Membeli Rumah di Perumahan Lebih Disukai?


astudioarchitect.com TabloidNova.com – Rumah merupakan tempat manusia hidup dan beraktivitas. Rumah juga muara dari kebahagiaan dan pencapaian hidup pemiliknya. Setiap orang, pasti mendambakan rumah yang nyaman dan representatif. Baik untuk hidup sehari-hari, maupun untuk kebutuhan bermasyarakat. Artikel ini merupakan artikel yang dikembangkan melalui wawancara mas Hasto Prianggoro dari Tabloid NOVA dengan Probo Hindarto.

Gambar atas: printscreen Google Search

//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Perlu diingat pula, rumah tak hanya bersifat fungsional. Melainkan memiliki segudang sarana untuk menunjukkan jati diri pemilik kepada tamu atau mereka yang sekedar lewat di depan rumah.

//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
Menurut Probo Hindarto, arsitek dari astudioarchitect.com, ada banyak cara memiliki rumah. “Misalnya, membeli rumah baru atau bekas, membeli rumah di dalam kota atau di pinggiran kota, membeli rumah di perumahan atau membeli tanah dan dibangun sendiri. Masing-masing memiliki keunggulan dan kelemahan,” katanya.

Membeli rumah di perumahan lebih disukai karena selain pembayaran tunai, faktor kemudahan kredit yang ditawarkan berbagai bank juga mempermudah calon pemilik rumah. Ditambah, hunian di perumahan juga memiliki beberapa keunggulan.

Lebih Tertata 
Keunggulan pertama, perumahan biasanya memiliki lingkungan yang lebih tertata rapi dibandingkan membeli tanah di kampung dan dibangun sendiri.

“Perumahan biasanya juga sudah merencanakan aliran air, pengerasan jalan, serta bentuk dan ukuran lahan. Ini menjadikan perumahan memiliki keunggulan berupa lingkungan yang sehat dan tertata untuk kehidupan berkeluarga maupun perkembangan anak,” kata Probo.

Dan, meski tidak semua perumahan bebas banjir, banyak juga perumahan kelas lebih mewah yang menawarkan solusi antibanjir dengan membangun kanal atau saluran air yang representatif.

Akses yang Baik 
Keunggulan lainnya adalah lokasi yang biasanya sudah dipilih, terutama untuk mengantisipasi lebar jalan dan pengaturan petak kavling. Tak jarang, perumahan dengan harga di atas rata-rata memiliki lingkungan atau akses kota yang lebih baik, sedangkan perumahan dengan harga menengah ke bawah biasanya berada di daerah yang kurang berkembang.

Selain itu, meskipun berada di daerah yang belum atau kurang berkembang, perumahan memiliki keunggulan berupa penataan kawasan. “Ini karena perumahan biasanya menyediakan fasilitas umum seperti taman bermain, masjid, lapangan, dan sebagainya yang bisa meningkatkan kebahagiaan hidup penghuninya,” tambahnya.

Hasto Prianggoro

______________________________
by

Arsitek Probo Hindarto
© Copyright 2014 astudio Indonesia.
All rights reserved.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s