Faktor-faktor yang menentukan agar rumah menjadi sehat


astudioarchitect.com Untuk mencapai kondisi rumah yang sehat, unsur-unsur apa sajakah yang sebaiknya diperhatikan dari unsur ‘dalam’ rumah? Hal pertama yang paling penting adalah rumah harus dapat mewadahi kegiatan penghuninya, dan cukup luas bagi seluruh pemakainya. Bila sebuah rumah dihuni oleh tiga orang, maka luasan rumah harus dapat memenuhi kebutuhan tiga orang tersebut, sehingga kebutuhan ruang dan aktivitas dari setiap orang dapat berjalan dengan baik. Hal ini dapat dipikirkan dan didesain pada awal proses membangun rumah, dengan menentukan kebutuhan ruang yang sebaiknya disediakan bagi setiap orang.

Struktur konstruksi rumah dibuat untuk menopang rumah agar bisa berdiri tegak dan tidak mudah roboh oleh faktor alam, misalnya angin dan gempa, selain itu juga mampu menopang berat struktur rumah itu sendiri (beban mati) dan beban isi rumah seperti para penghuni dan perabot (beban hidup).

Lingkungan rumah sebaiknya terhindar dari faktor-faktor yang merugikan kesehatan, misalnya kawat listrik bertegangan tinggi, limbah buangan pabrik atau asap yang merugikan kesehatan, polusi udara dari kendaraan dan debu jalan yang berlebihan, polusi udara dari sumber pencemaran udara seperti asap pabrik, tempat pembuangan sampah atau peternakan. Gangguan-gangguan terhadap kesehatan ini apabila berlangsung secara terus menerus dapat mengakibatkan penyakit yang tidak diinginkan.

Penghawaan alami juga perlu diperhatikan dalam sebuah desain hunian yang sehat. Penghawaan adalah aliran udara didalam rumah, yaitu proses pertukaran udara kotor dan udara bersih. Memiliki penghawaan alami yang memadai akan menunjang kesehatan penghuninya dari segi pernafasan. Penghawaan alami juga menghalau udara lembab yang dapat merusak perabot.

Unsur lain yang perlu diperhatikan adalah hubungan kita dengan alam. Memiliki hubungan yang dekat dengan alam adalah kebutuhan setiap orang. Kadangkala setelah lama berada didalam rumah, kita perlu untuk keluar ke halaman untuk sekedar melihat daun-daun hijau atau menghela nafas menghirup udara yang lebih segar. Kegiatan berkebun dan bercocok tanam juga akan membantu kita memiliki hubungan dengan alam yang baik dan menghilangkan kejenuhan.

Rumah sehat juga perlu memiliki fasilitas yang diperlukan untuk kehidupan sehat, misalnya air bersih, fasilitas pembuangan limbah dan air yang baik, serta kondisi tanah memungkinkan penyerapan air yang baik untuk mendukung lingkungan. Fasilitas ini merupakan penunjang untuk kehidupan sehari-hari, sehingga kita tidak disibukkan dengan mencari air bersih, misalnya.

Memiliki sumber daya alam yang baik akan menunjang kesehatan, seperti adanya sinar matahari pagi yang dapat diterima dengan baik (menghadap ke timur lebih baik, dan bila menghadap ke barat, akan memerlukan konsep rancangan khusus sehingga panas matahari sore tidak banyak masuk kerumah). Demikian juga dengan adanya kondisi tanah yang cukup subur untuk ditanami.

________________________________________________

by Probo Hindarto
© Copyright 2010 astudio Indonesia.
All rights reserved.

One response to “Faktor-faktor yang menentukan agar rumah menjadi sehat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s