3 alternatif bukaan ruang keluarga ke arah taman


astudioarchitect.com Bila kita memiliki taman belakang, akan sangat baik apabila taman tersebut bisa terintegrasi dengan ruang dalam, misalnya ruang keluarga atau ruang makan. Hal ini karena, keberadaan taman dibelakang atau disamping rumah bisa memberikan penghawaan dan pencahayaan alami yag dibutuhkan sebuah rumah agar lebih sehat. Dalam artikel ini saya membuat 3 alternatif desain bukaan jendela atau pintu ke arah taman, yang bisa memberikan gambaran alternatif ide.

.

Tanpa bukaan

Entah disadari atau tidak, banyak rumah yang tidak memiliki akses ke taman belakang atau samping, entah apakah disengaja ataupun tidak, merupakan desain rumah yang ‘lupa’ akan pentingnya hawa dan cahaya alami dari luar. Ruangan seperti ini terlihat sumpek dan kurang menarik karena merupakan ‘ruang mati’ tanpa pencahayaan dan penghawaan alami. Kesan ruang yang ada terasa agak menekan.

Bukaan jendela kecil

Bukaan jendela kecil merupakan pilihan yang paling sering saya temukan untuk rumah yang memiliki taman belakang atau samping. Tujuannya tentunya memasukkan cahaya dan hawa alami. Keuntungan bila memakai bukaan jendela kecil adalah bila belakang rumah dirasa kurang privasi karena pandangan dari rumah tetangga belakang, atau semacam itu. Jendela kecil juga dibuat kadang dengan alasan untuk menutupi area cuci jemur atau bagian lain yang kurang menarik karena bila terlihat dari jendela terasa kurang menarik bahkan tidak sopan. Hanya saja, konsekuensinya adalah mungkin kurangnya pencahayaan dan penghawaan alami yang masuk.

Bukaan jendela lebar

Dengan luasnya jendela ini, terlihat bahwa cahaya dan hawa alami lebih banyak masuk kedalam ruangan, sehingga perkiraan suasana dalam ruangan lebih terang dan berhawa alami. Menurut pengamatan dan pengalaman saya, tinggi plafon 3,5m masih terasa sejuk bila rumah adalah 2 lantai. Untuk rumah satu lantai, sebaiknya memang dibuat dengan plafon tinggi agar lebih sejuk sehingga meminimalkan, bahkan meniadakan kebutuhan akan AC.

Bukaan pintu jendela


Bukaan ini merupakan pintu-pintu yang juga berfungsi sebagai jendela. Biasanya merupakan pintu pintu double dengan material kaca yang bisa dipasang dengan memakai sistem pintu swing biasa atau pintu lipat ke samping. Tujuan utamanya lebih untuk memaksimalkan pencahayaan dan penghawaan alami sekaligus membuat kesan ruangan menjadi semakin luas dengan adanya pintu terbuka yang menyatukan antara ‘luar’ dan ‘dalam’.

Beberapa pertimbangan dibutuhkan untuk memilih bentuk bukaan yang baik untuk sebuah ruangan, sebelum membuat kusen pintu jendela. Bentuk bukaan yang berbeda bisa membuat suasana ruang yang berbeda yang mempengaruhi suasana hati serta tingkat kenyamanan dan kesehatan didalam ruangan.

  ________________________________________________
by Probo Hindarto
© Copyright 2011 astudio Indonesia.
All rights reserved.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s