9 Tips rumah yang benar-benar ‘minimalis’


astudioarchitect.com Barangkali Anda sudah tak asing lagi dengan kata ‘minimalis’ untuk desain sebuah hunian. Kata ini mewakili gaya arsitektur yang kerap dipakai untuk menunjukkan kesan bersih dan modern. Tapi apakah sebenarnya esensi pengertian sebenarnya dari minimalis? Sebenarnya ini bukan hanya gaya desain, tapi gaya hidup. Untuk mewujudkannya diperlukan juga perubahan pola pikir, sulitkah? Barangkali diri kita sendiri yang menilainya. Bila dapur selama ini terlihat banyak barang, panci, piring hiasan, kotak penyimpan dan sebagainya ada diatas kabinet dapur, mungkin dapur seperti ini belum bisa dikategorikan dapur rumah minimalis. Lantas apakah jenis dapur yang terlihat bersih dari berbagai barang akan membuat kenyamanan atau bertambahnya perasaan senang?

images via flickr

//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Senang atau tidak dengan sesuatu yang minimalis, harus datang dari diri Anda. Seseorang mungkin menyukai benda-benda terpajang seperti pajangan koleksi guci, foto-foto dengan pigura, atau kursi yang ada ukirannya – meskipun rapi – bukanlah orang yang bertipe minimalis. Minimalis murni berasal dari prinsip-prinsip Zen yang datang dari Jepang. Saat orang dari seluruh dunia menikmati arsitektur Jepang yang murni dan hening, saat itulah orang mulai berpikiran bahwa ‘keheningan’ yang dibawa minimalisme bisa juga membawa keheningan dan perasaan yang lebih dalam pada kehidupan. Perasaan hening karena barang-barang dengan rapi tersimpan di berbagai sarana penyimpan adalah perasaan yang unik; yaitu perasaan terpenuhi dan tenang, sungguh memerdekakan.

//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
Keuntungan lain dari rumah yang minimalis adalah mudah dibersihkan. Coba bayangkan dua foto, yang satu foto rumah dengan barang-barang yang banyak dan beragam memenuhi ruangan. Foto yang lain adalah rumah ‘minimalis’ dengan barang-barang yang terlihat modern dan tidak ada hiasan, pajangan, dan sebagainya, terlihat bersih. Pasti ruang yang terakhir yaitu ruang yang minimalis akan terasa lebih mudah dibersihkan. Keuntungan lainnya adalah rumah minimalis, baik didalam dan diluar adalah makin sedikit terasa bikin stress. Ini karena mata dan pikiran tidak disibukkan dengan berbagai benda, pajangan atau hal-hal yang tidak perlu.

Nah, Anda mungkin tidak ingin hanya membaca kata-kata yang indah tentang minimalisme, bila memang benar-benar ingin mengadopsi gaya hidup ini dalam kehidupan. Ingatlah bahwa ini sebenarnya adalah gaya hidup, buka gaya desain rumah atau interior semata. Anda harus merasukinya sebagai gaya hidup yang tertanam dalam hati dan pikiran, setiap saat, setiap waktu. Setiap kali ada benda yang berserakan atau kurang rapi, seharusnya dimasukkan atau disimpan agar rumah selalu ‘minimalis’. Berikut ini 9 tips mewujudkan rumah yang benar-benar minimalis.

1 Desain rumah dan interior minimalis adalah desain yang minimal ornamen atau dekorasi. Dari sejak awal bahwa bila ada keinginan mendekorasi depan atau dalam rumah, bisa dikategorikan bukan minimalis. Kaca jendela dibuat dengan bentuk yang minimal dan fungsional, banyak juga yang menggunakan kaca frameless (tanpa bingkai) untuk memperkuat kesan minimalisnya. Bagian dalam rumah atau interior juga begitu, dekorasi harus dihindari dalam bentuk apapun. Benda-benda seperti pajangan, album foto, dan sebagainya harus masuk dalam rak tertutup dan tidak mempengaruhi pandangan.

