Street furniture atau furniture jalan


astudioarchitect.com Street furniture atau furniture jalanan merupakan jenis furniture outdoor yang digunakan biasanya sebagai fasilitas umum misalnya tempat duduk, pagar, lampu jalan, shelter atau tempat berteduh, telepon umum, penanda jalan, dan sebagainya. Semua furniture jalan atau street furniture ini membutuhkan perhatian khusus dari pemerintah dan masyarakat yang menggunakannya. Saat ini dinegara kita banyak street furniture yang kurang terjaga maupun kurang lengkap. Tempat sampah kurang banyak disediakan sehingga banyak orang cenderung membuang sampah sembarangan diiringi dengan kesadaran yang masih rendah.

<!– google_ad_client = "pub-6839243879103232"; /* astudio post 468×15, created 20/05/10 */ google_ad_slot = "2860787264"; google_ad_width = 468; google_ad_height = 15; //

Street furniture biasanya dibiarkan kurang terawat sehingga banyak yang tidak layak lagi digunakan. Street furniture yang baik sebaiknya slalu dirawat dan dijaga dari berbagai kerusakan yang bisa terjadi. Street furniture sebaiknya disediakan bagi masyarakat umum secara luas dan tidak hanya digunakan untuk pengguna tertentu saja misalnya didepan bangunan mall atau perkantoran khusus tetapi juga harus disediakan untuk tempat tempat lainnya sebagai pelayanan kepada masyarakat.

Street furniture yang baik biasanya didesain oleh arsitek landscape dan diimplementasikan didalam pengaturan tata kota secara menyeluruh dan konsekuen, mulai dari desain, instalasi, manajemen hingga maintenance memerlukan strategi agar street furniture bisa terjaga fungsi dan kondisinya. Ini mengharuskan partisipasi dari berbagai pihak yaitu pemerintah kota, masyarakat sekitar dan pengguna jalan yang masing masing tidak berkaitan langsung tetapi memiliki dampaknya terhadap keberlanjutan fasilitas ini. Berbagai hal yang harus dilakukan untuk mempertahankan street furniture agar tetap berguna antara lain:

<!– google_ad_client = "pub-6839243879103232"; /* astudio post 200×200, created 20/05/10 */ google_ad_slot = "3926784136"; google_ad_width = 200; google_ad_height = 200; //
  • Bersihkan dari sampah dan hal hal yang mengganggu seperti coretan dan lakukan banyak cara untuk mencegah pengrusakan terhadap fasilitas umum.
  • Mendesain ruang ruang publik sehingga fungsinya menjadi jelas bahwa fasilitas umum adalah milik umum dimana terdapat pagar tetapi juga terdapat akses yang baik sehingga memperbaiki dan memperjelas perbedaannya dengan fasilitas lain seperti jalan umum
  • Apabila letaknya agak tersembunyi, fasilitas umum memerlukan penanda jalan atau petunjuk agar dapat terlihat dengan baik oleh calon penggunanya.
  • Mendesain fasilitas publik dan steet furniture yang komprehnsif dan dikoordinaskan secara startegis untuk berbagai fasilitas publik sehubungan dengan bangunan, landscape dan area areanya.
  • Desain yang baik dapat meningkatka nilai dari fasilitas publik tersebut

Karya seni dan Sculpture
Karya karya seni dapat dimasukkan sebagai penanda untuk ruang publik yang menarik. Patung patung, sculpture, da sebagainya dapat ditempatkan diruang publik dimana orang bisa menikmatinya dengan duduk, berdiri dan berjalan pada fasilitas fasilitas yang sudah disediakan, misalnya trotoar, tempat duduk, dan sebagainya. Seni dan istalasi ini juga bisa menjadi suatu penanda yang dapat meningkatkan kualitas lingkunga dan kota secara keseluruhan (sebagai landmark).

Penanda
Penanda diperluakan untuk memberikan petunjuk bagi pengguna jalan, Pejalan kaki, dan pengguna fasilitas publik yang lain. Penanda jalan atau signage seperti penunjuk arah, petunjuk fasilitas, petunjuk toilet, petunjuk tangga, petunjuk taman dan sebagainya akan membantu pengguna berbagai fasilitas dalam kota sehingga menjadikan kota lebih bersahaabat. Penanda ini perlu didesain juga dimana letaknya, jarak-jaraknya dan memberikan petunjuk apa kepada masyarakat. Membuat struktur signage lebih baik dengan meminimalkan petunjuk arah terlebih kepada hubungannya dengan arah lalu lintas dan kontrol.

Pencahayaan buatan
Pencahayaan buatan biasanya dibuat untuk menerangi jalan namun tidak hanya itu juga bisa membuat kota leb ih cantik. Pencahayaan sebaiknya dibuat dengan skala yang tepat misalnya berapa titik yang diperlukan dan berapa kuat pencahayaannya. Pencahayaan yang baik tidak terlalu terang dan juga tidak terlalu gelap. Pencahayaan buatan untuk jalan bisa dibuat dengan menempatkan lampu lampu jalan, kadang kadang bisa ditempelkan pada bangunan demikian juga sebagai lampu untuk memberikan pencahayaan pada bangunan sehingga tampil lebih estetik dan memiliki bentuk yang lebih tiga dimensional. Hal ini akan meningkatkan persepsi terhadap tempat dan secara dramatis akan meningkatkan kesan landscape pada malam hari.

______________________________
by Probo Hindarto
© Copyright 2012 astudio Indonesia.
All rights reserved.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s