Membuat sofa dan meja dari kayu palet bekas yang murah


astudioarchitect.com Kayu palet kayu bekas penyangga container banyak kita temui yang menjualnya. Kayu palet bervariasi kadang kadang ada yang kayunya berasal dari kayu pinus dengan tekstur yang menarik. Dewasa ini kita banyak melihat meja kursi cafe yang dibuat dari kayu palet. Dengan harga murah dan dengan sedikit finishing pernis kita bisa membuat bermacam furniture seperti contohnya sofa dan meja ini. Baru baru ini saya juga membuat sebuah booth untuk sebuah usaha kuliner yang saya rintis dengan menggunakan kayu palet. Kayu palet pinus dengan tekstur yang sangat menarik itu harganya hanya 40 ribu rupiah per pallet nya dimana hanya dibutuhkan 3 buah untuk membuat booth tersebut. Nah mari kita simak bagaimana cara membuat sofa dan meja dari kayu palet.

//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Langkah pertama: Bahan bahan yang dibutuhkan antara lain

10 palet dengan ukuran 80 kali 120 cm
Cat berwarna putih
Roda yang digunakan untuk bagian bawah meja
Busa dan kain pembungkus busa. Anda bisa juga mengukur sofa pada waktu terakhir dan meminta tukang pembuat alas busa untuk tempat tidur atau kursi membuatkan bagi anda bagian atas dari sofa tersebut.

//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
Langkah kedua yang kita lakukan adalah menggosok kayu kayu palet tersebut agar halus. Gunakan kertas penggosok apabila anda memilikinya gunakan mesin penggosok.

Langkah ketiga adalah mengecat pallet pallet tersebut
Setelah dengan warna putih atau bila anda menyukai kesan teksturnya gunakan pernis yang tidak berwarna. Hal ini dibutuhkan untuk menjaga keawetan kayu agar tidak diserang serangga.

Langkah keempat adalah pasanglah palet pallet tersebut pada ruang tamu anda atau ruang keluarga dimana anda ingin meletakkannya.

Langkah kelima apabila anda membuat sendiri busa di atas sofa maka potonglah busa tersebut dengan menggunakan cutter.

Langkah keenam bungkuslah busa dengan kain penutup. Apabila dikehendaki akan sangat baik untuk menggunakan jenis penutup kain oskar yang teksturnya mirip seperti kulit sintetis. Hal ini akan memperpanjang usia sofa anda agar tidak kotor dengan cepat.

Langkah ketujuh lapisi bagian atas meja dari kayu palet tersebut dengan kaca tentunya setelah mengukur meja tersebut. Jangan lupa untuk memasang roda khusus furniture pada meja.

Langkah kedelapan gunakan banyak bantal untuk menjadi sandarannya. Alternatifnya anda bisa juga menggunakan busa yang sama seperti yang digunakan untuk dudukan sofa.

Saya yakin anda bisa membuatnya dengan mudah. Apabila belum memiliki dana yang cukup untuk membeli sofa, mengapa tidak memakai cara ini?

sumber: instructables
___
by

Arsitek Probo Hindarto
081 252 447 53
© Copyright 2015 astudio Indonesia.
All rights reserved.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s