Alun-alun taman kota Batu, Malang – sangat menyenangkan!


astudioarchitect.com Barangkali bisa dijadikan proyek percontohan, alun-alun kota Batu Malang yang baru diresmikan ini, mungkin merupakan alun-alun kota yang sangat mewah, menghibur, gratis, dan nyaman. Dibuat diatas alun-alun kota lama yang direnovasi dan didesain kembali, alun-alun Batu ini memiliki banyak fasilitas gratis untuk warga kota maupun pendatang. Memang kota Batu Malang merupakan salah satu tujuan wisata paling terkenal di Jawa Timur, dimana terdapat banyak theme park sekaliber nasional, pemandangan gunung yang spektakuler, berbagai villa dan hotel yang menjamur, serta banyak fasilitas wisata gratis maupun murah meriah, seperti air terjun, lembah dengan warung-warung tenda, dan salah satunya adalah alun alun baru ini.

Alun-alun kota dalam suasana sore hari, dimana anak-anak bebas bermain dan berinteraksi dalam suasana yang sehat dan nyaman. 

Warga kota dan pendatang berbaur melihat alun-alun kota yang baru.

Icon buah dan sayuran termasuk yang dibuat menjadi sculpture, mengingat Batu adalah kota penghasil buah dan sayur, terkenal dengan buah apelnya. Masih disebut Apel Malang. 

Anak-anak bisa mencoba juga fasilitas seperti taman lalu lintas, dimana mereka bisa belajar juga tentang rambu lalu lintas.

Fasilitas dalam alun-alun beragam, seperti tempat duduk-duduk, air muncrat dengan irama dan tarian, patung-patung yang merepresentasikan icon kota Batu yaitu apel, strawberry sebagai buah andalan yang dibuat sangat besar dan menjadi bangunan sculpture apel dan strawberry yang digunakan untuk fasilitas alun-alun. Terdapat pula ferrys wheel yaitu roda dengan tempat penumpang seperti London Eye, hanya ini lebih kecil🙂 dimana pengunjung bisa merasakan melihat kota Batu Malang dari ketinggian.

Anak-anak dan orang dewasa bisa bermain di fasilitas pertunjukan air muncrat yang agak berbeda dari alun-alun pada umumnya, air ini bisa disentuh sehingga lebih interaktif. 
Pada waktu tertentu, bisa juga terdapat berbagai festival, misalnya seperti festival jaran Kepang dan Reog Ponorogo, dalam kesempatan saat foto ini dimainkan oleh anak-anak. Semuanya gratis dan bisa ditonton warga sekitar dan pendatang. 

Keramaian tampak dalam alun-alun yang pada akhirnya menjadi kebanggaan kota ini, warga dengan antusias datang dan melihat berbagai atraksi maupun fasilitas, dengan anak-anak mereka seperti menggunakan fasilitas permainan khusus anak-anak. Mereka juga bisa berfoto dengan latar belakang patung-patung maupun lampion alun-alun kota. Tentunya alun-alun seperti ini bisa menjadi teladan kota-kota lain agar menambah kebahagiaan dan interaksi warganya, diharapkan dengan demikian bisa mendongkrak citra kota dan menumbuhkan kota yang sehat karena warganya juga bahagia bisa memperoleh fasilitas umum semacam ini.

________________________________________________
by Probo Hindarto
© Copyright 2011 astudio Indonesia.
All rights reserved.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s