101 Disain Jendela


astudioarchitect.com Rumah-rumah selalu memiliki bentuk dan karakter berbeda, bahkan hingga rumah di perumahan, biasanya pemilik akan selalu mengembangkan rumahnya sesuai dengan gaya dan kepribadiannya sendiri. Salah satu unsur bangunan yang mendefinisikan tampilan dan kenyamanan dalam rumah adalah jendela dengan berbagai bentuknya. Faktanya adalah jendela dapat membuat tampilan rumah berbeda-beda karena dari bentuk jendela dipadukan dengan elemen-elemen lain seperti bentuk atap, teras, pintu dan sebagainya, akan menghasilkan arsitektur rumah. Seperti apa sajakah bentuk jendela yang bisa kita aplikasikan dalam desain rumah?

Berbagai bentuk jendela dipresentasikan dalam buku 101 Disain Jendela yang ditulis oleh Indra Gunadi ini. Berbagai contoh akan memberi kita wawasan tentang berbagai bentuk jendela yang bisa diaplikasikan dan bagaimana dampaknya terhadap suasana ruang.

Kutipan: Mengartikan sebuah jendela sangat mudah digambarkan dengan suasana dan manfaat yang dirasakan saat didekatnya, apakah pengap, gelap, funsional, rapuh, bagus, atau tidaknya desain jendela tersebut?

jendela merupakan salah satu bagian bukaan dirumah. Setiap penghuni rumah bisa merasakan manfaatnya, diantaranya menghirup udara segar, merasakan teriknya matahari, atau mnatap rintik hujan yang menempel di jendela. Namun, manfaat yang terpenting adalah dari segi kesehatan, keamanan, dan estetika bangunan sehingga jendela merupakan elemen terpenting dari fisik rumah.

Manusia membutuhkan Jendela
Kebutuhan manusia kian hari kian beragam, termasuk membutuhkan rumah yang sehat. Mendapatkan rumah yang bagus, unik, sehat merupakan salah satu yang diidam-idamkan. Hal tersebut disebabkan rumah dianggap sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari. Sekecil apapun permasalah dirumah, pemilik rumah selalu memikirkan cara untuk memperbaharuinya sesuai kebutuhan baik jangka panjang atau jangka pendek.

Jendela merupakan salah satu bagian yang harus diperhatikan sejak awal oleh seseorang sebelum membangun rumah, baik fungsi, model, tipe bukaan, harga, dan lain-lain. Hal tersebut penting untuk disikapi, karena manfaat jendela tidak terbatas bagi keberlangsungan hidup. Memilih elemen jendela sebaiknya selektif dan penuh pertimbangan dengan memperhatikan fungsi jangka panjang (awet) dan fungsional.

Sebaiknya jendela dibuat tidak perlu berlebihan dan bukan dititik beratkan pada anggaran pembangunan. namun yang harus dipikirkan adalah sifat lingkungan disekitar rumah sehingga secara tidak langsung didapatkan gambaran anggaran yang akan dikeluarkan. beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membuat jendela antara lain:P

1. Posisi rumah yang diinginkan
2. Bentuk geometrik rumah
3. Sesuai atau tidak dengan lingkungan rumah
4. Nilai jual rumah jika akan dijual
5. Pengaruh positif terhadap lingkungan keluarga secara jangka panjang.

http://books.google.co.id/books?id=B2qo4E2XE5EC&lpg=PA76&dq=arsitektur%20rumah&pg=PP1&output=embed ________________________________________________
by Probo Hindarto
© Copyright 2012 astudio Indonesia.
All rights reserved.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s