astudio architecture news 2


astudioarchitect.com Astudio architecture news 2 mengetengahkan informasi terbaru untuk pameran dan event arsitektur yang bisa Anda ikuti dalam waktu dekat. Simak beritanya berikut ini.

//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

1

Sinar Mas Land, salah satu pengembang properti terbesar dan terpercaya di Indonesia kembali mewujudkan apresiasi terhadap pengembangan arsitek muda Indonesia dengan meluncurkan program Sinar Mas Land Young Architect Competition (SML YAC) 2015. Hal ini merupakan bentuk kepedulian Sinar Mas Land terhadap generasi arsitektur muda Indonesia yang tentunya akan menjadi tulang punggung pembangunan negara ini di masa depan. Sayembara merancang desain bangunan/arsitektur ini ditujukan untuk mahasiswa arsitektur minimal yang sudah mencapai semester 7 (tujuh) hingga fresh graduate yang baru lulus sampai dengan setahun setelah kelulusan.
Gelaran sayembara SML YAC 2015 merupakan respon Sinar Mas Land atas kesuksesan penyelenggaraan sayembara SML YAC 2014 yang berhasil menjaring ratusan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia untuk ikut berpartisipasi. Kemajuan pembangunan di tanah air serta perkembangan dunia arsitekturnya tak bisa dilepaskan dari andil besar para arsitektur muda, dan berangkat dari kesadaran akan hal tersebut, Sinar Mas Land tak pernah lelah untuk terus berupaya mengembangkan talenta terbaik yang dimiliki putra putri bangsa Indonesia. Demi mempompa semangat dan kreativitas, para peserta akan dimanjakan oleh Sinar Mas Land dengan total hadiah sayembara yang mencapai 675 juta rupiah.
SML YAC 2015 terdiri dari tiga kategori, yaitu Masterplan, Commercial Development dan Residential Development. Para peserta sayembara bebas memilih kategori yang disukai dan setiap kelompok peserta boleh mengirimkan karya lebih dari 1 ( satu ) alternatif namun dalam pendaftaran yang berbeda. Pendaftaran bagi sayembara ini dibuka mulai tanggal 9 Juli 2015, dengan batas akhir pendaftaran hasil karya berakhir pada minggu kedua di bulan Oktober 2015, sehingga periode sayembara berlangsung sedari Juli hingga Oktober. Demi kesuksesan sayembara keterbukaan serta profesionalisme dari sisi penilaian yang fair dan sportif, Sinar Mas Land Young Architect Competition 2015 akan dinilai oleh dewan juri yang profesional di setiap kategori.
Dewan juri di SMLYAC 2015 untuk kategori residensial dipercayakan kepada Sukendro Sukendar dari IAI (Founder Nataneka Architect) serta Andra Matin (Founder Andra Matin Architect). Kategori Commercial dipercayakan kepada Ardi Jahya, praktisi dari IAI, serta ada Rafael David dari IAI (principal Aboday Architect) serta Sofian Sibarani (praktisi dari AECOM). Sedangkan juri di kategori Masterplan dipercayakan kepada Prasetyo Adi (praktisi dari PDW Architect) serta Robert Day (dari WATG). Penilaian terhadap para peserta didasarkan 3 kriteria khusus yakni perencanaan dan rancangan, elemen-elemen rancangan berwawasan hijau, serta pernyataan rancangan.
Sinar Mas Land yakin bahwa sayembara ini dapat menjadi ajang mengasah dan menguji kepiawaian para pesertanya di bidang desain arsitektur. Oleh karena itu demi merangkul seluruh bakat muda dari beragam daerah , Sinar Mas Land bekerjasama dengan Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) juga akan melakukan roadshow ke 4 kota di Indonesia, yaitu Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Denpasar. Hal ini dilakukan untuk mengkomunikasikan SML YAC 2015 kepada para mahasiswa dan fresh graduates yang tersebar di berbagai daerah tersebut agar bersedia mengeluarkan bakat dan keterampilannya dalam merancang desain arsitektur melalui sayembara ini.
Sinar Mas Land berharap sayembara SML YAC 2015 mampu memicu generasi arsitek muda Indonesia untuk selalu berinovasi dan bereksplorasi demi menghasilkan karya unik sekaligus terbaik yang dapat dibanggakan dan diberdayakan secara realita di kehidupan. Semua itu tentunya demi kehidupan dan kemajuan positif bagi Indonesia.
2

