Ide tata ruang kamar yang mungil (2,5x3meter)


astudioarchitect.com Ruang-ruang rumah di perumahan biasanya kecil-kecil sesuai dengan tipe bangunannya, dan bila terdapat ruang seperti ini yang hanya berukuran 2,5×3 meter, maka mau tidak mau harus saya harus mendesain dengan memperhatikan luasan kamar yang terbatas. Masalahnya adalah bila kita membeli langsung dari toko, misalnya langsung tempat tidur, lemari dan bufet, maka sangat mungkin tidak akan sesuai dengan luas kamar yang ada, bila tidak kekecilan, maka kebesaran.

biaya: Rp 4-5 juta 
(2012 – tergantung spesifikasi)

Kondisi kamar yang belum terisi sama sekali, sudah diberi cat pada satu dindingnya dengan warna merah kecoklatan yang akan memberikan nuansa berbeda pada ruang kamar tidur. 

Sisi yang menghadap pintu. Terlihat pada foto ini bahwa jendela berada pada posisi horizontal. Dengan batasan ini sebenarnya cukup susah untuk meletakkan lemari karena akan menghalangi jalan masuk cahaya dan ‘aliran’ dalam ruangan ini, karena itu lemari diputuskan untuk berada dipojok dengan akses yang agak ribet yaitu harus naik ke atas kasur dahulu. 

Para tukang kayu yang sedang memasang furniture custom made yang sudah didesain. 

Kesan dari ruang ini yang cozy dengan elemen dekoratif yang minimalis. Bahan yang digunakan dalam pembuatan furniture ini adalah kayu olahan multipleks, blockboard dan tripleks dengan finishing HPL dan decosheet. Waktu pengerjaan adalah sekitar 2 minggu – 1 bulan dengan biaya sekitar Rp 4-5 juta. 

Dengan ukuran yang tepat maka ruang yang sangat mungil ini bisa mewadahi banyak hal seperti bagian kolong yang bisa digunakan sebagai sarana penyimpan, serta pengorganisasian kabinet yang terencana. Untuk kasur yang digunakan dalam desain ini adalah kasur lipat yang dibuat dari busa tipis yang dibungkus kain, dimana kasur busa lipat ini bisa disimpan dibawah tempat tidur. Jenis busa untuk tidur ada beberapa macam, bila kita perhatikan, busa kasur yang tidak terlalu lembek (cenderung keras) malah lebih baik untuk tidur dan efeknya seperti matras springbed (tahukah Anda bahwa springbed memiliki per-per yang mengacaukan magnet disekitar tubuh?). 

Pengaturan furniture custom made ini sesuai untuk kamar dengan tipe jendela dan bukaan pintu yang sesuai, dengan ukuran lebar kasur adalah 160cm. Untuk bukaan jendela, letak pintu yang berbeda, maka penyelesaian desainnya sangat mungkin berbeda pula🙂
Bila Anda ingin memesan set ini, bisa kami sesuaikan dengan kamar Anda, spesifikasi dan biaya yang Anda miliki. Call 08125244753, melayani pembuatan di kota2 di Jawa Timur.

________________________________________________
by Probo Hindarto
© Copyright 2012 astudio Indonesia.
All rights reserved.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s