Bagaimana Rumah di Masa Depan?


astudioarchitect.com Bagaimana kehidupan di masa depan? Banyak orang dan ilmuwan berusaha untuk menjawabnya dengan membuat prediksi melalui teknologi yang sudah ditemukan saat ini. Rumah yang bisa diatur dengan alat seperti handphone, robot yang akan melayani Anda, ‘ruang kemana saja’ atau pintu yang membuka tutup sendiri saat Anda berjalan. Tampaknya semua seperti di film Star Trek atau Star Wars ya? Semestinya, karena teknologi itu seluruhnya sudah ditemukan, hanya saja belum diimplementasikan secara luas.

//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Saat ini, smartphone bisa digunakan untuk mengatur tombol AC, televisi, bahkan membuka pagar dengan aplikasi khusus. Semakin banyak peralatan mulai dihubungkan dengan smartphone yang mengakibatkan banyak peralatan menjadi semakin pintar. Dengan satu tombol smartphone atau remote control, sebuah ruangan bisa disetting untuk menjadi ruangan bagi keperluan tertentu, misalnya ruang tidur yang bisa disetel untuk mode tidur, bersiap kerja, atau membaca buku. Dengan makin banyak dijualnya smartphone dan dikembangkannya berbagai aplikasi pintar, maka akan lebih banyak peralatan yang semakin ‘pintar’ juga.

//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
AUTOMASI
merupakan proses kerja peralatan secara otomatis, yang dipicu oleh berbagai sensor seperti sensor gerakan yang akan mendeteksi gerakan orang yang mendekat pada peralatan tersebut. Misalnya ini seperti lampu, coffee maker, AC, pintu yang membuka atau televisi yang menyala saat kita mendekatinya karena ada sensor yang mendeteksi gerakan kita. Ini sudah umum berlaku untuk berbagai benda yang sekarang berada disekitar kita, seperti AC atau TV yang menyala bila ada orang disekitarnya.

SATU KONTROL
Smartphone atau alat lain bisa digunakan untuk mengontrol seluruh rumah, mulai dari lampu, kamera CCTV, dan sebagainya. Banyak aplikasi saat ini dibuat untuk mendukung peralatan yang bisa diatur melalui satu alat saja. Selain peralatan yang bisa dibawa-bawa, peralatan yang lain juga bisa diakses seperti pada masing-masing peralatan dan juga pada dinding. Ini akan memudahkan sistem kontrol didalam rumah. Semua kontrol tersebut diatur melalui sistem operasi komputer dan aplikasi.

Corning

Sistem operasi dan aplikasi memungkinkan kita mengecek berbagai peralatan apakah bekerja seperti sistem alarm, sistem kebakaran, sistem pencahayaan dan sebagainya termasuk tingkat energi dan efisiensi yang digunakan. Pendeknya, bila kita memerlukan misalnya, untuk mengecek siapa yang mengetuk pintu gerbang, bisa kita lakukan dari dalam rumah. Demikian pula bila kita ingin saat pintu tertutup dari luar, maka lampu dalam akan mati.

ANDA MUNGKIN DILAYANI ROBOT

Asimo

Robot dengan berbagai kemampuan saat ini juga sudah dikembangkan, dengan kemampuan yang luar biasa dimana ada beberapa hal yang bahkan hanya robot saja yang bisa melakukannya. Saat ini robot seperti Asimo yang dibuat oleh Honda, Jepang, mampu bertindak seperti seorang manusia dengan kemampuan berbicara, membaca mimik wajah, berjalan, membawa nampan berisi makanan, dan sebagainya. Dengan kemampuan robot saat ini, sangat mungkin dimasa depan robot akan melayani tuan-tuannya dirumah-rumah.

KULKAS INTERAKTIF

Saat bahan makanan seperti daging, sayur atau buah habis, maka kulkas akan memberitahu Anda untuk membelinya. Bahkan bila terhubung dengan toko online dan rekening, ia akan memesan melalui delivery order.

LAYAR-LAYAR BESAR INTERAKTIF
Anda bisa mengobrol dengan keluarga yang jauh dikota lain, atau memantau si kecil yang berada diruangan lain, dengan menggunakan layar-layar besar. Layar ini bisa jadi terbuat dari permukaan yang seperti smartphone Anda saat ini, bisa disentuh tombol-tombolnya, hanya saja ia memenuhi satu dinding atau semua dinding diruangan. Pendek kata, dinding rumah Anda adalah dinding interaktif. Tidak hanya itu, Anda juga bisa berbicara dengan komputer dan memberi perintah dengan gerakan tangan atau kaki. Dengan dinding ini Anda juga bisa bekerja dirumah karena pekerjaan akan ditransfer melalui internet sehingga Anda bisa melakukan meeting dan berdiskusi dari rumah masing-masing.

Corning

Layar besar ini juga bisa mengajari Anda untuk berolahraga, yoga, atau relaksasi dengan pemandangan pantai. Dengan berkembangnya teknologi 3D dan satelit, akan dapat menghadirkan realitas virtual (virtual reality) kedalam rumah Anda. Bila Anda ingin melihat suasana kota Venesia saat ini, tinggal memberitahu komputer untuk memperlihatkannya bagi Anda.

RUMAH ANDA ADALAH TEMAN

Rumah akan mengerti suasana hati Anda, mood dan keinginan, dari saat bangun tidur, ia akan mengetahui bahwa Anda sudah meninggalkan tempat tidur dan segera ia akan menyiapkan minuman kopi atau teh secara otomatis. Saat meninggalkan kamar tidur, lampu secara otomatis akan dimatikan dan jendela bisa ditutup. Demikian pula bila Anda ingin memesan makanan untuk sarapan, robot-robot dan permintaan deliveri otomatis akan melayani Anda. Rumah akan mengetahui temperatur favorit Anda, dan menyesuaikan temperatur melalui AC yang mengatur diri secara otomatis.

ATAP RUMAH ADALAH PANEL SURYA
Panel surya akan dikembangkan menjadi jauh lebih murah dan akan tersedia untuk setiap rumah. Nantinya akan menjadi sumber energi terbarukan bagi setiap orang, yang dapat memenuhi kebutuhan listrik dalam rumah setiap saat.

______________________________
by

Arsitek Probo Hindarto
© Copyright 2014 astudio Indonesia.
All rights reserved.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s