Happy Vintage by Luthfi Hasan


astudioarchitect.com [buku] [pustaka buku interior] Happy Vintage adalah sebuah buku yang ditulis oleh Luthfi Hasan mengetengahkan banyak desain vintage yang sedang trend saat ini. saya secara pribadi sangat menyukai buku ini sejak pertama kali membukanya karena sepertinya buku ini dibuat dengan semacam kesan seperti hadiah dalam arti karena buku ini selain memuat foto fotointerior design vintage yang asik juga memberikan poster dan juga beberapa poscard.

//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Buku ini dimulai dengan membahas rumah milik Luthfi Hasan sendiri, yang menurutnya adalah desain yang sangat personal karena disini ia benar benar menuangkan ide idenya secara penuh. Luthfi Hasan sendiri mengakui bahwa ia adalah seorang maksimalis yang tercermin dalam pemilihan interior furniture nya. “Saya tidak bisa berada di dalam sebuah ruangan yang terlalu minimalis, saya merasa bahwa ruang itu terlalu dingin dan tidak menginspirasi.”

//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
Dalam sebuah halaman luthfi hasan memberikan 5 tips yang dapat membuat sebuah ruangan menjadi terlihat vintage. Yang pertama adalah gunakan kayu karena kayu terlihat hangat baik itu pada furniture maupun pada flooring nya. Ada banyak contoh di dalam buku ini kayu pada furniture juga kadangkala dicat selain dibiarkan untuk menunjukkan teksturnya. Yang kedua adalah gunakan unsur seni untuk memperindah ruangan. Tips nya adalah gunakan barang seni yang menurut anda bagus dan anda sukai daripada yang mahal dan tidak anda sukai. Kadangkala barang seni juga merupakan unsur investasi yang bisa anda harapkan untuk naik di masa depan.

Yang ketiga adalah gunakan chandelier karena ia berpendapat bahwa sebuah chandelier adalah selalu elegan dan bergaya bahkan sebuah ruangan tidak akan lengkap tanpa adanya chandelier ini. Keempat adalah gunakan karpet yang menurut anda paling anda sukai. Sebuah karpet bisa menegaskan suatu area vokal di dalam sebuah ruangan atau sebuah set furniture. Bahkan karpet juga bisa menunjukkan karakter pemiliknya.

Yang kelima adalah gunakan lounge chair yang nyaman dan anda pilih berdasarkan kenyamanan dan anda menyukainya. Sebuah kursi seperti ini tidak hanya aksen dekoratif semata namun ia juga memiliki fungsi. Gunakan material yang tidak biasa dan juga motif yang khusus sehingga menjadikan sofa anda menjadi unik.

Tidak hanya terlihat vintage ternyata menggunakan gaya interior vintage juga mengingatkan kita pada gaya hidup tertentu seperti yang terlihat pada ruang ruang bergaya hippie ini. Berkali kali lutfi hasan menegaskan bahwa sebuah ruangan yang sempurna adalah ruangan di mana anda merasa dicintai. Inilah mengapa pada beberapa ruangan yang ada di foto terlihat memiliki benda benda tua yang mungkin saja bisa mengingatkan pemiliknya pada kasih sayang keluarga.

Saya pribadi sangat menyukai sebuah ruangan yang di foto di halaman 113 memperlihatkan sebuah ruangan dengan wallpaper dan furniture dari era 80an dan 70 an yang terlihat sangat sesuai. Jenis dekorasi interior seperti ini mengingatkan kita gaya hidup tahun tahun tersebut yang diilhami oleh keinginan untuk menikmati hidup dengan memperhatikan motif motif dan tingkat kenyamanan penggunanya.

Luthfi hasan dengan jakarta vintage memberikan banyak pilihan furniture dan dekorasi yang terinspirasi atau memang merupakan benda benda tua dari hasil hunting di seluruh pelosok indonesia dan juga luar negeri. Cara memajang benda benda koleksinya juga terbilang unik yaitu dengan meletakkan benda benda seperti kursi pada dinding.

Sebuah bar yang dinamai bohemian bar gaya vintage ini dengan cara yang sangat unik mencampurkan berbagai jenis warna dan bentuk furniture menjadi beberapa group furniture sehingga memberikan nuansa yang berbeda beda pada setiap clusternya. Demikian juga dengan sebuah cafe di hotel kosenda juga untuk kita simak sebagai inspirasi.

Di bagian akhir buku ini luthfi hasan memberikan beberapa tips dalam membeli benda benda alam diantaranya adalah anda harus benar benar memperhatikan tentang berapa budget yang anda ingin keluarkan. Jangan membawa terlalu banyak uang karena ada kemungkinan anda bisa terbawa untuk langsung membelinya.

Berfokuslah pada apa yang anda sukai dan gunakan waktu untuk benar benar memperhatikan benda apa yang anda sukai dari seluruh koleksi yang dimiliki oleh seorang penjual. Yang keempat adalah selalu tawar barang tersebut untuk mendapatkan harga yang murah karena anda mungkin tidak pernah menyadari berapa harga yang sebenarnya dari sebuah barang. Dan tips terakhir adalah gunakan baju yang casual jangan membawa tas yang besar dan dompet. Taruh saja uang anda di dalam saku mungkin maksudnya adalah untuk menghindari sebuah transaksi yang mungkin saja anda sesali.

Buku ini hadir dengan bonus poster dan beberapa postcard.
___

[review adalah untuk tujuan memberikan wawasan kepada masyarakat dan untuk membantu promosi buku yang bersangkutan]

by

Arsitek Probo Hindarto
081 252 447 53
© Copyright 2015 astudio Indonesia.
All rights reserved.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s