Bisnis Kos Laba Joss


astudioarchitect.com Artikel kami sebelumnya tentang desain arsitektural rumah kos rasanya tak akan lengkap tanpa penjelasan lebih lanjut tentang berbagai aspek ekonomisnya, mengingat rumah kos merupakan salah satu tipe property yang cukup populer, buku yang kami pilihkan ini ‘Bisnis Kos Laba Joss’ merupakan panduan sederhana berbagai aspek pengelolaan rumah kos, ditulis oleh Aulia.

<!– google_ad_client = "pub-6839243879103232"; /* astudio post 468×15, created 20/05/10 */ google_ad_slot = "2860787264"; google_ad_width = 468; google_ad_height = 15; //

Kutipan Buku: Penentuan Lahan
Jika Anda memutuskan untuk membangun rumah Anda sendiri, maka hal pertama yang penting untuk dilakukan adalah memilih lokasi yang tentunya lokasi yang bisa memudahkan untuk aktivitas keseharian, begitu juga dengan bisnis kos-kosan dan rumah kontrakan ini. Disini Anda perlu berhati-hati karena tidak semua pihak yang menjual atau menawarkan tanah mau dengan gamblang menjelaskan aasa usul atau sejarah lahan yang akan mereka jual. Apakah bekas areal persawahan, perkebunan, rawa atau bahkan kuburan.

Kenapa ini penting? kKarena dengan mengetahui sejarah tanah tersebut kita dapat memperkirakan kondisi tanah saat ini dan sekaligus menentukan jenis dan tipe pondasi yang akan digunakan, serta menentukan efisiensi biaya dalam membangun rumah.

Kondisi tanah bekas persawahan atau rawa biasanya tidak stabil, sehingga disarankan untuk melakukan pengetesan kekerasan tanah terlebih dahulu guna mendapatkan informasi mengenai kepadatan dan kekuatan tanah. Tanah jenis ini juga seringkali tidak bisa menggunakan pondasi batu kali, apalagi jika kita berencana untuk membangun rumah tingkat. Tidak hanya tingkat atas, untuk pembuatan basement (bangunan bawah tanah) pun agak sulit karena membutuhkan keahlian dan penanganan khusus agar tidak terjadi kebocoran. Dan tentunya perlu juga diperhatikan masalah lantai nantinya, misalnya bagaimana cara poles marmer dan merawatnya, pondasi rumah, dan lain lain.

—————–

Memilih Lokasi Rumah yang ideal
Pilihan lokasi tentu saja tidak sama dengan pemilihan lokasi untuk perumahan. Dalam tahapan rencana pembelian rumah atau tanah, sebaiknya pemilihan lokasi harus lebih dahulu dilakukan sebelum menentukan jenis bangunan yang akan menjadi hunian kos atau kontrakan.

Mencari rumah menjadi urutan kedua setelah Anda memilih lokasi atau daerah sekitarnya. Pemilihan lokasi itu bisa dimulai dari pertimbangan jarak rumah ke kampus, kantor, keberadaan sekolah atau sarana pendidikan, daya dukung perkotaan, potensi banjir, dan sebagainya.

Berbekal survey dan pengetahuan lokasi itulah Anda bisa menentukan dengan cermat pilihan perumahan untuk bisnis ini. Tentu ada beberapa hal yang kiranya baik Anda cermati.

Fungsi
Berdasarkan hukum penawaran, fungsi rumah tempat tinggal berbanding lurus dengan keberadaan lokasi. Kelak, hal tersebut berefek pada harga jualnya. Karena semakin banyak atau tingginya fungsi rumah Anda, semakin besar pula harganya.

Kependudukan
Mulai tingkat kepadatan penduduk, persentase tingkat hunian, transportasi, jarak pasar atau tempat belanja, dan lain lain di lokasi calon rumah yang akan Anda jadikan tempat kos serta faktor demografi atau kependudukan yang perlu diperhitungkan. Bagaimana tingkat kepadatan penduduknya? Seberapa padat tingkat huniannya? Bagaimana akses transportasi umumnya?

Fasilitas Pendukung
Fasilitas pendukung harus dekat dengan calon lokasi bisnis kos Anda. Ini sangat penting meskipun pertimbangan tersebut masih jauh sebelum Anda memikirkan untuk membangun usaha penunjang untuk bisnis kos Anda.

Lokasi kos yang pas juga perlu diperhatikan. Selain dekat dengan kampus atau tempat kerja, diusahakan memiliki akses yang mudah untuk ke daerah lain. Dengan demikian harga yang ditawarkan ke calon konsumen bisa tinggi.

<!– google_ad_client = "pub-6839243879103232"; /* astudio post 200×200, created 20/05/10 */ google_ad_slot = "3926784136"; google_ad_width = 200; google_ad_height = 200; //

______________________________
by Probo Hindarto
© Copyright 2012 astudio Indonesia.
All rights reserved.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s