‘Augment’ aplikasi smartphone untuk arsitek + interior designer


astudioarchitect.com Aplikasi Smartphone berbasis Android berkembang sangat pesat, dan diantara banyak aplikasinya terdapat aplikasi yang berguna untuk dunia arsitektur dan interior, yaitu ‘Augment’. Aplikasi ini memberikan kesempatan pada kita untuk mengaplikasikan atau meletakkan benda yang belum ada disuatu ruangan sehingga terlihat seperti sudah ada. hal ini berguna misalnya kita hendak membeli sofa, namun belum tahu apakah sofa tersebut akan sesuai untuk ruangan dalam rumah kita. Benda-benda lai yang dapat disimulasikan antara lain kitchen set, lemari, meja makan, dan bahkan seluruh isi rumah dapat disimulasikan melalui aplikasi ini.

<!– google_ad_client = "pub-6839243879103232"; /* astudio post 468×15, created 20/05/10 */ google_ad_slot = "2860787264"; google_ad_width = 468; google_ad_height = 15; //

Augment dapat didownload melalui Google Play di smartphone Anda, dan terdapat banyak benda untuk Anda coba aplikasikan dalam ruangan atau rumah Anda. Apabila Anda arsitek atau interior designer yang memiliki model yang dibuat melalui software Sketchup, akan mudah pula memasukkan modelling kedalam aplikasi ini. Model dari file sketchup dapat diekspor kedalam format .ob yang bisa diupload ke server Augment.

Model 3D seperti yang saya buat ini bisa diletakkan diatas meja dan dilihat sambil diputar-putar seperti sebuah maket. Kita juga bisa memperbesar model sesuai ukuran dan meletakkannya diatas lantai. 

<!– google_ad_client = "pub-6839243879103232"; /* astudio post 200×200, created 20/05/10 */ google_ad_slot = "3926784136"; google_ad_width = 200; google_ad_height = 200; //
Salah satu contoh yang saya buat adalah beberapa foto yang ada didalam kamera Augment, sudah diisi dengan beberapa contoh baik dari library Augment, atau yang saya upload sendiri. Cara untuk mengupload file 3D agar bisa dilihat melalui aplikasi Augment ini cukup sederhana sebagai berikut:
  • Siapkan file sketchup berisi rancangan Anda, apakah itu rancangan rumah, interior design, kursi, meja, dan sebagainya
  • Export file tersebut kedalam ekstensi .obj atau DAE atau .stl
  • Bundel dalam file zip dengan contoh file .zip yang bisa didownload melalui augmentedev.com
  • upload file .zip tersebut
  • buka file melalui aplikasi Augment, untuk membukanya Anda harus menyiapkan misalnya cover majalah untuk menjadi ‘tracker’ atau dasar untuk model 3D Anda
  • Anda bisa mengubah ukuran dan letak benda sesuai dengan ruangan yang ada.

Bagi Anda yang ingin melihat apakah suatu benda bisa cocok dalam ruangan Anda, bisa mencari model yang serupa di www.sketchup.google.com/3dwarehouse/ dan membuat simulasinya melalui Augment. Dengan cara yang sama, pembuat produk seperti desainer interior, pembuat furniture atau produk lainnya dapat menggunakan aplikasi ini untuk memperlihatkan kepada calon pembeli tentang bentuk dan dimensi barang yang akan dijual tanpa harus membawa barang ketika presentasi.

______________________________
by Probo Hindarto
© Copyright 2012 astudio Indonesia.
All rights reserved.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s