Desain rumah dengan material yang terkesan membumi


astudioarchitect.com Desain rumah Bapak Vebi dan Ibu Mira yang merupakan pasangan komikus ini kami buat baru-baru ini, dan merupakan desain yang unik dengan proses yang unik pula. Dengan kemampuan grafisnya kami diberikan beberapa sketsa tangan berupa denah yang bisa kami kembangkan, dan dari sketsa tersebut kami juga mengembangkan ide desain yang agak berbeda. Di atas merupakan salah satu alternatif tampilan bangunan yang kami proposalkan melalui proses konsultasi desain.

<!– google_ad_client = "pub-6839243879103232"; /* astudio post 468×15, created 20/05/10 */ google_ad_slot = "2860787264"; google_ad_width = 468; google_ad_height = 15; //

Gambar diatas merupakan perspektif proposal salah satu alternatif desain denah yang kami ajukan, dimana klien membutuhkan desain rumah dengan dua kamar tidur dan satu ruang kerja seorang komikus. Bagian depan juga didominasi oleh teras depan yang berfungsi ganda sebagai ruang tamu semi terbuka yang dibatasi oleh dinding semi transparan dari rangka besi dan polycarbonate. Di bagian depan disebelah ruang kerja juga ada sebuah musholla yang tampaknya merupakan ruang yang cukup penting bagi keluarga ini sebagai desain rumah yang berwawasan Islam. 

<!– google_ad_client = "pub-6839243879103232"; /* astudio post 200×200, created 20/05/10 */ google_ad_slot = "3926784136"; google_ad_width = 200; google_ad_height = 200; //
Terdapat beberapa alternatif desain yang didapatkan dari mengobrol dengan cukup intens dengan calon penghuni rumah, yang merupakan rumah yang akan dibangun secara bertahap sehingga perlu dirumuskan bagian mana yang akan dibangun dahulu. Dari segi sensasi ruang dan estetika, kami mengambil unsur-unsur dari arsitektur vernakular seperti penggunaan tembok tanpa acian atau dengan acian namun tanpa cat. Hal ini agar rumah dekat dengan mereka yang hadir di jalan atau tamu dengan model estetika yang membumi tanpa terkesan ‘ingin menunjukkan’, merupakan sesuatu yang kami tangkap dari pembicaraan dengan calon penghuni rumah yang kami coba tuangkan dalam desain ini.

Gambar diatas merupakan desain salah satu sudut rumah berupa desain dapur, ruang makan dan ruang TV yang cukup praktis, diadaptasi dari gaya ‘warung’ dengan model furniture kaki lima. Diharapkan dengan desain yang unik ini mengenalkan anak kepada budaya disekitar dan juga memberikan nuansa yang berbeda dari sebuah rumah.

______________________________
by Probo Hindarto
© Copyright 2012 astudio Indonesia.
All rights reserved.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s