Aplikasi Smartphone Android yang berguna untuk Arsitektur dan desain bangunan


astudioarchitect.com Dengan semakin majunya teknologi, kita memiliki lebih banyak kesempatan menggunakannya untuk berbagai kebutuhan kita. Teknologi smartphone juga semakin maju, tak terkecuali smartphone yang menggunakan sistem operasi (OS) Android. Android dikembangkan oleh Google, dan memiliki banyak aplikasi gratis yang bisa menunjang saat kita akan atau sedang membangun rumah. Sebagai arsitek, saya juga terkadang terbantu dengan beberapa aplikasi gratis Android, yang saya coba bagi dengan pembaca astudio.
Photo by sakaki0214

Bagi Anda pengguna Android, tentunya tidak asing dengan fasilitas ‘Market’ yang digunakan untuk mendownload berbagai aplikasi gratis untuk menunjang kehidupan. Banyak aplikasi berhubungan dengan arsitektur, desain dan proses pembangunan, antara lain sebagai berikut:


Camera: fitur ini tak pelak merupakan aplikasi yang selalu ada dalam smartphone apapun, kamera bisa kita gunakan saat berkunjung ke lokasi yang akan dibangun, dimana kita bisa memotret, mengambil video, dan data visual lain seperti view (pandangan di lahan) yang terbaik, kondisi lahan, lingkungan, tetangga, dan sebagainya.

===========


Maps: aplikasi bawaan Android yang bisa menunjukkan lokasi dan berbagai aspek berkaitan dengan lokasi, misalnya akses jalan menuju ke lahan yang akan dibangun/ didesain. Aspek yang bisa kita lihat adalah lokasi lahan, letak sungai, akses jalan terdekat, lokasi fasilitas umum seperti Rumah sakit, sekolah, mall, klinik dokter, ataupun fasilitas umum penunjang seperti restoran, kedai, kafe, pom bensin, dan sebagainya. Aplikasi ‘Maps’ juga bisa memberitahu kita arah hadap saat berada di lahan tersebut. Lokasi dan informasi cukup akurat hingga tingkat akurasi 3 meter, berkat dukungan GPS.

===========

Swiss Army Knife; aplikasi ini berisi beberapa tool (perangkat) yang bisa kita gunakan, antara lain kompas untuk melihat kutub utara selatan di sebuah site atau bangunan. Ruler merupakan bagian aplikasi yang berupa penggaris dengan satuan cm dan inch. Aplikasi ini juga berisi ‘Bubble Level’ atau waterpass, yang berguna untuk mengukur tingkat kemiringan sebuah permukaan. Kita bisa meletakkan smartphone diatas sebuah permukaan untuk melihat apakah permukaan itu benar-benar rata atau tidak, mirip seperti waterpass yang lebih lengkap karena terdapat indikasi warna merah bila benar-benar tepat tidak miring.


Qibla; aplikasi ini penting bagi kita saat mendesain rumah bagi penghuni yang muslim, karena dengan aplikasi ini kita bisa melihat arah kiblat secara langsung dengan dukungan GPS. Aplikasi ini langsung mendeteksi lokasi lahan/bangunan, dan secara instan men-sinkron-kan lokasi dengan letak Masjidil Haram di Mekah sehingga didapatkan arah kiblat yang benar.

===========


News & Weather; aplikasi yang bisa menunjukkan kondisi cuaca dilengkapi dengan suhu udara saat ini, rentang suhu udara dalam satu hari, kondisi awan, kelembaban udara dan angin. Meskipun dalam skala kecil kota bisa berubah-ubah, namun secara garis besar bisa kita lihat. Dalam dunia perancangan bisa menjadi tolak ukur untuk menentukan beberapa hal seperti apakah kondisi cuaca / iklimnya lembab atau kering, sehingga diperlukan desain khusus atau penambahan tanaman bila diperlukan.

===========


Photaf; sebuah aplikasi kamera 3D yang bisa mengambil foto 360derajat, kemudian menunjukkan foto tersebut dalam kondisi 360derajat juga. Aplikasi ini juga bisa me-load foto yang sudah kita ambil dalam bentuk 3D, dan memutarnya dalam arah yang persis sama seperti saat kita mengambil foto tersebut. Dilengkapi dengan fitur kompas yang bisa bergerak saat kita juga bergerak memutar, membuat kita melihat foto area keseluruhan, seakan-akan berada di lokasi langsung karena foto juga bergerak memutar sesuai pergerakan tubuh. Aplikasi ini sangat dianjurkan untuk melengkapi data saat survey lokasi.

===========


Smart Measure; merupakan aplikasi untuk mengukur / memperkirakan jarak antara pengamat dan sebuah titik, secara instan. Bisa digunakan di lahan/ lokasi akan dibangun, untuk melihat / memperkirakan jarak secara instan. Prinsipnya menggunakan prinsip segitiga pythagoras. Berguna untuk mengukur secara instan dan cepat, namun untuk lebih presisi harus menggunakan pengukuran manual.

===========


deciBel; aplikasi ini mengukur suara-suara yang ada di sebuah lahan, dengan satuan decibel. Semakin berisik kondisi di lahan atau suatu tempat, maka nilainya juga akan semakin tinggi. Pada pengukuran dan pengumpulan data di lapangan, bisa digunakan untuk mengukur tingkat / level suara di banyak titik di lahan, untuk menentukan lokasi yang tepat untuk sebuah ruangan, misalnya. Kadang-kadang ruangan seperti ruang tidur utama sebaiknya diletakkan ditempat yang paling rendah suara berisik dari lingkungannya.

===========



EMF Hazards detector; merupakan aplikasi yang berguna untuk mengukur tingkat radiasi elektromagnetik di sebuah tempat, baik itu rumah tinggal maupun lahan kosong. Seperti diketahui EMF atau Electro Magnetic Field merupakan ancaman bagi kesehatan, karena bisa menyebabkan berbagai penyakit seperti sakit kepala terus menerus, depresi, kanker, dan sebagainya. Aplikasi ini sangat berguna untuk menentukan letak tempat tidur atau kursi santai, berdasarkan medan elektromagnetik yang mengalir dari bumi yang disebut Grid Hartmann dan Curry. Normalnya, level radiasi elektromagnetik dari bumi berkisar antara 0,035mikroTesla – 0,07mikroTesla, namun karena adanya jaringan medan elektromagnetik bumi, bisa mencapai lebih dari itu. Gelombang elektromagnetik juga bisa dihasilkan oleh alat-alat elektronika, karena itu aplikasi ini juga bisa berguna mengukur radiasi magnetik dari peralatan elektronika rumah tangga. Untuk level yang aman, aplikasi akan menunjukkan warna hijau. Namun bila berbahaya, akan menunjukkan warna merah dan tingkat radiasinya.

Mungkin ada lebih banyak lagi aplikasi yang bisa kita gunakan di smartphone ber-OS Android, banyak diantaranya merupakan aplikasi berguna lain seperti aplikasi untuk menunjang perawatan kesehatan, pekerjaan, dan juga hiburan lainnya.

 ________________________________________________
by Probo Hindarto
© Copyright 2011 astudio Indonesia.
All rights reserved.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s