Parahyangan Bamboo Nation attempted to explore contemporary design and construction, including the tensegrity of bamboo structure. Now, the 2nd Parahyangan Bamboo Nation event will focus on the topic of ‘resilient’ building materials for the future. ‘Resilient’ means the ‘ability to recover or become strong again after something bad happens’ (Miriam Webster Dictionary, 2014). Thus, the term ‘resilient’ is chosen as reference on reusing local materials, specifically referring to bamboo, in creative ways and the renewal of local materials by exploring their adaptive ability.
While local materials had been neglected due to social-cultural development and technology enhancement; high population growth, dense neighbourhoods, and climate change, the world calls for sustainable resources that are low energy, low maintenance, abundant, affordable, and mass-produced materials for vast developing cities. Local materials have the required qualities for both the contemporary and future development; they just need to be reinvented. Thus, this event challenges the exploration of local materials’ various potentials for future needs; the countless possible applications in contemporary buildings, both in rural and urban areas; the tectonic innovations, both industrially made and handcrafted; and the othervast opportunities they may offer. In this way, as a response to ‘sustainability issues’, ‘resilient’ building materials are expected to be able to emerge as an alternative solution for the substitute of an acceptable, available, and affordable material for the future.
3

4

Design Week 3.2
Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Jakarta kembali mengadakan kegiatan rutin Design Week yang selalu bertujuan untuk meningkatan wawasan, ketrampilan dan kompetensi Anggota, selain itu Design Week menjadi wadah yang mempertemukan Arsitek, Designer, Komunitas dan Masyarakat dalam bentuk berbagai aktivitas seperti seminar, talkshow, workshop, pameran & presentasi hasil karya arsitek, pameran foto, pemutaran film, lomba-lomba, dll.
Tanggal : 31 Juli – 02 Agustus 2015
Tempat  : Stasiun Beos Jakarta Kota
Program Design Week 3.2
– Pameran Arsitektur
– Talkshow
– Diskusi Arsitektur
– Pemutaran Film
– Workshop 
– Jalan – Jalan Arsitektur 
– Designer’s Nite 
5

Penataan ulang Kompleks Parlemen melalui kegiatan Renovasi dan Pengembangan bertujuan mengoptimalisasikan bangunan-bangunan bersejarah dengan fungsi lama maupun fungsi baru, melakukan kegiatan konservasi dan pemugaran dengan menata ulang rancangan bangunan bersejarah dan  merancang bangunan baru yang efisien dengan kebutuhan baru.

Hasil dari sayembara menjadi landasan untuk menetapkan kompleks parlemen ini menjadi kawasan “political venues” dimasa mendatang. Terkait dengan penataan tata ruang disekitar kompleks parlemen maupun didalam komplek ini. Sehingga dapat mengantisipasi perkembangan tata kota Jakarta, dimana keberadaan komplek Parlemen saat ini semakin kehilangan ruh kemegahan dan menjauh dari kesan monumentalnya. Momentum 50 tahun usia kompleks Parlemen pada tahun ini dan dalam rangka menyongsong 100 tahun Kemerdekaan Bangsa Indonesia adalah waktu yang tepat untuk melakukan gerakan merenovasi dan mengembangkan Kawasan Parlemen ini.

Maksud penyelenggaraan Sayembara Desain Arsitektur Renovasi dan Pengembangan Kompleks Parlemen Republik Indonesia adalah untuk mewujudkan Kawasan Parlemen sebagai sumber referensi dan pengetahuan bagi generasi mendatang, pendidikan dan eksistensi bangsa. Membangun Parlemen Modern sekaligus menjadikan sebagai Ikon Kebanggaan Bangsa bahkan Ikon Demokrasi terbesar di Dunia.

Tujuan dari sayembara adalah memperoleh ide-ide atau gagasan-gagasan kreatif atau gambaran arsitektur yang dapat menghayati semangat membangun dengan efisien dan optimalisasi/pemanfaatan terhadap bangunan eksisting yang bersejarah antara lain Gedung Nusantara, Gedung Nusantara II, Gedung Nusantara III, Gedung Nusantara IV dan Gedung Nusantara V.

Produk akhir perencanaan ini selanjutnya sebagai dasar penetapan status Kompleks Parlemen Republik Indonesia yang telah berusia 50 tahun (1965-2015) sebagai Cagar Budaya yang mengacu pada Undang – Undang Cagar Budaya No 11 Tahun 2010 dan sebagai landasan hukum untuk menyusun regulasi Tata Ruang Kawasan ini.

JADWAL SAYEMBARA

10 Juli 2015 :

Pengumuman Sayembara

10 Juli – 7 September 2015 :

Pendaftaran dan Pengambilan Dokumen Sayembara

27 Juli 2015 :

Pemberian Penjelasan (aanwijzing)

14 Juli – 7 September 2015 :

Pemasukan Dokumen Penawaran Sayembara  (Persyaratan administrasi dan Proposal teknis)

8 September 2015 :

Pembukaan Dokumen Penawaran Sayembara (Persyaratan administrasi dan Proposal teknis)

8 – 11 September 2015 :

