dari bentuk-bentuk dekorasi primitif seperti hiasan Aztec-Inca (ini menurut pengamatan pribadi saya). 
Kekuatan utama arsitektur FL Wright adalah ‘craftmanship’ atau pertukangan yang jenius, serta detail yang selaras dari bagian terbesarnya (bentuk rumah) hingga ke detail terkecilnya (perabot), membentuk kesatuan arsitektur dan interior yang terintegrasi dan custom made. Melihat pada bentuk arsitektur rumah desain FL Wright bagi saya pribadi seperti sebuah ‘furniture  besar’ daripada sebuah arsitektur rumah yang monumental tapi tanpa arti. Furniture dalam arti yang sangat ‘liveable’ atau nyaman ditinggali. 

(bersambung ke artikel tentang FL Wright selanjutnya…)


Simak dalam episode selanjutnya: dunia dekoratif milik FL Wright…🙂
photo by Deltasly on Flickr, used under CC lisence

________________________________________________
 by Probo Hindarto
© Copyright 2010 astudio Indonesia. All rights reserved.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s