Desain gratis: Merencanakan rumah tumbuh dari developer di lahan 6x11m


astudioarchitect.com Bapak Subairi baru memesan rumah lewat developer dengan cara KPR, dan menanyakan kepada tim kami tentang desain rumah yang baik di lahan 6x11meter, dengan tidak merombak apapun pada awalnya, kemudian menambahkan satu ruang dapur. Dalam desain rumah gratis ini, kami memberikan juga rencana perluasan dan meningkat rumah bila nantinya sudah ada dana. Dengan cara ini, maka akan mempermudah merencanakan rumah hingga dua lantai dan 3 kamar tidur. Konsultasi desain ini juga dimuat di Koran Seputar Indonesia tiap Selasa. 

Pertanyaan:

Salam kenal.
Nama saya Subairi El-Mawy, sehari-hari bekerja sebagai jurnalis/wartawan di Harian Seputar Indonesia (SINDO) Biro Jawa Timur. Begini Pak….saya membeli rumah KPR, ukuran 6 x 11 meter menghadap ke barat.

Nah, dari pihak pengembang hanya dibangun 1 kamar tidur, 1 kamar mandi dan ruang tamu. kebetulan, masih ada sisa tanah kosong dibagian belakang. Enaknya di desain buat apa saja?

Mohon bantuannya.
terima kasih.
sukses selalu buat studionya.

Subairi El-Mawy
Surabaya

Jawaban: Yth  Bapak Subairi,
Terimakasih atas pertanyaan Bapak, disini saya mencoba untuk membuatkan desain sederhana untuk rumah tumbuh, dengan harapan bila sudah ada biaya tambahan, bisa ditambahkan ruang-ruang yang dibutuhkan selanjutnya. Pertama, untuk tahap 1 bila rumah Bapak sudah dibangun, tentunya prioritas pertama adalah membuat dapur, yang bisa diletakkan di taman belakang. Dapur berukuran 2,5×3,5m ini bagian atapnya sekalian dipersiapkan dengan dak beton, atau setidaknya pondasi untuk dua lantai.
Klik Play untuk memainkan perubahan denah awal ke denah baru.
Tahap selanjutnya bila dana sudah ada adalah meningkat rumah menjadi 2 lantai, dengan tambahan 2 kamar tidur, satu kamar mandi dan ruang duduk untuk putra putri. Bagian atas dari belakang rumah yang sebelumnya adalah taman, tetap bisa dipakai sebagai taman dalam, dengan memakai atap polycarbonate dengan rangka besi hollow di bagian atasnya.
Dalam pembangunan tahap 2 ini kemungkinan juga bisa Bapak pertimbangkan untuk membuat perubahan desain tampilan. Seperti yang saya gambarkan, desain tampilan merupakan desain sederhana dengan aksen warna, dan bentuk geometri yang sederhana. Atap bisa dibangun ulang atau dipindahkan dari atap lantai 1 ke atap lantai 2, bila dibuat dari kuda-kuda dan rangka kayu akan lebih memudahkan.
Bila menghendaki gambaran lebih lengkap, bisa membuka http://www.astudioarchitect.com untuk melihat animasi rumah tumbuh Bapak.
Demikian, terimakasih.
Salam
Probo Hindarto

Bila Anda suka, Anda bisa membeli desain ini dengan gambar kerja lengkap dengan ukuran dan detail rancangan. Klik disini

Untuk desain konsultasi gratis via media Koran Seputar Indonesia, klik disini.
________________________________________________
by Probo Hindarto
© Copyright 2011 astudio Indonesia.
All rights reserved.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s