4 Tips Mendesain Ruang Baca yang Nyaman


astudioarchitect.com Di dalam sebuah rumah biasanya ada pojok tertentu yang masih kosong yang sebenarnya bisa digunakan sebagai ruang baca yang nyaman, misalnya dipojok ruang tamu, ruang keluarga, atau bahkan kamar tidur. Sebuah ruang baca yang nyaman bisa terdiri dari sebuah sofa yang nyaman dengan pencahayaan lampu baca yang membuat aktivitas membaca semakin menyenangkan. Kita tentunya ingin agar anggota keluarga lebih menyukai membaca karena dapat meningkatkan kecerdasan dan bagi mereka yang senior bisa mempertahankan fungsi ingatan mereka. Beberapa orang mungkin memiliki konsentrasi yang baik namun biasanya selalu memerlukan tempat khusus untuk membaca. Bagaimanakah desain ruang baca yang baik? Mari kita simak tipsnya berikut ini.

Photo by jessjamesjake vintage, Creative Commons Lisence, on Flickr.

//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

1. Gunakan tempat duduk semacam sofa yang nyaman dengan penyangga yang baik untuk punggung dan leher terutama untuk ruang baca yang digunakan bagi para senior.


Photo by Michael Pardo, Creative Commons Lisence, on Flickr.

2. Gunakan pencahayaan yang datang dari satu sisi orang yang duduk sehingga Sinar datang dari salah satu bagian pundaknya. Sinar yang datang bisa dari pencahayaan atau lampu, dan bisa juga dari jendela. Cahaya yang enak untuk digunakan membaca biasanya merupakan cahaya yang sifatnya difusi atau menyebar. Kita tidak perlu untuk menerangi seluruh ruangan dengan cahaya yang sangat terang, namun khusus untuk area baca saja yang diberikan pencahayaan khusus.


Photo by Tom, Creative Commons Lisence, on Flickr.

//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
3. Jauhkan area membaca dari suara yang tidak menyenangkan atau mengganggu, misalnya dari suara kendaraan yang lalu lalang atau dari suara lainnya. Efek suara gemericik air atau background musik yang lembut mungkin bisa meningkatkan mood untuk membaca.

4. Gunakan perabot lain yang dibutuhkan misalnya rak buku dan meja kecil untuk meletakkan buku atau kudapan. Dengan cara ini maka aktivitas membaca akan menjadi semakin menyenangkan.


Photo by Dee Speed, Creative Commons Lisence, on Flickr.

Selamat mencoba.
___
by

Arsitek Probo Hindarto
081 252 447 53
© Copyright 2015 astudio Indonesia.
All rights reserved.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s