6 Foto inspirasi desain gaya Bali


astudioarchitect.com Bali adalah tujuan wisata populer, dengan kekayaan budaya salah satunya adalah arsitektur Bali. Dewasa ini, berkembang salah satu gaya arsitektur ‘Bali Modern’ yang mengetengahkan suasana khas Bali dengan landscape dan arsitektur yang membawa suasana Bali dalam penggunaan material modern. Kumpulan foto yang saya cari di flickr ini mungkin bisa memberi inspirasi bagi Anda penyuka arsitektur Bali modern. 
Bali yang eksotik memiliki beberapa karakteristik dalam desainnya, yang pertama tentunya adalah dari tipologi bangunan sendiri yang memakai pembagian denah dalam beberapa bagian rumah yang terpisah dan memiliki hierarki (susunan, urutan) ruang-ruang secara tradisional. Ciri khas lain adalah pada tampilan yang menggunakan prinsip kepala, badan dan kaki. 
Some rights reserved by ALWH
Foto diatas menunjukkan kualitas desain landscape yang memberikan kesan sejuk dan nyaman, ditandai dengan kolam kecil, shower, dan penggunaan bahan material ekspos seperti batu, kayu dan semen. 
Some rights reserved by ALWH
Foto diatas khas untuk villa-villa di Bali dengan kolam renang di bagian belakang, dimana aspek terpenting adalah suasana asri dari kolam dan tetumbuhan dibelakangnya. Perhatikan bahwa desain arsitekturnya sendiri tidaklah rumit, hanya terkesan terbuka. 
Some rights reserved by ALWH
Bale atau ruang terbuka seperti ini dibutuhkan untuk menikmati udara dan suasana luar, tapi tetap merasa nyaman dengan kenyamanan ruang dalam. Artinya kita bisa menikmati ruang luar dengan penataan arsitektur dan interior yang baik tanpa harus merasa bahwa ruang luar itu cenderung kotor atau tidak sehat, bahkan sebaliknya justru sehat alami. 
Some rights reserved by Jeda Villa Bali
Villa yang menggunakan atap sebagai ruang duduk, dengan membuka bagian atap ke arah pegunungan. Desain seperti ini memungkinkan untuk lahan yang berada di daerah pedesaan atau masih asli alamnya. 
Some rights reserved by Jeda Villa Bali
Meskipun struktur dibuat dari material dan teknik modern, tapi atap tetap menggunakan bahan ijuk untuk mempertahankan keaslian budaya dan suasana. 
Some rights reserved by Jesse Wagstaff
Elemen sederhana dari arsitektur Bali yaitu gerbang depan rumah, memang cukup sederhana dan mudah dibuat tapi selalu memberi kesan ramah dan estetik. 

________________________________________________
by Probo Hindarto
© Copyright 2011 astudio Indonesia.
All rights reserved.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s