Tiga penghuni rumah yang harus lebih difasilitasi dalam desain rumah


astudioarchitect.com Seluruh penghuni rumah harus diperhatikan pada saat mendesain rumah, dalam arti kebutuhannya harus dipenuhi agar fungsi rumah tinggal bisa berjalan baik. Ada orang dewasa dan anak-anak tinggal dirumah, namun tahukah Anda bahwa sebaiknya ada yang diperhatikan lebih agar mempermudah dan memperaman kehidupan mereka?

//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Anak anak

Anak anak yang masih berkembang memerlukan perhatian khusus dalam desain karena mereka masih mengembangkan pengetahuan dan pengalaman untuk mengenali lingkungan di sekitarnya. Area bermain mereka sebaiknya ditempatkan dimana bisa ada pengawasan terus menerus. Sedangkan reling harus dibuat agar kurang dari 10 cm untuk menghindari kemungkinan terjatuh di tangga maupun balkon. Terdapat benda benda yang cukup berbahaya bagi anak di rumah misalnya adalah kontak listrik dan benda benda tajam atau beracun. Pada saat mendesain atau merenovasi rumah anda pertimbangkan tentang hal ini yaitu menjauhkan benda benda yang berbahaya tersebut dari anak anak, misalnya dengan cara menaikkan posisi benda benda berbahaya atau menyimpan benda benda tersebut dalam wadah wadah khusus.

//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Kaum senior

Kaum senior bisa mendapatkan masalah karena kemampuan yang makin berkurang baik secara refleks maupun otot dan tulang nya. Kau sendiri biasanya memiliki masalah dengan menaiki tangga, menggunakan kamar mandi, atau mencapai benda benda yang di simpan di tempat yang terlalu tinggi. Penglihatan yang makin berkurang mungkin membutuhkan pencahayaan yang semakin terang demikian juga dengan tingkat kontras warna material furniture bisa memperkecil kemungkinan mereka tidak dapat melihat benda benda.

Kaum difabel

Apabila ada penghuni yang difable dalam rumah maka penting untuk memperhatikan kebutuhan yang bersangkutan. Disabilitas ada beberapa macam diantaranya tunanetra, tunagrahita dan juga termasuk mereka yang memakai kursi roda. Masing masing kebutuhan dari kaum difabel adalah berbeda. Arsitek berpegang pada standar desain untuk memberikan fasilitas bagi kaum difabel. Dalam proses desain sebaiknya kalau ini sudah dikonsultasikan dengan arsitek anda.

___
by

Arsitek Probo Hindarto
081 252 447 53
© Copyright 2015 astudio Indonesia.
All rights reserved.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s