Tutorial membuat desain interior ruang Anda secara gratis


astudioarchitect.com Tahukah Anda? Anda bisa membuat sendiri desain interior seperti diatas, terlihat sangat realistis bukan? Dewasa ini bermunculan website-website yang memungkinkan kita membuat rencana desain interior untuk rumah kita secara gratis. hal ini sangat berguna bagi kita yang ingin mendekorasi rumah baru atau menata ulang rumah lama dengan suasana baru. Salah satu website yang menyediakan alat untuk desain interior gratis dengan hasil yang benar-benar mencengangkan adalah Autodesk Homestyler ini, merupakan suatu alat yang mudah apakah Anda ingin menata ruang tamu, ruang keluarga, kamar mandi, dapur atau ruang makan. Dalam artikel ini saya ulas tutorial cara membuat rencana desain interior dengan alat gratis ini.

Pertama yang kita lakukan adalah membuka website Autodesk Homestyler, dengan alamat di http://www.homestyler.com

masuk ke website tersebut, dan klik ‘start designing’. Sangat disarankan Anda melakukan registrasi atau pendaftaran untuk akun Anda dan email pemberitahuan bila gambar Anda sudah jadi.
kita akan sampai di halaman kerja yang sederhana ini. Di bagian kiri terdapat berbagai macam hal yang bisa kita tambahkan kedalam desain. Pertama, kita harus membuat denahnya. Jangan lupa untuk mengubah unit ukuran dari ft (feet) ke m (meter), letaknya di area kerja bagian bawah. 

Kita bisa memilih salah satu bentuk ruangan yang sesuai dengan kebutuhan/ keinginan. Tarik dan lepaskan gambar denah yang sesuai kedalam area kerja dengan cursor Anda. 

Ini adalah gambar denah paling awal yang bisa kita rubah-rubah. 

Merubah ukuran ruangan sangat mudah, yaitu dengan meletakkan cursor pada gambar dinding dan menariknya sehingga ukurannya sesuai. Pada contoh ini saya membuat desain kamar tidur dengan ukuran 3×4 dengan kamar mandi dalam. 

Langkah berikutnya warnai atau berikan material lantai yang sesuai. Bila menggunakan keramik putih atau seputar abu-abu maka pilih yang sesuai. Kita juga bisa memilih jenis lantai yang lainnya. 

Bila ingin menambahkan ruang lain disebelahnya atau Anda ingin membuat ruang-ruang yang lengkap untuk rumah Anda, bisa menarik bentuk denah yang sesuai dan letakkan pada tempat yang diinginkan. Contohnya diatas saya membuat satu kotak ruang lagi untuk kamar mandi dengan keramik yang tidak sama dengan keramik lantai ruang kamar tidur. Selanjutnya kita akan menambahkan pintu dan jendela.

Pintu dan jendela bisa ditambahkan dengan memilih pada panel kiri, yang berisi ‘door’ dan ‘windows’. Semua hal lain juga tersedia dipanel kiri tersebut yang akan kita gunakan selanjutnya. Nah, awal kita akan membuat pintu.

Setelah kita memilih pintu, maka akan muncul berbagai model pintu yang bisa diseret dan diletakkan pada tempat yang sesuai dengan ruangan kita. 

Letakkan pintu pada area yang diinginkan. Bila kurang pas membukanya bisa di klik dan dirotasi (diputar). 
Anda bisa menambahkan semua elemen lain seperti jendela, tempat tidur, nakas, lemari, lukisan, dan sebagainya. Bahkan Anda juga bisa mengecat dindingnya atau melapisi dinding dengan lapisan kayu. 

Jangan lupa untuk memutar perabot yang kurang pas arah hadapnya agar sesuai. 

Nah, inilah contoh ruang kamar tidur dengan segala perlengkapannya. 

Kita bisa melihat desain dalam bentuk 3 dimensi seperti ini, klik diatas area kerja ‘3D’, maka akan keluar gambar semacam diatas. Anda bisa memutar gambar tersebut dengan panah-panah disamping kanannya. Nah sekarang waktunya kita merender gambar tersebut. ‘Render’ adalah istilah untuk membuat gambar yang sangat mirip foto atau aslinya di kenyataan. Apakah bisa? oh tentu bisa dengan alat Autodesk Homestyler ini. Klik di bagian atas, ‘SNAPSHOTS’ dan pilih ‘High Resolution Snapshot’.

Akan muncul kotak dialog seperti diatas, klik ‘Create your First Snapshot’. Atau bila Anda sudah pernah membuat snapshot sebelumnya, pilih ‘create new snapshot’. 

Atur letak kamera dan arah kamera seperti yang Anda inginkan. 

Bila Anda belum menyimpan desain ini, akan diminta untuk menyimpannya dengan nama file yang Anda inginkan. 

Autodesk Homestyle akan membutuhkan waktu untuk merender gambar foto-realistis tersebut, yang akan diberitahukan melalui email Anda. Alternatif lain, Anda juga bisa menggunakan 360 Panorama, yang akan merender ruangan Anda seakan-akan sudah ada dan bisa memutar pemandangannya. 

Bila ingin membuat panorama 360 derajat, juga bisa menggunakan fasilitas ini dengan klik ‘snapshots’ lalu ‘360 panorama’

Hasil desain yang didapatkan. Cukup realistis bukan? dengan cara yang mudah kita bisa membuat desain ruang tidur ini. Yang kita perlukan adalah koneksi internet yang baik dan sebuah komputer. 

________________________________________________
by Probo Hindarto
© Copyright 2012 astudio Indonesia.
All rights reserved.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s