Candi Penataran Blitar


astudioarchitect.com (2007) Tidak jauh dari pusat kota Blitar, obyek masa lalu yang sangat penting bagi pemahaman terhadap peradaban berada. Sebuah kompleks candi Penataran. Kami melakukan analisa anatomi denah pada kompleks tersebut. Dapat dilihat pada gambar berikut;

Kami mendapati bahwa banyak sekali bagian dari kompleks candi yang tidak terjelaskan bagi kami, misalnya konsep supranaturalnya. Karena itu kami hanya melakukannya dengan kemampuan berdasarkan pemahaman modern yang kami miliki.

Candi Penataran 

Candi Sengkalan Penataran
Diatas Candi utama

Salah satu sudut salah satu candi yang menunjukkan atmosfer yang dingin, menenangkan.

Kolam pada akhir sequence perjalanan dalam kompleks candi.

Atmosfer pada tangga candi.

Salah satu sudut paling menarik dari candi utama. Tampaknya, candi utama telah kehilangan sebagian besar bangunannya dan ketinggiannya. Bila bangunan ini masih ada, kami yakin candi ini sangat besar dan tinggi.

————————————
Tidak jauh dari Candi Penataran, terdapat 
Kompleks makam Bung Karno 
sebelumnya merupakan satu kompleks dengan arsitektur khas Jawa yaitu bangunan joglo. Sejak 2004 telah ditambahkan bangunan baru yang menjadi satu kompleks dengan makam Bung Karno tersebut. Tim arsitek bangunan baru diketuai oleh Pak Pribadi Widodo dan Pak Baskoro Tedjo dari ITB. Sejak kami memasuki area makam ini, sebuah bangunan disamping makam menarik perhatian kami.

(sketsa Probo Hindarto, dibuat pada September 2007 di site, bukan merupakan konsep asli dari arsiteknya namun hanya berupa cara untuk menangkap pesan yang tertangkap melalui panca indera)

Gerbang kompleks lama, yang berbentuk seperti candi dengan ukuran besar. Tampaknya terdapat keinginan menarik masa lalu ke masa sekarang yang dimulai dari kompleks lama ini, dalam bentuk yang sangat mirip (atau dimiripkan) dengan bangunan candi masa lalu, demikian pula dengan bahan bangunannya menggunakan batuan. Sistem konstruksi massa, namun kami ingin mengetahui apakah bagian dalam bangunan ini diisi dengan sistem konstruksi beton, tampaknya demikian.

Bangunan yang memayungi makam Bung Karno. Bentuknya pendopo memayungi makam. Bangunan joglo lebih kekinian daripada bangunan candi.
Space penghubung antara kompleks lama dengan bangunan baru, bersifat menghubungkan, menyegarkan.
Bangunan modern dari kompleks baru. Kaidah desain fungsional dengan memasukkan unsur tradisi masa lalu dalam pemakaian batuan untuk dinding luarnya. Peniruan dan penerusan tradisi masa lampau dari bahan bangunan candi

Salah satu sudut bangunan baru, superimposing.

Salah satu sudut interior bangunan baru.


________________________________________________
by Probo Hindarto
© Copyright 2007 astudio Indonesia.
All rights reserved.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s