Tentang taman air di area rumah


astudioarchitect.com 1. baikkah konsep membangun taman air dalam rumah?
Taman air dalam rumah biasanya harus disesuaikan dengan situasi dan kondisi rumah yang ada (bila rumah sudah terbangun dan ingin membuat taman air). Bila rumah masih dalam tahap perencanaan sebelum pembangunan, akan sangat membantu bila direncanakan sejak awal sehingga kita bisa tahu dimana meletakkan peralatan seperti pompa air agar tidak terlihat berantakan.

Konsep taman air sendiri, merupakan konsep yang sangat baik untuk memberikan kesegaran dalam rumah, dengan cara membawa unsur air yang biasanya menenangkan, dipadukan dengan unsur tanaman yang asri. Konsep ini baik untuk sarana rekreatif dalam rumah, sehingga penghuni dapat menghilangkan rasa penat bahkan stress dalam kehidupan kota yang sibuk. Tidak harus pergi keluar rumah untuk berekreasi, namun sudah ada sedikit sarana yang dapat dinikmati saat senggang.

foto: printscreen Google; water garden

2. jenis taman air seperti apa yang baik dan bagus untuk di dalam atau di luar rumah?
Taman air untuk didalam rumah biasanya cenderung kecil dan mengikuti lahan yang tersisa, sedangkan taman air diluar rumah bisa direncanakan lebih leluasa karena biasanya lebih luas. Taman air dalam rumah bisa merupakan bagian kecil yang memiliki air dalam taman dalam, atau relief pada dinding dengan unsur air. Taman air di area sempit bisa juga menggunakan wadah atau miniatur pancuran air yang dapat dibuat dalam ukuran mungil sekedar mendapatkan bunyi dan kesegaran airnya. Bila lahan didalam untuk taman air cukup luas, maka tidak ada salahnya juga membuat taman air yang besar dengan air terjun, kolam dan sebagainya yang biasanya dibangun di lahan (bukan dibeli per set).

Untuk diluar rumah, taman air bisa berbentuk lebih bebas misalnya taman air dengan air terjun dan suasana tebing. Bisa juga menggunakan kolam ikan yang sekaligus dengan air terjun dari dinding diatasnya.

3. jenis taman kolam ikan mini, sebaiknya dibangun di dalam atau di luar rumah?
Tergantung dari besarnya lahan juga. Taman kolam ikan mini, bisa diletakkan dimana saja asalkan sesuai dengan lahannya. Yang pertama harus dilihat adalah bagaimana taman air bisa sesuai dengan luasan dan konteks dari desain bangunannya. Untuk bangunan besar dengan lahan taman air yang besar, maka tidak masalah untuk membuat kolam ikan besar. Untuk bangunan yang mungil dengan luas lahan yang mungil, taman air harus disesuaikan juga, misalnya dengan meletakkan taman kolam ikan mini tersebut sebagai aksen dari taman kering atau taman dalam.

http://books.google.co.id/books?id=BLnZQKVFU-QC&lpg=PA55&dq=taman%20air&pg=PP1&output=embed

________________________________________________
by Probo Hindarto
© Copyright 2012 astudio Indonesia.
All rights reserved.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s