[karya terbangun] Project rumah dua lantai Klasik


astudioarchitect.com Proyek yang kami tangani ini merupakan proyek desain yang dilanjutkan dengan kontrak kerja pelaksanaan pembangunan, merupakan sebuah proyek yang berkesan karena rumah ini memiliki banyak inovasi dalam perancangan maupun pengerjaannya. Desain merupakan sebuah bangunan dengan sistem struktur konvensional ditunjang desain arsitektur yang tepat guna, didapatkan rumah yang nyaman dan fungsional.

<!– google_ad_client = "pub-6839243879103232"; /* astudio post 468×15, created 20/05/10 */ google_ad_slot = "2860787264"; google_ad_width = 468; google_ad_height = 15; //

Gambar ini merupakan desain denah lantai 1, merupakan ruang-ruang yang ditata dalam aliran yang nyaman sehingga aktivitas didalam ruangan menjadi lebih baik dan mudah. Ruang keluarga dan area ruang makan menjadi area berkumpul bagi keluarga, dengan ruang-ruang yang dapat mengalir sirkulasinya. Setelah terbangun, pemilik dan para tamu merasa bahwa ruang-ruang ini terasa nyaman, terang, dengan udara yang mengalir lancar. 

<!– google_ad_client = "pub-6839243879103232"; /* astudio post 200×200, created 20/05/10 */ google_ad_slot = "3926784136"; google_ad_width = 200; google_ad_height = 200; //
Prinsip utamanya adalah dengan menggunakan penghawaan silang untuk meniadakan penggunaan AC, dengan cara menempatkan bukaan-bukaan dan ventilasi yang dibutuhkan pada setiap titik yang terencana. Ruangan tetap dingin meskipun tanpa AC hingga di lantai 2, antara lain ditunjang pula karena tinggi plafon yang sekitar 3,5meter belum termasuk ruang diantara plafon dan atap dan dak. AC disiapkan sebagai cadangan apabila sangat dibutuhkan hanya dalam kamar-kamar saja namun sepanjang pengetahuan kami tetap sejuk pada siang harinya.

Proses pembangunan menghabiskan waktu sekitar 9 bulan dengan adanya musim hujan dan lebaran, seluruh tim dengan bersemangan menyelesaikan proses pembangunan. Tampilan depan merupakan tampilan dengan gaya klasik yang sederhana, pada dasarnya merupakan aplikasi arsitektur tropis dengan kanopi-kanopinya. Tampilan dengan gaya klasik ini cukup populer dan bukan merupakan kekuatan utama desain ini.

Kami juga memperhatikan ruang dalam dan penataan ruang didalamnya melalui proses desain yang cukup intens menghasilkan ruang-ruang dengan fungsi yang maksimal, seperti terlihat diatas merupakan area dapur dan ruang makan. 

Adanya taman dibagian belakang rumah menjadi sarana utama untuk mengalirkan udara disemua ruangan dalam rumah. Tidak ada ruang yang tidak terkoneksi dengan udara luar, serta ruang -ruang yang ada tetap merupakan ruang indoor yang tertutup.

Interior dalam ruang-ruang rumah merupakan interior yang terencana dan dibuat dari awal sehingga pembangunan memiliki pedoman yang jelas dalam pelaksanaannya. 

______________________________
by Probo Hindarto
© Copyright 2012 astudio Indonesia.
All rights reserved.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s