Wawancara tentang prospek desain kafe dan resto dengan tabloid Peluang Usaha


astudioarchitect.com Kafemu.com adalah penyedia layanan pembuatan interior design untuk kafe dan resto, serta dapat memberikan layanan pembuatan interior dan furniturenya di area Jawa Timur, kebetulan tabloid Peluang Usaha tertarik untuk mewawancarai Probo Hindarto dari astudio.

 Menurut Bapak, seperti apa prospek produk perabot usaha kuliner ke depan? apakah juga besar peluangnya di daerah tidak hanya di kota besar? Prospeknya sangat baik, karena membaca situasi dalam masyarakat dan dunia bisnis dimana bisnis makanan merupakan salah satu bisnis yang paling berkembang, dan kebutuhan masyarakat akan tampilan dan suasana resto atau kafe yang lebih tinggi dari sebelumnya, dalam arti masyarakat makin menyukai bukan hanya makan saja, namun juga suasana yang nyaman yang tentunya ditunjang oleh furniture yang direncanakan dengan baik.

<!– google_ad_client = "pub-6839243879103232"; /* astudio post 468×15, created 20/05/10 */ google_ad_slot = "2860787264"; google_ad_width = 468; google_ad_height = 15; //

Produk perabot kafe dan resto apakah memiliki ciri khusus dibandingkan perabot selain kafe dan resto? Meskipun tidak semuanya, kadang kafe dan resto dirancang dengan konsep keluarga atau berkelompok yang membutuhkan rancangan misalnya furniture meja kursi yang berkelompok atau menyatu seperti sofa melingkar dengan bilik-bilik. Ada banyak pula kafe dan resto yang memiliki penataan yang memang ditujukan untuk pengunjung jenis tertentu misalnya pasangan, grup anak muda, grup keluarga, dan sebagainya. Furniture kafe dan resto biasanya juga memiliki area khusus display dan kasir yang harus ditata dengan cukup menarik.




Kreasi desain perabot untuk kafe dan resto yang unik dan diminati pengunjung saat ini trennya seperti apa?Saat ini tren yang paling diminati adalah menciptakan cluster dan grup pengunjung yang ditata dengan pencahayaan dan background yang terlihat cozy. Desain furniture kafe dan resto tidak lagi tren untuk menggunakan meja kursi yang biasa karena pengunjung saat ini lebih menyukai kafe resto yang menyajikan suasana berbeda.

<!– google_ad_client = "pub-6839243879103232"; /* astudio post 200×200, created 20/05/10 */ google_ad_slot = "3926784136"; google_ad_width = 200; google_ad_height = 200; //
Bapak sendiri apakah membuat produk perabot kafe dan resto dengan bahan dan desain yang masih jarang dijumpai di pasaran? Kami di kafemu.com dan astudio sering diminta untuk mendesain perabot kafe dan resto yang disesuaikan dengan minat dan karakter pengunjung kafe resto. Material yang kami gunakan dalam desain dan implementasinya banyak yang sama dan bukan sesuatu yang berbeda, namun dalam desain yang kami rancang akan memberikan hasil dan suasana berbeda dari penataan, material, pencahayaan, maupun dekorasinya. Dalam hal ini desain yang merupakan sesuatu karakter unik yang ingin kami kejar dalam desain kafe dan resto.

Biasanya harga jual dari perabotan kafe dan resto dengan desain kreatif ini apa lebih mahal dibandingkan desain standar? Desain ini tidak lebih mahal secara rata-rata karena desain kreatif pada dasarnya sama dengan desain dan implementasi pada perabot biasa untuk rumah tinggal, yang membedakan adalah tingkat kerumitan desainnya. Makin rumit biasanya memang makin mahal bila membutuhkan material dan pengerjaan yang lebih rumit, atau misalnya ada hal lain seperti pemakaian wallpaper (harganya bervariasi), display makanan dan meja bar, desain plafon dan sebagainya.

Apakah untuk memulai usaha ini perlu merekrut ahli desain perabot? Memulai usaha ini memerlukan desainer interior yang menguasai desain perabot secara mendetail. Detail ini diperlukan untuk mendukung desain kafe dan resto secara keseluruhan. Kita tidak bisa mendesain kafe dengan per bagian saja, harus semua didesain secara menyeluruh dan memiliki tema, mulai dari pemilihan bentuk dan material perabot, pencahayaan, plafon, dekorasi dinding, pemilihan material lantai, dan sebagainya. Tentunya sangat diperlukan desainer interior dan bila perlu ahli khusus desain resto dan kafe. Kebetulan di studio kami yaitu astudio berbasis arsitektur jadi tidak ada masalah berarti.

Segmen pasar sebaiknya kelas  menengah atas atau bawah? Untuk pangsa pasar kami tentunya adalah kelas menengah keatas, karena biasanya memang kafe dan resto yang didesain ada dan ditujukan untuk pasar pengunjung kelas menengah keatas juga. Kelas bawah biasanya dapat juga didesain namun apabila pengunjung dari kelas bawah, seringkali dikuatirkan biaya pengadaan interior akan melebihi ekspektasi dari pendapatan sehingga break event pointnya jadi lama.

Bagaimana strategi untuk memasarkan produk ini dan apa bersaing ketat dengan produk perabot impor seperti produk bermerek Ikea? Kami saat ini hanya mengandalkan dari website, facebook dan media lainnya atau dari mulut ke mulut. Untuk sampai seperti produk merk besar seperti Ikea memang merupakan suatu impian yang akan kami kejar tidak hanya untuk desain dan produk interior kafe dan resto, namun produk lainnya seperti bedset, set ruang tamu, maupun barang kecil-kecil seperti meja kursi yang tidak umum dan masih jarang dijual di toko furniture biasa.

Menurut anda persaingan usaha ini sudah ketat belum dan prospeknya bagaimana? Persaingan dalam usaha interior design dan pengadaan ini sudah cukup ketat meskipun entry barriernya tinggi, karena banyak dipasok juga oleh produk membanjir dari Cina, misalnya. Namun dengan memberikan produk berkualitas dan menjaring pasar tertentu dengan produk yang didesain khusus secara kreatif, akan dapat mengisi suatu gap yang akan membuat usaha ini akan tetap hidup.

______________________________
by Probo Hindarto
© Copyright 2012 astudio Indonesia.
All rights reserved.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s