Bahasa Belanda yang sering digunakan dalam dunia arsitektur dan konstruksi sipil


astudioarchitect.com Selama masa penjajahan Belanda yang ratusan tahun, teknik membangun Belanda juga dibawa ke Indonesia memberikan warna untuk arsitektur vernakular dan tradisional ke arah arsitektur modern yang berkembang di Eropa. Selama itu juga transfer pengetahuan juga berlangsung dengan sangat intens tidak terkecuali dalam bidang arsitektur dan konstruksi sipil. Apa saja istilah dan penggunaan kata-kata bahasa Belanda yang masih digunakan hingga sekarang?

.

Aanstamping
Merupakan pasangan batu tanpa campuran semen yang digunakan sebagai dasar pondasi batu kali.

Afvoer

merupakan pipa saluran dengan gerigi mur (coil), namun dalam kenyataan di lapangan afvoer seringkali digunakan untuk menyebut drain saluran air misalnya dalam kamar mandi.

Anker

dikenal sebagai batang pengait atau pemerkuat sambungan, merupakan sisipan untuk menyatukan dua atau lebih bagian konstruksi.

Armaturen

Armaturen atau disebut juga ‘pencerahan’ atau ‘penerangan’ merupakan kata dalam bahasa Belanda yang sering digunakan untuk menyebut perlengkapan seperti fitting lampu, lampu, stop kontak, saklar dan perlengkapan peralatan listrik yang berkaitan dengan penerangan buatan. Kata lain dalam bahasa Belanda adalah Verlichting (Pencerahan/Enlightment)

Bak

Wadah

Balk

Balok

Balken

Balkon

Betonbekistingen

Kata ini digunakan untuk cetakan beton yang dibuat dari kayu, merupakan bagian dari konstruksi misalnya saat membuat dak beton atau kolom dan balok. Saat sebelum mengecor, dibutuhkan cetakan yang dibuat dari kayu dan disebut sebagai beton bekisting.

Beton
Di Indonesia merupakan kata saduran dari bahasa Belanda, dalam bahasa Inggris disebut ‘concrete’, yaitu campuran semen, pasir dan kerakal yang dicampur untuk menghasilkan ‘beton’ yang kuat. Bila dipadukan dengan tulangan besi maka disebut ‘beton bertulang’.

Betondak
Kata ini menjadi ‘dak beton’, yaitu lantai kerja yang dibuat dari bahan beton bertulang.

Betonmolen

Disebut ‘molen’ untuk menyebut peralatan pembuat campuran beton yang dijalankan dengan listrik. Betonmolen bisa berupa alat kecil yang bisa dibawa ke proyek dengan mudah, atau untuk menyebut truk molen yang besar. Disebut sebagai bagian dari ‘bouwmachines’ atau mesin bangunan.


Betonijzer 
adalah elemen besi pada komposisi beton bertulang, merupakan bagian beton yang berfungsi mengatasi gaya tarik pada konstruksi untuk bekerjasama dengan beton untuk gaya tekan yang menghasilkan gabungan kekuatan tarik dan tekan pada beton bertulang.

Beugel

dilafalkan sebagai ‘begel’ adalah pelat atau besi batangan yang digunakan untuk memperkuat struktur yang tegak lurus.

Binddraad

merupakan sebutan untuk kawat besi pengikat, dalam bahasa sehari-hari tukang disebut ‘bendrat’.

Boor

Penggunaan kata ini merupakan serapan bahasa Belanda yang digunakan hingga sekarang. ‘Bor’ digunakan dalam kata seperti ‘mengebor’ atau ‘dibor’ adalah melubangi material lain dengan mesin bor ‘boormachine’.

Bowbeslag

adalah handle dan kunci pintu, kadang juga sebutan untuk elemen aksesoris dan peralatan sebuah pintu.

Bowplank
merupakan papan penunjuk batas bangunan yang dibuat pada proses pengukuran bangunan secara detail dan dipakai sebagai penanda hasil pengukuran.

Buis/Buizen
Pipa

Cirkelzaagmachines / Cirkel
Merupakan sebutan untuk peralatan mekanik atau mesin dengan bagian utama berbentuk bundar, misalnya gergaji atau pemotong keramik dengan bagian utama berupa elemen baja bundar.

Dakbedekking
Penutup atap

Dakplaten
Pelat penutup atap, bisa merupakan bidang-bidang genteng.

Eternit
merupakan nama dagang untuk panel asbes, yang biasa digunakan untuk ‘plafon asbes’, merupakan komposit semen, pasir dan asbes yang digunakan untuk membuat panel-panel asbes.

