>Konsep desain ruko yang lebih ramah lingkungan


>

astudioarchitect.com Dalam kesempatan ini saya mencoba membuat model membangun Ruko diatas lahan seluas 8x16m. Ruko atau Rumah Toko, merupakan jenis bangunan rumah yang memiliki fungsi sebagai toko dan rumah, dimana biasanya toko berada di bagian bawah dan rumah di bagian atas. Seiring waktu berjalan, ruko tidak hanya berfungsi sebagai toko dan rumah, tapi juga banyak digunakan sebagai kantor, restoran, kafe, pusat kebugaran, dan sebagainya dimana kadangkala semua bagian bangunan difungsikan sebagai tempat usaha, namun tetap disebut sebagai ruko. Ruko merupakan jenis bangunan yang sangat diminati terutama oleh mereka yang menghendaki keleluasaan dalam melakukan aktivitas usaha dan hidup dalam bangunan tersebut.

Desain ruko memiliki beberapa aspek negatif seiring perkembangannya, antara lain akses kedalam biasanya hanya melalui satu pintu (biasanya besar dan berat), selain itu masalah drainase (aliran air buangan) juga merupakan masalah yang sering ditimbulkan ruko karena faktor ekonomi selalu diutamakan daripada faktor lingkungan. Dalam desain ini saya mencoba membuat model ruko dengan desain yang ramah lingkungan namun menurut saya masih dalam koridor ‘bisa diterima’ oleh pemilik bangunan dari kalangan bisnis. Hal pertama yang harus dilakukan adalah rencanakan drainase yang baik, dalam arti, bagian depan ruko jangan sampai menutupi riol atau saluran kota, misalnya dengan tidak menutup saluran kota/ got dengan beton. Sebagai gantinya, gunakan drain besi untuk menutup atas saluran sehingga mobil dan motor masih bisa lewat.

Slide show gambar-gambar desain:

Selanjutnya, daripada menutup bagian depan ruko dengan paving block tertutup, lebih baik menggunakan grassblock atau paving block yang memiliki lubang-lubang ditengahnya sehingga air masih bisa meresap, bahkan bisa ditumbuhi rumput. Dengan cara ini maka area ruko akan bisa membantu mempertahankan area resapan air sehingga kita membantu mengurangi banjir. Salah satu ‘pengorbanan’ penting dari pemilik bangunan adalah menjadikan area taman disamping ruko, artinya akan ada area untuk menanam pohon, dengan demikian ruko menjadi lebih sejuk dengan adanya tanaman, jadi tidak terasa gersang dan monoton.

Video presentasi sederhana Probo Hindarto:

Bila memungkinkan, area ruko dengan fungsi tertentu seperti tempat makan, bisa dibuat menjadi semi outdoor, seperti dalam desain ini dimana area makan di lantai bawah tidak seluruhnya berada dalam dinding ruangan ruko, tapi sebagian yang didepan bisa dibuat semi terbuka dengan atap dak lantai dua dan tanpa dinding. Dengan demikian pengunjung area kafe masih bisa menikmati suasana ruang luar meskipun berada didalam ruko. Konsep ini masih bisa diterapkan untuk ruko dengan fungsi lain, misalnya bengkel, toko barang bekas, warung makan, dan sebagainya.

Semoga desain ini bisa membantu memberi inspirasi bagi Anda yang membangun ruko. Salam,

Probo Hindarto

________________________________________________
by Probo Hindarto
© Copyright 2010 astudio Indonesia.
All rights reserved.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s