50 Indonesian Houses + villas


astudioarchitect.com [pustaka buku] Bagi anda para pemerhati arsitektur dan tentunya bagi para arsitek akan sangat membantu apabila memiliki referensi untuk memperhatikan trend terkini desain rumah. Tidak banyak buku yang berkualitas toko buku yang bisa Anda dapatkan, dimana terdapat profil para arsitek dan karyanya yang termasuk dalam jajaran papan atas arsitek di indonesia. Buku ini dimulai dengan ulasan pengantar oleh imelda akmal tentang mencari kembali rumah Indonesia kini. Tampaknya tidak ada yang lebih mewakili sebuah buku yang bercerita tentang arsitek dan karyanya selain kata pengantar yang menunjukkan mengapa buku ini dibuat. Dalam penghantar tersebut Imelda Akmal mencoba untuk menyoroti tentang sejarah singkat arsitektur modern di indonesia arsitektur rumah indonesia pasca krisis sehingga membentuk jenis jenis arsitektur yang berkembang di Indonesia saat ini.

//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Buku ini dibagi menjadi 6 bagian besar yang menunjukkan rumah rumah dengan ukuran atau fasilitas yang berbeda. Jenis jenis rumah tersebut antara lain extra small houses, small houses, medium houses, large houses, extra large houses, serta villa.

Sebagaimana buku buku imelda akmal dance imelda akmal architecture writer yang lain, buku ini juga dihiasi oleh foto foto rumah tinggal dari exterior maupun interiornya sony sanjaya. Dimulai dengan koleksi foto foto karya bangunan rumah yang extra mungil memberikan wawasan kepada kita bagaimana mendesain rumah rumah mungil dengan pendekatan arsitektural yang cukup menarik misalnya linear house yang dirancang oleh arsitek andri feri dimana lokasi rumahnya hanya 70 m2 dengan luas lahan 180 m2 dimana arsitek yang bersangkutan menerapkan konsep arsitektur yang brutal dengan material yang sangat ditonjolkan.

//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
Pada bagian medium house misalnya seperti Kunti House merupakan contoh yang menarik untuk tipe bangunan rumah medium dengan arsitektur modern yang memiliki nuansa vernakular. Kebanyakan rumah yang diambil sebagai sample dari buku ini akan rumah rumah dengan gaya arsitektur modern, dimana kunti house merupakan salah satu yang memiliki nuansa vernacular yang cukup kuat. Dibagian lain anda juga bisa menyimak rumah unik karya Agus Samsudin yang merupakan rumah sekaligus kandang kuda yang mungkin bisa membuka mata bahwa rumah pun bisa berfungsi sebagai kandang kuda.

Beberapa contoh karya kategori khusus mungkin bisa menjadi inspirasi bagi anda yang ingin mendesain rumah dengan luas rumah yang besar. Salah satu contoh yang menarik adalah karya denny gondo architect yang mendesign longhouse dengan fasad yang merupakan kisi kisi berfungsi sebagai secondary skin untuk bangunan. Karya karya lain yang merupakan koleksi rumah besar mungkin juga bisa diambil sebagai suatu masukan bagi rumah rumah yang kecil untuk mengambil contoh elemen elemennya.

Pada bagian akhir terdapat desain rumah type villa dimana seluruhnya merupakan proyek yang sudah terbangun jadi dapat dilihat melalui koleksi foto fotonya. Gaya penulisan table book yang sarat dengan foto foto dengan sedikit pengantar konsep desain rumah dibuat oleh arsiteknya sehingga apabila anda menikmati buku ini maka anda akan mendapatkan referensi yang luar biasa banyaknya untuk konsep konsep desain rumah masa kini oleh arsitek indonesia masa kini.

Secara umum apabila anda membeli buku ini kemungkinan besar anda tidak akan merasa kecewa meskipun harga buku yang ditawarkan jauh di atas rata rata buku yang diterbitkan oleh penerbit biasanya. Hal ini tentunya tak lepas dari bahwa untuk penerbitan buku ini saja diperlukan suatu usaha biasa untuk mengumpulkan karya dari banyak arsitek dimana terdapat foto foto yang paling menarik yang dapat diambil untuk sebuah rumah.

Buku ini mungkin masih banyak beredar di toko buku, sehingga mungkin tidak akan kesulitan untuk mendapatkannya karena buku ini sudah agak lama terbitnya. Apabila Anda menginginkannya maka sebaiknya segera mencarinya.
___

Membahas sebuah buku memerlukan pemikiran dan juga biaya untuk mendapatkan buku tersebut. Saya akan sangat berterima kasih apabila anda berkenan untuk menyumbangkan buku atau mengirim buku ke alamat studio agar dapat dibahas sebagai informasi kita bersama. Atau anda juga bisa membelikan saya segelas kopi atau makan siang dengan cara memberikan donasi. Silahkan email atau whatsapp:

Arsitek Probo Hindarto
081 252 447 53
astudioarchitect.com@gmail.com

© Copyright 2015 astudio Indonesia.
All rights reserved.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s