Desain Rumah dua lantai sederhana


astudioarchitect.com Desain ini untuk pemilik yang ingin membangun rumah diatas lahan yang sudah ada bangunannya, tapi bangunan lama akan dirobohkan diganti yang baru. Ada beberapa hal yang disampaikan oleh pemilik yaitu rumah sebaiknya terang dan bentuknya ‘sederhana’ saja, dengan carport dari cor beton. Agak susah untuk menebak ‘sederhana’ dan kemudian membuat desain yang benar-benar seperti yang diharapkan klien. Namun dengan dijelaskan ciri-ciri rumahnya misalnya memakai tembok biasa dan terbersit kata ‘minimalis’, maka dengan cepat saya cukup menangkap maksudnya. Dalam hal ini desain saya buat dengan memakai material tembok pada sebagian besar rumahnya dengan sedikit aksen batu alam.

Desain mengalami dua kali pergantian desain, dimana awalnya desain denah diberikan oleh pemilik. Denah awal yang diberikan pemilik dirasakan oleh arsitek bisa membuat ruang keluarga menjadi gelap karena terasa memaksakan adanya ruang kamar tidur tambahan di bagian bawah. Sehingga disarankan untuk membuat kamar tidur di lantai atas.

Gambar desain semula yang dibuat sesuai sketsa pemilik ternyata dirasa kurang sesuai sehingga ada bagian yang dirubah dan menjadi dua lantai. 

//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
Setelah menggunakan saran tersebut, desain bangunan berubah dari denah dan bentuk bangunannya sehingga menjadi lain dari desain semula. Desain yang awalnya direncanakan satu lantai, dari mengobrol ternyata jadi dua lantai karena ternyata pemilik memiliki peliharaan burung yang cukup banyak sehingga bila diletakkan di lantai 1 dirasa akan memengaruhi kehidupan sehari-hari. Tempat meletakkan koleksi burung akhirnya disepakati untuk diletakkan dilantai atas belakang. Demikian juga dengan peralatan olahraga yang dimiliki oleh pemilik, dirasa tepat bila diletakkan diruangan serbaguna di lantai 2

______________________________
by Probo Hindarto
© Copyright 2012 astudio Indonesia.
All rights reserved.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s