2 Furniture yang ada minimalis, baik dari segi jumlah furniturenya maupun dari segi tidak adanya dekorasi. Dalam hal jumlah, bila 2-4 dudukan sofa sudah cukup, mengapa harus 8 atau 10 dudukan? Daripada memiliki banyak furniture tapi jarang dipakai, mendingan memiliki sedikit furniture favorit yang selalu digunakan. Demikian juga untuk permukaan-permukaan meja, kabinet dan sebagainya harus bersih. Tidak ada atau sedikit sekali barang pajangan, buku, benda apapun yang tidak diperlukan. Inilah minimalis.

3 Barang pajangan boleh ada, sekedar untuk memberikan aksentuasi. Jadi untuk memberikan sentuhan seni, satu atau dua pajangan seperti lukisan atau artwork (barang seni) yang menarik adalah pilihan. Tidak perlu banyak dekorasi, satu atau dua dekorasi yang sangat berharga akan muncul sebagai sebuah karya agung seperti dalam galeri seni.

4 Milikilah satu atau dua ruangan yang terlihat kosong, untuk beribadah, bermeditasi atau melakukan yoga. Ruangan seperti ini sangat Anda perlukan sebagai bagian dari gaya hidup yang sederhana dan sehat. Tentunya luangkan waktu diruang tersebut untuk berolahraga atau beribadah. Ruang ini akan lebih baik bila dekat dengan taman atau kolam.

5 Kosongkan area yang bisa dikosongkan, baik itu di area lantai, dinding maupun diatas furniture. Benda-benda yang tidak perlu musti disimpan atau dihilangkan dari ruangan yang minimalis.

6 Area dinding dan lantai, harus terkesan bersih, karenanya berbagai barang yang mungkin berserakan harus dipikirkan tempatnya, dimana menyimpannya. Area lantai juga bisa ditutup dengan karpet yang tidak berhiasan, karenanya karpet dengan model gambar timur tengah mungkin tidak akan cocok. Karpet dengan motif modern seperti warna abstrak dengan komposisi warna kotak-kotak atau garis-garis akan lebih tepat.

7 Simpan benda-benda sehingga tidak terlihat dari pandangan. Apakah itu buku-buku, keramik antik, sepatu, mainan anak dan sebagainya harus disimpan rapi dalam sebuah rumah minimalis. Pasti ini akan menguras energi untuk selalu membersihkan dan mengorganisasikan benda-benda. Namun bila dibiasakan, proses mengembalikan barang ke penyimpanan semula pasti akan menjadi kebiasaan yang baik. Seluruh anggota keluarga musti berpartisipasi.

8 Cat dinding dengan warna yang ringan pastel atau warna yang netral. Contoh warna pastel adalah krem ringan, namun warna lain mungkin akan terasa bukan lagi minimalis. Warna netral adalah warna-warna alam seperti warna hitam, abu-abu, putih, warna kayu dan warna alami bahan. Warna asli bahan artinya material tidak ditutup dengan material lain, misalnya menggunakan bataton dengan warna putih tanpa plaster, atau warna semen asli (dengan finishing yang rapi tentunya), atau warna batu alam.

9 Anda mungkin ingin mengadopsi gaya hidup yang sederhana juga; menanam tanaman, merawat binatang peliharaan dan berkebun bisa menenangkan pikiran. Gunakan ruang dan arsitektur untuk aktivitas yang tenang, rileks dan cobalah untuk menikmati apa yang Anda miliki. Minimalis juga berarti dalam hati juga minimalis, hidup yang tidak terlalu berdekorasi atau berhias, membebaskan pikiran dari yang tidak perlu. Itulah arti sebenarnya dari minimalis!

______________________________
by

Arsitek Probo Hindarto
© Copyright 2014 astudio Indonesia.
All rights reserved.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s