[DIY] Cara membuat kursi beton sendiri – proyek akhir pekan


astudioarchitect.com [DIY] Membeli kursi ‘stool’ mungkin bisa kita lakukan kapan saja di toko furniture dengan memilih yang terbaik dan paling pas dengan kantong. Namun membuat sendiri sebuah stool? Tutorial proyek DIY ini akan memberikan wawasan bagi kita untuk project weekend yang menyenangkan untuk dilakukan. Stool ini merupakan beton yang kita cetak sendiri menggunakan sebuah ember dengan kaki-kaki dari kayu.

<!– google_ad_client = "pub-6839243879103232"; /* astudio post 468×15, created 20/05/10 */ google_ad_slot = "2860787264"; google_ad_width = 468; google_ad_height = 15; //

Hal yang harus kita siapkan adalah seperti gambar diatas, yaitu mortar instan yang bisa dibeli di depo bangunan atau toko material. Mortar instan (concrete mix) merupakan campuran semen dan pasir yang siap dicampur dengan air untuk mendapatkan beton yang akan menjadi bagian atas kursi.

Bahan selanjutnya adalah sebuah ember dengan bagian dasar yang ada sedikit lengkungan, tiga batang kayu untuk kaki kursi, pipa potongan untuk akhiran kaki kursi, dan air.

<!– google_ad_client = "pub-6839243879103232"; /* astudio post 200×200, created 20/05/10 */ google_ad_slot = "3926784136"; google_ad_width = 200; google_ad_height = 200; //
Ukur dan potong batang kayu dengan ukuran sekitar 40cm.

Pastikan ember dalam keadaan bersih dan kering, sebelum menuangkan mortar instan dan mengaduk 6-7cm campuran mortar dan air. Hati-hati agar air tidak berlebihan yang akan membuat beton menjadi lunak dan pecah. Secara menyeluruh campurkan campuran mortar instan dan air dengan kepekatan seperti adonan kue. 

Campuran beton biasanya memiliki gelembung-gelembung udara. Getarkan ember agar gelembung-gelembung naik keatas dan pecah.

Masukkan kaki-kaki kursi kedalam campuran sekitar 3cm kedalam campuran.

Bengkokkan dan tekan-tekan pinggiran ember untuk melepaskan beton, dan bila sudah lepas maka kursi bisa diangkat. 
Beton masih sedikit basah dan masih enak untuk diampelas. Langkah selanjutnya adalah mengampelas dengan menggunakan amplas 120 grit. 
Celupkan kaki kursi dalam wadah berisi cat dengan tinggi cat yang diinginkan untuk kaki kursinya. Ini akan menambahkan keawetan dan memberikan kesan yang lebih estetis. 
Tutup dari pipa tembaga bisa ditambahkan bila kursi kurang seimbang, tutup pipa ini bisa didapatkan dari toko perlengkapan furniture atau membuat sendiri dari pipa atau semacamnya. 
Berbagai stool unik bisa kita buat dengan cara diatas. Berminat untuk mencoba weekend ini?
———————————————————————–

______________________________
by Probo Hindarto
© Copyright 2012 astudio Indonesia.
All rights reserved.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s