Prinsip mendesain: Simetri dan Asimetri dalam rancangan ruang


astudioarchitect.com Bentukan dari berbagai unsur disebut komposisi. Komposisi yang baik menghasilkan harmoni yang baik. Membuat komposisi yang baik barangkali seperti membuat adonan roti yang enak, dimana bahan-bahan dan bumbunya dalam takaran pas. Dalam menata ruang misalnya, perlu diperhatikan beberapa karakter komposisi.

Photo by Decor8, CC lisence. 

//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Simetri
Merupakan tatanan komposisi yang seimbang, biasanya kanan dan kiri. Tatanan simetri menimbulkan perasaan tenang dan berwibawa, karenanya banyak dipakai untuk tatanan ruang-ruang formal seperti dalam ruang pemerintahan. Tatanan simetri bila dipakai dalam ruangan rumah tinggal, dapat menimbulkan suasana yang formal, misalnya seperti dalam rumah-rumah bergaya arsitektur klasik.

Tatanan sebuah ruang makan yang simetris atau seimbang. Disini memang tidak seluruhnya simetris, namun secara keseluruhan memiliki tatanan simetris yang terlihat cukup formal. (foto; Probo Hindarto. Lokasi; rumah di Puncak Tidar. Arsitek; Yoyok Sudibyo)

Sesuatu yang simetris sering menimbulkan kesan tertata rapi dan protokoler. Dalam ruang-ruang seperti ruang tamu, ruang makan dan ruang keluarga, tatanan simetri juga dapat menimbulkan kesan tenang yang membuat anggota keluarga dan tamu bersikap lebih hati-hati. Karenanya tatanan simetris seperti ini digunakan, misalnya pada waktu jamuan makan malam yang formal dan sopan.

Pada tampilan sebuah rumah tinggal, tatanan simetris biasa digunakan untuk rumah-rumah bergaya klasik atau Mediterania. Hal ini karena dari unsur gaya yang diusung dari tempat asalnya di Eropa seringkali menggunakan tatanan simetris. Gaya arsitektur modern atau minimalis tidak banyak menggunakan tatanan simetris, karena bentuk-bentuk yang digunakan lebih bebas.

Tatanan simetris pada tampilan rumah tinggal mengesankan kesan yang sama yaitu formalitas dan keseimbangan. Bentuk simetris semacam ini menunjukkan kesan wibawa yang besar, karenanya sesuai bagi mereka yang menginginkan kesan mewah dan glamour.

//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
Bentukan dari berbagai unsur disebut komposisi. Komposisi yang baik menghasilkan harmoni yang baik. Membuat komposisi yang baik barangkali seperti membuat adonan roti yang enak, dimana bahan-bahan dan bumbunya dalam takaran pas. Dalam menata ruang misalnya, perlu diperhatikan beberapa karakter komposisi.

Asimetris

Tatanan komposisi asimetris digunakan untuk kesan yang lebih dinamis dan bebas, dan merupakan lawan dari simetris. Arsitektur modern hampir selalu menggunakan tatanan asimetris atau tidak simetris dalam menata ruang-ruang maupun dalam menampilkan façade. Biasanya komposisi asimetris mengandung unsur seni dari gubahan massa. Misalnya; penataan perabot yang asimetris membutuhkan perasaan yang peka terhadap komposisi (penataan ruang).

Penataan hiasan dinding yang asimetris memerlukan kepekaan terhadap citarasa seni, sehingga menimbulkan komposisi yang menarik untuk dilihat.

Ketika tidak ada unsur simetri atau keseimbangan, maka yang muncul adalah asimetri. Disini gubahan bentuk dan bagaimana komposisi dari masing-masing unsur membentuk kesan ruangan.
(grafik 3D oleh astudio, proyek rumah di Bekasi)

Penampilan rumah dengan komposisi asimetris juga memiliki efek dinamis, karena unsur-unsur seperti garis, bidang dan massa ditata dengan bebas. Inilah mengapa bangunan-bangunan modern untuk resort biasanya ditata dengan pendekatan modern yang bebas dan dinamis, karena mencerminkan jiwa yang merdeka. Hal ini juga ditunjang oleh berkembangnya berbagai jenis material baru sehingga banyak sekali kemungkinan material dapat digunakan untuk membuat bentuk-bentuk baru.

Mendesain ruangan dengan komposisi simetris dan asimetris

Agar ruangan lebih dinamis, tatalah dengan komposisi asimetris. Komposisi asimetris menimbulkan kesan berjiwa muda dan bebas. Untuk dinding kosong dalam rumah, berbagai pernak-pernik dapat ditata dengan komposisi asimetris untuk menambah daya pikat seninya. Gunakan feeling (perasaan) saat menata dekorasi berbagai pernak-pernik dalam rumah sehingga terkesan indah. Mari kita simak dua contoh ruangan yang sama dengan komposisi yang berbeda.

______________________________
by Probo Hindarto
© Copyright 2014 astudio Indonesia.
All rights reserved.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s