Jenis pencahayaan yang tepat untuk meningkatkan desain interior


astudioarchitect.com Pencahayaan buatan dibuat dari penataan lampu lampu baik didalam maupun diluar ruangan untuk meningkatkan kualitas persepsi kita terhadap sebuah ruangan. Persepsi ruang akan lebih baik bila pencahayaannya cukup, misalnya kita bisa lebih mengerti berapa besar ruang dan letak benda benda didalamnya agar bisa digunakan dengan baik seperti meja kursi dan sebagainya. Pencahayaan yang baik akan meningkatkan kualitas ruang dan salah satu elemen interior yang paling berpengaruh.

<!– google_ad_client = "pub-6839243879103232"; /* astudio post 468×15, created 20/05/10 */ google_ad_slot = "2860787264"; google_ad_width = 468; google_ad_height = 15; //

Pencahayaan buatan bisa dipakai untuk memperkuat suatu elemen misalnya hiasan dinding atau ruang duduk, dan sebagainya. Pencahayaan akan memperkuat atau memperlemah keberadaan berbagai benda didalam ruangan. Pencahayaan juga bisa memperkuat fungsi ruang serta efisiensi dalam penggunaannya.

<!– google_ad_client = "pub-6839243879103232"; /* astudio post 200×200, created 20/05/10 */ google_ad_slot = "3926784136"; google_ad_width = 200; google_ad_height = 200; //
Akan lebih mudah bagi kita untuk mengerti tentang pencahayaan dan cara menggunakannya untuk mengubah kesan ruangan menjadi lebih baik. Terdapat tiga tipe pencahayaan yang umum yaitu General lightning (umum), Lokal / setempat, serta decorative lighting. Banyak ruangan tergantung dari fungsinya sebaiknya memiliki kombinasi dari beberapa jenis pencahayaan. Pencahayaan yang general (umum) bisa ditambahkan dengan pencahayaan khusus.


Background lighting / Pencahayaan umum
Pencahayaan yang umum akan memberikan pencahayaan yang merata untuk sebuah ruangan. Biasanya merupakan lampu atau kumpulan lampu yang diletakan ditengah ruangan untuk menerangi keseluruhan ruangan, misalnya lampu gantung atau lampu tempel ditengah ruangan.


Pencahayaan lokal / task lighting
Pencahayaan jenis ini diperuntukkan menerangi suatu bagian ruangan agar tampil lebih terang dibandingkan bagian ruangan yang lain, dimana dalam sebuah ruangan bisa terdapat satu, dua atau lebih bagian ruangan yang ingin lebih ditonjolkan dengan pencahayaan buatan, misalnya area duduk, area kitchen set, dan sebagainya. Bagian rumah dengan fungsi yang khusus seperti kitchen set, area laundry atau area bekerja akan dapat digunakan dengan baik bila terdapat pencahayaan lokal. Cahaya bisa berasal dari lampu neon, LED, downlight untuk sebuah area, dan sebagainya.


Decorative lighting / Accent lighting
Jenis pencahayaan ini bisa digunakan untuk membawa perhatian pada suatu area yang diinginkan agar lebih dramatis. Jenis lampu (fixture) yang digunakan biasanya merupakan lampu spot yang diarahkan langsung kepada sebuah obyek seperti hiasan dinding atau patung hiasan.

Pencahayaan yang baik akan memberikan efek yang tepat untuk ruangan kita.

______________________________
by Probo Hindarto
© Copyright 2012 astudio Indonesia.
All rights reserved.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s