Gasbeton
merupakan suatu komposit beton yang diproduksi dengan memasukkan gelembung udara yang menghasilkan beton dengan pori-pori udara, disebut juga ‘beton aerasi’ atau ‘bata aerasi’. Karakternya ringan dan memiliki kekuatan tekan yang baik dengan kemampuan insulasi suara.

Gevel
Di Indonesia merupakan penyebutan untuk dinding yang mencapai atap, kadang digunakan untuk menyebut konstruksi pengganti kayu atau baja yang dibuat dari konstruksi dinding bata biasa.

Goot

penyebutan untuk saluran air terbuka.

Grendel

Grendel

Isolatie
Dilafalkan ‘isolasi’, merupakan gel perekat, biasa digunakan untuk menyebut membran plastik dengan perekat.

Jaloezie
merupakan sirip-sirip penghalang, bisa digunakan sebagai bagian dari pintu yang dibahasa Indonesiakan sebagai ‘jalusi’.

Lampen
Lampu

Leiding
Dilafalkan ‘ledeng’, biasa digunakan untuk kata ‘pipa ledeng’, merupakan sistem pipa terutup untuk air atau gas.

Lichtdruk

mesin pengganda gambar dengan media kalkir ke ‘blueprint’ atau cetak biru.

Kamer
Kamar

Kraan

dilafalkan sebagai ‘keran’ merupakan alat pengatur keluarnya air.


Kozijn

Kusen

Makelaar
Agen perantara penjualan. Namun didalam konstruksi kayu merupakan penyebutan untuk batang kayu melintang pararel dalam sistem konstruksi kuda-kuda kayu.

Mozaiek
Karya seni yang dibuat dari potongan-potongan bahan yang lebih kecil seperti batu berwarna.

Penelen / Peneel
disadur dalam bahasa Indonesia ‘panel’ merupakan bahasa saduran yang juga berasal dari bahasa Inggris, di Indonesia merupakan penyebutan untuk bidang rata khususnya sebagai penutup yang sifatnya elemen finishing, misalnya: panel dinding, panel atap, panel pintu.

Plaat
Pelat, misalnya ‘pelat besi’ atau ‘pelat beton’.

Profielen

‘Profil’ atau bentuk penampang dari benda yang memanjang, biasanya dipakai untuk menyebut bentuk pinggiran kayu, besi atau lis.

Plafon
Plafon

Rabat
penyebutan untuk pekerjaan beton rabat, dimana kata ‘rabat’ didapatkan dari kata seperti ‘rabatwerk’.

Sanitair
disebut ‘plumbing’ dalam bahasa Inggris, dalam bahasa padan kata yang tepat adalah pemipaan. Sanitair lebih sering digunakan untuk menyebutkan peralatan aksesori kamar mandi seperti bathtub, keran, washtafel, dan sebagainya. Padan kata ‘sanitary’ dalam bahasa Inggris berkonotasi lebih dalam pada segala sesuatu yang berkaitan dengan pemipaan, teknis pemipaan serta faktor kesehatan bangunan.

Schap

Sekop, alat untuk bekerja dengan adukan, atau memindahkan material, atau menggali.

Steiger

Struktur sementara untuk menopang pekerjaan dalam sebuah proyek, yang memungkinkan pekerja untuk meraih bagian bangunan yang sulit dijangkau. Kata yang umum juga digunakan sekarang adalah Scaffolding dalam bahasa Inggris.


Tegels
Adalah sebutan untuk penutup lantai yang terkenal ‘tegel’, dalam bahasa Indonesia merupakan jenis penutup lantai dengan teknologi pembuatan dari jaman Belanda, merupakan cetakan komposit semen putih yang bisa diberi warna dan corak. Tegel saat ini tidak diproduksi lagi kecuali oleh beberapa pihak yang melestarikannya. Banyak tegel yang dicari karena keunikan coraknya. Di Belanda, penyebutan tegels juga berlaku untuk keramik.

Trap

Trap yang disebutkan oleh tukang2 biasanya merujuk pada tangga, dan memang sebenarnya merupakan sebutan untuk tangga.

Trottoir
Dilafalkan ‘trotoar’ dalam Bahasa Indonesia, merupakan bagian jalan dibagian pinggir yang diperuntukkan bagi pejalan kaki.

foto oleh Bob Ionescu


________________________________________________
by Probo Hindarto
© Copyright 2011 astudio Indonesia.
All rights reserved.

2 responses to “Bahasa Belanda yang sering digunakan dalam dunia arsitektur dan konstruksi sipil

  1. Bertambah lagi nih ilmunya. jadi tahu bahasa” arsitektur orang” belanda.
    Thanks

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s