Bali by Design – 25 Contemporary Houses [buku]


astudioarchitect.com Bali, pulau yang menjadi tujuan wisata di Indonesia dengan turis dari berbagai negara, patut untuk disimak perkembangannya, terutama dari segi pembangunan dan desain rumah-rumah modernnya. Buku ini menyajikan perkembangan terkini dari desain villa dan rumah modern di Bali yang banyak dimiliki para ekspatriat, yang memiliki dana untuk membeli dan membangun di Bali. Meskipun tidak selalu berupa desain yang mengadaptasi ciri bangunan lokal, namun terdapat banyak aspek desain yang berciri khas resort, sesuai dengan semangat Bali.

//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Terlepas dari aspek negatif yang ditimbulkan oleh pembangunan, memang Bali selalu menjadi magnet yang membius, mengundang orang untuk datang dan menikmatinya. Simak buku ini dengan sedikit pengantar yang sudah dibahasakan berikut ini:

//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
THE NEW BALI 

Bagi pengunjung pertama datang, pengunjung yang kembali, orang-orang yang telah membuat Bali rumah mereka, dan orang Bali sendiri, tidak dapat disangkal perubahan yang cepat yang terjadi di pulau ini dalam beberapa tahun terakhir. Apa yang dulu romantis, liburan berbudaya dengan sawah dan candi yang mendominasi telah bertransformasi menjadi sebuah sodoran metropolis, terutama di daerah selatan yang berkembang. Lambatnya kehidupan Bali-dalam kehidupan wisata dan pusat-pusat perumahan pula-adalah sesuatu dari masa lalu.

Seperti semua perubahan, ada positif dan negatifnya. Peningkatan kemakmuran tentu adalah nilai lebih; kemacetan lalu lintas, polusi dan pembangunan yang tidak direncanakan adalah pengingat yang menyedihkan dari biaya “kemajuan”. Namun, di antara kekacauan, Anda masih dapat menemukan lanskap yang kaya dan budaya yang telah menarik pengunjung selama berabad-abad. Hal ini terus menarik orang luar-banyak dari mereka membangun rumah yang luar biasa.

Setelah satu tahun penelitian, kami telah sampai pada kesimpulan bahwa merek Bali masih kuat seperti biasa. Karena pulau ini menyambut baik, orang-orang adalah beberapa yang paling indah di planet ini, iklim yang menyehatkan, ekonomi investasi asing terus meningkat, tumbuh dan berkembang biak. Semakin banyak orang luar-dari Australia, bagian lain di Asia, Eropa dan bahkan Amerika-membuat Bali rumah mereka, dan banyak lagi berinvestasi di vila-vila yang cocok untuk pasar sewa liburan.

Untuk sebagian besar, buku ini berkonsentrasi pada rumah, meskipun ada satu atau dua hotel juga. Hampir semua baru dibangun tempat tinggal. Kami menganggap mereka krim dari tanaman, wakil dari arah arsitektur baru yang menarik bahwa Bali adalah saksi, namun tidak berarti norma.

Kami telah meninggalkan Villa bertingkat, perkebunan, pita perkembangan, kondominium kecil; kami menampilkan hanya yang sangat high-end, bersifat inovatif. Beberapa diantaranya di pedesaan-laut, di bukit-bukit, menghadap sawah-tetapi banyak yang di daerah berkembang yang semakin umum.

———-

Gaya, Substansi dan Keberlanjutan

Jadi apa perubahan besar dalam arsitektur dan desain di Bali? Pertama, peningkatan tingkat kecanggihan yang semakin dicari-dan disediakan. Pekerjaan-tangan selalu menjadi salah satu kekuatan Bali, tetapi lebih sering ada bila dikatakan tidak tetap dalam vernakularnya. Sekarang, kita lihat penyelesaian high-end furniture dan artefak, serta penyelesaian permukaan mengkilap dan bahan bangunan. Peralatan dapur modern yang diimpor, pengetahuan teknis dalam pencahayaan, pipa dan ventilasi, bahan-semua kualitas yang tinggi menjadi tersedia di Bali.

http://books.google.co.id/books?id=8I_QAgAAQBAJ&lpg=PT28&dq=%22indonesian%20architect%22&pg=PP1&output=embed

______________________________
by

Arsitek Probo Hindarto
© Copyright 2014 astudio Indonesia.
All rights reserved.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s