[DIY] Merefurbish meja dan kursi lama dengan gaya rustic


astudioarchitect.com Belakangan ini, banyak orang mulai melirik lagi benda-benda tua karena dinilai membawa memori dan juga keindahan yang unik. Seperti juga meja unik dengan kesan rustic ini bisa memberi kita inspirasi bila kebetulan memiliki ‘bahan’ yang sama. DIY atau Do It Yourself project semacam ini makin lazim karena terdapat banyak mesin yang dijual di pasaran dan bila kita bisa membuat sendiri, akan menimbulkan sebuah perasaan bangga dan lain. Mari kita simak bagaimana cara membuat meja dengan gaya rustic ini.

<!– google_ad_client = "pub-6839243879103232"; /* astudio post 468×15, created 20/05/10 */ google_ad_slot = "2860787264"; google_ad_width = 468; google_ad_height = 15; //

Kita bisa memulai dengan sebuah meja lama dari orangtua atau kakek nenek, atau kebetulan ada di penjual loakan. Seperti meja ini sudah dipakai lama sebagai meja kerja yang dipaku, terkena gores, tumpahan cat, dan sebagainya. Pemiliknya ingin merestorasi meja ini menjadi meja kursi yang antik.

Langkah pertama:

ambil sebuah meja tua dan kursi tua yang akan dipermak ulang. Kondisinya akan menentukan berapa lama kita membersihkannya. Maka bersihkan dahulu meja dan kursi tersebut menggunakan amplas atau mesin amplas.

<!– google_ad_client = "pub-6839243879103232"; /* astudio post 200×200, created 20/05/10 */ google_ad_slot = "3926784136"; google_ad_width = 200; google_ad_height = 200; //
Langkah kedua:
cat bagian bawah meja dan kursi dengan cat yang Anda inginkan. Dalam contoh ini bagian bawah mebel dicat dengan warna putih.

Langkah ketiga:

amplas bagian atas meja (Anda bisa menggunakan mesin amplas (sander) bila memilikinya, di pasaran banyak mesin amplas yang dijual misalnya dengan merek Bosch, Makita, Metabo, Krisbow, dan sebagainya). Langkah ini memerlukan beberapa tahapan yaitu kertas amplas no 60, no 80 dan no 120. Tujuan dari amplas ini adalah menghilangkan cat atau politur sebelumnya, menghaluskan bekas lubang, dan sebagainya serta menghadirkan tampilan yang antik.

Langkah keempat:

buat aneka tulisan atau gambar yang Anda inginkan. Dalam contoh ini dibuat tulisan-tulisan dengan teknik ‘stensil’ yaitu membuat cetakan cat semprot dengan kertas yang dilubang-lubangi sesuai pola tulisan. Anda juga bisa menggunakan teknik lukis untuk menggambar sesuai keinginan.

Langkah kelima: 

aplikasikan politur diatas permukaan meja. Kita bisa mengulangi politur apabila menginginkan kesan lebih gelap dan lebih halus.

Meja dan kursi ini cukup sesuai untuk diletakkan dirumah Anda sebagai meja makan atau meja kerja, plus rasa bangga dan puas bahwa kita sudah membuatnya sendiri. Selamat mencoba!

——————————————————————–

via twichel04 under creative commons lisence

______________________________
by Probo Hindarto
© Copyright 2012 astudio Indonesia.
All rights reserved.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s