Evaluasi/Pemeriksaan Persyaratan Administrasi dan Penilaian Proposal Teknis

11 September 2015 :

Pembuatan Berita Acara Hasil Sayembara

11 September 2015:

Penetapan Hasil Sayembara

12 September 2015 :

Pengumuman Hasil Sayembara

13 September 2015 :

Surat Penunjukan Penyedia Jasa

14 Sept – 30 Oktober 2015  :      

Pembuatan Pekerjaan Pra Rancangan

30 Oktober 2015 :

Penyerahan Pekerjaan Pra Rancangan

30 Oktober 2015 :

Pameran Karya Sayembara

IMBALAN HADIAH SAYEMBARA

DAN PAGU ANGGARAN PEMENANG PENYEDIA JASA KONSULTASI

Pemenang Utama Sayembara mendapatkan hadiah sebesar Rp.300.000.000,- (tiga ratus juta rupiah) dan pajak hadiah ditanggung oleh pemenang.
Pemenang Kedua Sayembara mendapatkan hadiah sebesar Rp.120.000.000,- (seratus dua puluh juta rupiah) dan pajak hadiah ditanggung oleh pemenang.
Pemenang Ketiga Sayembara mendapatkan hadiah sebesar Rp.80.000.000,- (delapan puluh juta rupiah) dan pajak hadiah ditanggung oleh pemenang.
Pagu Anggaran untuk Kegiatan Pekerjaan Tahap Pra Rancangan Renovasi dan Pengembangan Kompleks Parlemen (DPR RI) sebesar Rp 6.175.800.000,- (enam milyar seratus tujuh puluh lima juta delapan ratus ribu rupiah) dan pajak penghasilan ditanggung oleh pemenang.
Biaya pekerjaan perencanaan tahap pra rancangan dan tata cara pembayaran akan diatur sesuai dengan proses Penunjukan Langsung kepada Perencana yang menjadi pemenang sesuai dengan ketentuan dan peraturan yang berlaku.
source: http://sayembara-iai.org/

//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
3

___
by

Arsitek Probo Hindarto
081 252 447 53
© Copyright 2015 astudio Indonesia.
All rights reserved.

Tags generated:
Desain rumah, desain rumah minimalis, desain rumah dijual, beli desain rumah, arsitek, arsitek Indonesia, Arsitek Muda Indonesia, Arsitek Jakarta, Arsitek Bandung, Arsitek Bogor, Arsitek Malang, Arsitek Surabaya, Arsitek Bali, rumah dinding bambu, lanskap mengunakan kayu pallet, pondasi rumah, arsitektur modern indonesia, bangunan baja, bentuk rumah di lahan 6×12 m, buat motorhome indonesia, cara membuat kitchen set sendiri berbahan papan kayu, denah rumah 9×8, lampu halogen putih, arsitek, rumah minimalis, lounge room living room, furniture cafe, retail shop, hospital, restaurant, apartemen, hotel, room office, studio, insulation, stand pameran, kontraktor interior design, rumah rumah minimalis, jasa desain interior : bedroom kitchen set, desain rumah, denah rumah, rumah denah, desain denah rumah, denah desain rumah, gambar rumah, design rumah, rumah model, model rumah, design gambar rumah, gambar design rumah, desain rumah minimalis, denah rumah minimalis, arsitektur rumah, rumah arsitektur, foto design rumah, interior design, green architecture, arsitektur nusantara, arsitektur modern, arsitektur hijau, budi pradono, rumah kindah, r house, indonesia, andra matin, arsitektur, design, desain, house, architecture, jakarta, wishnutama, menarik, unik, tips, revolusi media, dsign, furniture, handcraft, netmediatama, netmedia, net media, net tv, net, trip, eskursi, mini, indonesian, gunadarma, universitas, interior, architect, rumah, home, yu sing, paulus mintarga, popo danes, ary indra, mamo, budi faisal, ridwan kamil, eko prawoto, galih widjil pangarsa, desain, rumah minimalis, rumah, arsitektur, indonesia, interior, rumah 2015, ide, dekorasi rumah, ide rumah, rumah minimalis modern, mendesain rumah, desain interior, desain interior rumah mungil, desain interior rumah idaman, desain interior rumah minimalis modern, desain interior rumah minimalis 2 lantai, desain interior rumah minimalis type 36, desain interior rumah sederhana, desain interior rumah, desain interior rumah minimalis, desain rumah kecil, minimalis, home design, ide desain, disain rumah minimalis, desain minimalis, rumah modern, rumah mewah, rumah sederhana, properti, real estate, ide minimalis, desain rumah, astudio, etnik, tropis, klasik, furniture, handcraft, rumah minimalis, desain rumah minimalis, interior rumah minimalis, denah rumah minimalis, gambar rumah minimalis, rumah idaman, design rumah minimalis, model rumah minimalis, desain rumah, wajar, seperti, modern, minimalis, konsep, dengan, mungkin, senyaman, rumahnya, menghadirkan, lidya, yeyen, artis, jika, apa, maka, beraktivitas, seharian, setelah, lelah, dan, penat, melepaskan, untuk, persinggahan, tempat, merupakan, rumah, desain ruang tamu, desain kamar mandi, desain teras rumah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s