Harmoni dalam karya desain arsitektur dan desain interior


astudioarchitect.com Adakalanya sebuah benda terlihat begitu indah seperti vas bunga mungil diatas meja makan, yang indah karena bentuknya sesuai dan alami. Batuan terlihat begitu ramah sebagai pelapis dinding, karena bentuknya yang alami dan membumi. Bentuk rumah juga mencerminkan kesan tertentu, misalnya kesan modern, etnik, dan sebagainya.

//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Harmoni merupakan kombinasi yang indah dari berbagai unsur, karena pada dasarnya desain rumah adalah gabungan dari berbagai unsur. Dinding, lantai, plafon, atap, jendela, pintu, tangga dan sebagainya adalah unsur-unsur yang menyatu dalam harmoni. Harmoni laksana musik yang indah, adalah gubahan unsur-unsur yang menyentuh perasaan kita akan keindahan. Akibatnya kita merasa senang, gembira, terpesona dengan penampilan sebuah rumah. Harmoni dari berbagai unsur dapat menghadirkan citarasa yang menyenangkan, dan hasilnya; melakukan apapun didalam ruangan itu jadi terasa menyenangkan.

Ruangan dimana terasa ‘harmoni’ meskipun sederhana dan tidak dibuat-buat, adalah kesan yang sangat menyenangkan dari sebuah ruang rumah tinggal. Tidakkah kita menginginkan ruang hidup terindah dalam rumah kita?

//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
Misalnya, ketika kita menginjakkan kaki didalam sebuah ruang tamu yang harmonis, mungkin kita merasa sangat nyaman didalamnya. Ruang tamu tersebut barangkali sebuah ruang sederhana saja, dengan hiasan lukisan, beberapa hiasan dalam ambalan dinding, dan warna ruang yang hangat dan bersahabat. Nampaknya, ruang tersebut dapat memberikan suasana nyaman dan gembira, setidaknya ukurannya Anda jadi merasa betah didalamnya! Ibu-ibu dan kaum hawa sering mengalami hal ini, misalnya berada di dapur yang terkesan hangat, dengan tatanan dapur yang indah dan cantik, bersama seorang kenalan mengadakan acara memasak bersama secara spontan.

Merancang rumah yang memiliki harmoni

Harmoni dalam desain rumah atau ruangan (terlebih yang masih dirancang) membutuhkan imajinasi yang cukup tinggi. Bila kita memiliki ide menarik akan bentuk bangunan atau tatanan ruangan tertentu, sebaiknya dituangkan dahulu dalam bentuk rancangan gambar, atau sketsa, yang berguna membantu kita mengetahui lebih dahulu secara visual hasil bangunan atau ruangan bila dibangun. Dalam menuangkan ide, kita bisa dibantu oleh alat-alat, seperti secarik kertas dan pensil, atau sebuah komputer dengan software khusus seperti AutoCAD, Corel, atau Sketchup.

Untuk bekerjasama dengan seorang arsitek ketika membuat rancangan rumah kita, referensi tentang berbagai jenis, tipe, gaya rumah dapat membantu untuk membicarakan keinginan kita. Menunjukkan gambar-gambar desain dapat membantu proses desain arsitek. Jangan lupa biarkan arsitek menuangkan berbagai ide dengan diberi waktu yang cukup.

______________________________
by Probo Hindarto
© Copyright 2012 astudio Indonesia.
All rights reserved.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s